HOBBY · LIFESTYLE · TRAVELLING

[Travel Review] Liburan Singkat ke KL – Malaysia


Hai! Beberapa waktu lalu, di bulan November, Sofi pergi ke Melaka. Tentunya dengan low budget travelling ya.. karena memang pengen banget explore sendiri, tanpa guide. Dan Sofi pergi di weekdays! Karena ingin menghindari crowd liburan di weekend.

Cerita yang akan saya share ke teman-teman adalah mulai dari Bandara Soekarno-Hatta sampai ke KLIA 2 dan disambung dengan menginap semalam di KL lalu baru ke Melaka dan menginap semalam di sana, langsung pulang ke Jakarta.

Saya akan tulis di beberapa bagian ya! Ini bagian pertama saya tulis untuk di KL dl.


Dari Jakarta, saya terbang melalui bandara Soekarno Hatta, mengambil penerbangan malam dengan Lion Air . Mengambil penerbangan sore dengan waktu tempuh 2jam, Saya tiba di KLIA2 masih terang benderang. Karena meskipun Sepang memiliki waktu 1 jam lebih cepat dari Jakarta, namun meski sudah jam6 sore, Sepang masih terang benderang. Beberapa tahun lalu saya pernah datang ke KL saat bulan puasa. Kebayang gak, saya terbang dari Yogyakarta dimana saya sahur sekitar jam3.30 pagi kemudian siangnya saya terbang ke KL dan waktu buka puasanya adalah pukul 7.30 malam waktu Indonesia Bagian Barat. Hahahahaha.. sungguh pengalaman yang fantastis!

kembali ke KLIA 2, jika kamu masih asinh dengan sebutan itu.. KLIA2 adalah Bandara pindahan dari LCCT (khusus bagi penerbangan low cost). Namun, KLIA 2 memiliki gedung yang jaaaaaauh lebih modern dan lebih menyenangkan daripada LCCT. Lebih luas, banyak pilihan restaurant dan toko untuk berbelanja. Untuk explore KLIA2 lebih lengkap kamu bisa cek ke Gateway KLIA 2 .

Penampakan mobile website dari KLIA 2 adalah seperti ini:

Yang membuat pegal di KLIA 2 adalah kita harus jalan melalu banyak lorong yang panjaaaaaang banget untuk sampai ke bagian imigrasi untuk pemeriksaan paspor. Tapi jangan khawatir, tempatnya nyaman karena tertutup. Jadi jangan dibayangkan seperti LCCT dulu ya.

 


Selama perjalan jauh akan ada troli untuk handcarry, ada juga banyak tempat duduk untuk istirahat sejenak jika kaki pegal dan pastinya ada toilet yang bersih dan nyaman. Lorong nya pun penuh kaca, cahaya lampu dan AC. Jadi selain dari harus berjalan jauh, sisanya adalah nyaman-nyaman saja. Jadi gak perlu manja, mari kita jalan sehat! hehehehe..

Selanjutnya saya langsung menuju imigrasi dan pengambilan bagasi. Lalu mencari arah menuju ke counter tiket skybus menuju ke KL sentral.


lebih lengkap mengenai gambar di atas kamu bisa cek KLIA2 guide.


Ini adalah sky bus yang nyaman yang bisa kita tumpangi ke KL sentral. RM10 sudah sampai KL sentral. Jika bawaanmu banyak maka sebaiknya disimpan di bagasi bawah karena akan mengganggu orang lain jika kamu paksa bawa ke atas. Di bagasi bawah juga inshaAllah aman karena semua orang yang naik Sky Bus akan turun di pemberhentian terakhir sesuai tujuan. Waktu tempuh ke KL sentral kira-kira 1 jam.

Turun dari bus saya langsung jalan mencari lift yang ada di balik tangga naik. Karena koper saya cukup berat jadi saya memilih lift.

Lalu saya mencari KTM intercity. Saya harus melewati transit concourse dan naik ke lantai 2 dengan eskalator lalu menerobos  Nu Sentral sebuah mall di KL sentral untuk menuju KTM intercity dan mengambil arah ke Raja Chulan. Cost RM 2.5.


Selengkapnya tentang KL sentral bisa kamu cek di KL Sentral Website. Kamu bisa juga order taxi dengan ongkos fixed rate dengan membeli voucher taxi. Ongkos taxi ke Bukut Bintang sekitar RM18. Saya lebih senang dengan KTM karena lebih cepat waktu tempuhnya.

