D.I.Y · FASHION · SOFIADEWI.CO

Cara membuat sabuk Obi mini untuk pelengkap pakaian.

 

  

Ingin tampil stylish dengan sedikit sentuhan harajuku…? bisa banget mengadopsi beberapa aksesori busana yang sering dipakai oleh orang Jepang. Yang sering diambil biasanya ide hiasan rambut dan sabuk. Nah kali ini saya pun mengambil inspirasi Obi Kimono untuk jadi pelengkap berbusana.

Saya membuat 2 buah Obi untuk Mrs Darmanto. Yaitu Kuning dan Merah. Kedua baju yang dijahit minggu ini menurut saya akan lebih stunning dengan tampilan belt. Karena beliau sudah banyak memiliki belt kecil di rumah, saya buatkan obi dengan ketebalan 8cm.

Kamu juga bisa mempraktekkan untuk membuat Obi ini karena sangat mudah. Tidak perlu perlu menggunakan kain keras. Karena alih-alih membuat penampilan cantik nanti malah bisa membuat begah. Jika hanya dari kain biasa maka lekuk tubuh akan mengikuti perut. Sudah jadi rahasia umum bahwa kebanyakan kaum hawa sedikit bermasalah dengan tampilan perut kan? saya juga termasuk hehe jadi saya pilih bahan kain katun saja.

Bahan-bahan yang diperlukan : kain katun (bisa polos bisa motif, pilih sesuka kamu saja)

kertas koran & pensil/bolpen

gunting kain

penggaris dan kapur

mesin jahit

benang dan jarum

caranya:

(1) buat pola untuk ukuran obi yang kamu mau. misal 8cm x 70cm (ini pastikan sama dengan lingkar pinggang kamu di kertas koran

(2) lipat kain menjadi 2 supaya kamu dapat 2 lapisan langsung, letakkan kertas koran sebagai pola dan garis sesuai pola dengan kapur

(3) sesudah pola jadi. buat garis keluar setebal 1cm sebagai kampuh untuk jahitan obi

(4) buat pola tali, kamu mau sepanjang apa? misal 100cm x 2cm. maka km perlu membuat 100cm x 4cm. jadi dari 4cm itu nanti akan dilipat ya. potong kertasnya.

(5) letakkan kertas pola pada kain dan cetak. buat seperti tadi, sisakan 1cm ya sebagai kampuh untuk jahitan. pastikan itu ada 2 untuk tali kanan dan kiri.

(6)lipat bagian kain untuk tali jadi 2 dan setrika lipatannya. jelujur sepanjang kapur. sebesar 0,5cm. lalu jahit mengikuti jelujur dan sisakan terbuka bagian lebarnya. lalu balik jahitannya jadi di bagian dalam. 

(7) Lakukan hal yang sama pada bagian badan yang lebih besar.

(8) satukan kain tali tadi ke bagian yang terbuka di kanan dan kiri. pastikan semua sisa kain sudah dimasukkan karena akan dijahit dari luar. pelan-pelan supaya rapi.

(9) jahit keseluruhan tepinya supaya lebih firm bentuknya. dan.. obi sudah siap.

mudah kan?

selamat mencoba ya.. 📷

Talk To Me

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s