Saya menginap semalam di Gold Tree hotel Bukit Bintang. Letaknya ada di belakang Fahrenheit 88 mall. berseberangan dengan Picollo Hotel. Saya suka tinggal di sana karena itu adalah budget hotel yang bersih dan berada di jantung BB street. Dimana ketika keluar dari hotel sudah banyak warung mamak jadi mudah untuk mencari makan malam.


  
Kamarnya memang kecil, tapi sangat bersih dan nyaman. Tentu ada air panas, AC dan wifi. Juga ada lift. Nah kalo kamu mau tidur nyaman, kamu bisa request kamar yang letaknya agak jauh dari lift.

Kemarin saya dapat harga hanya RM75. Murah sekali! Tapi saya juga pernah dapat RM150. Sudah 4x saya tinggal di sini. tips untuk kamu yang ingin memesan hotel ini, jangan langsung pesan ke hotel karena biasanya lebih mahal. kamu bisa pesan via agoda atau booking.com atau lainnya yang penting make sure harga mana yang paling murah. Tips ini juga perlu dilakukan untuk memilih hotel yang lain juga yah guys!

Sampai hotel saya langsung mandi. Kamar mandinya nyaman banget lho! bersih dan terang! juga cukup luas! Ada shower, wastafel dan closet.


 Sesudah mandi langsung siap-siap untuk jalan-jalan. Dari hotel saya menuju ke Bukit Bintang road dan langsung menyeberang ke arah Pavilion Mall dan langsung menuju ke Bukit Bintang – KLCC pedastrian walkway well again and again saya akan jalan kaki agak jauh. Sebenarnya saya bisa naik GO-KL bus untuk pergi ke KLCC namun saya tidak mau melakukannya karena di waktu sore, bus tersebut akan penuh dengan para pekerja hehe. Selain itu nanti akan terjebak dalam kemacetan KL di sore hari. Jalan kaki lebih nyaman sambil olah raga.



  
Dari sini saya menuju ke KLCC. PanjAaang memang perjalanannya. tapi sambil menikmati kanan kiri juga tidak akan kerasa karena di Indonesia belum ada yang seperti ini kan hihihi.

 
Sampai KLCC langsung pergi ke Halaman depan dan foto di depan menara kembar Petronas. Ada 2 angle yang berbeda yaitu dari taman air mancur sisi depan Menara Kembar Petronas atau dari sisi belakang dari Danau taman suria KLCC.



KL sedang mendung, maklum memang bulan hujan. Saya langsung pergi ke rapid KL dan pergi ke KL sentral lalu menuju ke Mid Valley Megamall . ngapain? tentu saja mau beli Inglot hihihi..

Dari KLCC ambil jalan bawah menuju stasiun kereta lalu pergi beli tiket dengan mesin dan untuk rute jelasnya kamu bisa cek di sini.

Sampai Mid Valley, langsung menuju ke Counter Inglot  dan kalap beli kuteks hihi. Kalo di Indonesia kebanyakan brand Inglot yang dikenal hanyalah kuteks. Padahal ada banyak ternyata bahkan untuk make up muka pun ada lho!


Dari Mid Valley jalan-jalan sebentar dan langsung naik KTM lagi ke arah KL Sentral dan cuzz ke KLCC dengan rapid KL.

Sampai KLCC ngapain? tentunya makan dulu biar gak pingsan ya dan di lantai atas ada foodcourt. Setelah makan, kembali ke Menara Kembar Petronas Lagi. Ngapain? foto dengan cahaya malam dong. hihi. lampunya bagus.. Hahahahha untuk foto ini kalo dulu bisa banget nyemplung ke lubang di samping kanan kiri air mancur. Tapi kalo sekarang enggak bisa guys, karena sudah berubah jadi taman. Tapi justru jadi lebih asri dan adem karena sekarang di Air Mancur sudah  dinyalakan dan kanan kirinya sudah ada banyak tanaman yang hijau dan asri.

Untuk foto di malam hari, kamu harus hati-hati dengan lampu yang persis ada di atas Suria KLCC.kenapa? karena itu rawan back light. Jadi kalo bisa, posisikan diri kamu untuk menutupi lampu itu. Supaya jatuhnya bagus karena kamu akan mendapat siluet yang kece badai deh!

Tips dari saya, kalau kamu berkunjung ke Malaysia saat musim penghujan, sebaiknya kamu bawa jas hujan single dan payung lipat. Karena memang rawan hujan. Dan jika di KLCC untuk melihat Menara Kembar Petronas dari depan, meskipun banyak pepohonan namun pohonnya rata-rata tumbuh tegak ke atas, jadi kurang maksimal untuk berteduh. Dan jarak dari tangga yang biasa dipakai untuk foto dengan gedung Petronas sendiri cukup jauh. Cukup lah buat bikin baju kamu basah karena hujan sekalipun cuma gerimis kecil. Gak akan berat kok bawa jas hujan single sama payung lipat. Daripada kamu harus bawa-bawa baju basah? hehehehe..

Setelah puas foto-foto trus lanjut pulang ke hotel dan istirahat. Tentunya lewat Bukit Bintang – KLCC Pedastrian Walkway lagi. KArena waktu belum menunjukkan pukul 22.00 jadi masih buka hehe. Jangan sampai lebih ya, jangan bawa kebiasaan ngaret kamu ke walkway ini, karena kamu bisa terkunci di dalamnya dan baru akan dibukakan jam6 pagi esok hari hihi.

 

Oke sampai hotel langsung mandi dan istirahat! Besok akan ada perjalanan ke Melaka! Selamat istirahat..

71 thoughts on “[Travel Review] Liburan Singkat ke KL – Malaysia

    1. hallo … iya ada di belakang pavilion mall… dr air mancur mangkok langsung masuk lewat samping mall. kalo Anda menghadap ke air mancur mangkok, jalannya ada di sebelah kiri nanti lurus aja akan keliatan fridays resto dan coffee bean lurus aja sampai belakang nanti udah keliatan… ada plangnya mana arah yang harus diambil menuju KLCC/menara petronas.. ikuti terus aja… sampai keluar dan turun eskalator lalu masuk gedung sebelah kiri .. masuk aja ikuti lorong sesuai gambar di tulisan saya di atas ya.. have fun in KL!

      kalo gamau capek jalan langsung cegat bus GO KL aja di depan sephora/starhill gallery di sebrang pavilion.. line busnya nanti ada tulisannya KLCC..

      Suka

    1. hallo mas wawan.. terima kasih sudah mampir.. tergantung kebutuhan .. berapa hari di KL dan mau kemana saja. kalo banyak d luar KL dan perlu rapid mass transport better beli kartunya sepertinya ada paket yang beberapa hari. Kl kmrn saya pakai busnya cm go KL sisanya untuk kereta saya bayar putus..

      Suka

  1. hi Sofi,
    rencananya nov mau ke kl sampai di klia jam 22.30. Kita nginep di nu hotel kl sentral. Kira2 lebih enak naik klia ekpress atau bus ya yg dekat ke hotelnya?
    thanks

    Suka

    1. hallo Nov.. makasih sudah mampir. kalo menurut Sofi, naik KLIA express aja.. karena kalo sampe di KLIA jam 22.30 sampai kelar bagasi dll bisa jam23an sepertinya.. dan kalo dari KLIA (bukan KLIA 2 kan?) bus dan taxi malam agak susah … KLIA express dan bus biasanya turun di KL sentral dan Nu sentral itu attached sama KL sentral station sebagai pusat interchange. bepergian berapa orang…? be safe ya.. udah malam.. coba tlp hotelnya juga kalo diperlukan dan memungkinkan minta jemputin di lobby depan KLIA express station aja.. biasanya mereka mau kalo untuk turis. tapi tanya dulu ada kena charge apa gak? (jemputnya kemungkinan jalan kaki kok karena 1 gedung atau cm nyebrang dr skybridge) semoga membantu 🙏

      Suka

  2. Kak, saya rencana february 2017 mau ke KL, itu bakal pengalaman pertama ke LN dan ke KL, pengen punya pengalaman travel sendiri, mau info dong kak, ke malaysia harus pakai visa gak kak? Trus pas kita sampai di bandara, di bagian imigrasi bakal diinterview apa aja kak? Klo bisa minta contactnya kak untuk tanya2. makasih kak 🙂

    Suka

  3. Halo mbak..bulan januari kami akan ke Malaysia juga, yg pergi saya istri dan anak 1 thn..4d 3n..kira” brp biaya yg dibutuhkan selama disana utk akomodasi dan makan selama di Malaysia ?? Mohon info perkiraan nya saja…

    Suka

    1. hallo mas razif .. terima kasih sudah mampir dan memberi komentar.. kalo biaya makan normalnya per orang antara rm5-15 aja. (kalo di kaki 5 ya antara rm5-10 kalo di resto pasti lebih dr rm15) ringgit skrg lagi 3050 menurut saya ini besy buy setelah tahun ini pernah 4000.. semoga ga naik lg di 2017 atau beli sebagian ringgit skrg.. misal 300ringgit dl. saya blm pernah ajak balita.. tp kalo bawa stroller masih aman jalanannya bersahabat cm rules nya bagaimana saya kurang tahu.. untuk transport maksimalkan dengan GO KL bus ya saya juga menulis ttg itu bs scroll down.. di sana juga ada uber taxi.. bs download appsnya .. kira2 1 hari luangkan 300rb (rm100) untuk makan (non resto) dan 300rb (rm100) untuk transport insha Allah udh aman.. hotel bisa cari di area bukit bintang saja. kalo kmrn gold 3 udh jd hotel butik dan agak mahal.. ada yg lumayan di area lot 10 namanya kalo ga salah the mesui. saya blm pernah ke sama tp rencana next trip mau stay d sana aja.. semoga membantu ya.. nanti sharing pengalamannya ya ..

      Suka

      1. makasih mbak udah balas..
        untuk hotel sudah booking di Hotel 99..masih di daerah bukit bintang juga kalau liat di google maps, hotel yang mbak rekomen ini sudah full, mgkn efek baca tulisan ini kali ya,hehe..oya mbak, kalau saya sempatkan ke Malaka sekalian keburu ga ?? atau fokus saja jalan” di KL ? atau mungkin ada masukan perjalanan yang lebih menarik atau wajib kalau ke malaysia ke tempat apa ? secara bawa anak 11bulan pasti agak ribet, haha…

        Suka

      2. sama2 mas.. ke melaka boleh inshaAllah bisa asal berangkat dr BB naik monorail jam7pagian trus ke KL sentral pindah yg ke arah TBS trus lgsg beli tiket bus ke Melaka sentral. nanti sampai melaka sentral sblm pergi ke kota tua naik bus panorama masuk dl ke terminal dan beli tiket balik ke TBS lagi dulu ya supaya ga keabisan. bus beli yg jam5 sore msh gapapa. perjalanan ke melaka sekitar 2jam. sempatkan juga untuk putrajaya sightseeing via KLIA transit .. itu banyakan naik bus… itu juga pagi. nanti jam2 an udh selesai bs bebas.. anak 11bulan kalo pertama jalan jauh memang jangan banyak2 main kali yah.. ajakin ke i-city ama berjaya time square.. have fun yah!

        Suka

  4. Hallo mbak… thank you buat info2nya ya.. sangat membantu saya. 🙂 mau tnya donk mabk, kira2 gold tree hotel bisa dimasukin 3 org ga ya mbk? saya liat ranjangnya susun gt kyk di dorm.. hehhe makasih mbak

    Disukai oleh 1 orang

    1. hallo mba lily terima kasih udh mampir.. naaahh itu. skrg gold 3 udh berubah jauh lebih cantik dan konsepnya berubah. baru mulai pertengahan tahun 2016. gak semua susun sih tp beda harga… kalo duli bisa ber3..

      Suka

      1. Mkasih mbk untuk fast response.. hehhe ooh iya sih beda hrga mbk. tp kalau sy ambil yg ga susun buat 2 org, masuknya 3 org, dri pihak hotel nya ga ada komplain kan mbk? atau disana ketat ga pengawasan nya mbak ? tkut dinegara org soalnya… makasih mbk.

        Disukai oleh 1 orang

    1. aku kayanya antara 24-30 januari ini lg make sure jadwal kosong dl.. yaudah nanti aku kabari aja ya kalo aku duluan.. aku info2 ada perkembangan apa d sana. emailin aku aja no HPmu nanti whatsapp an hehe..

      Suka

  5. hai mba…saya suka sama cerita di postingan mba ini. saya mau tanya mba siapa tau dapet inspirasi hehehe..saya ada rencana ke malay bulan Maret dan menginap di Leo Palace Hotel dekat dengan PWTC, mungkin mba tau rute dari KLIA2 ke PWTC ? lalu ada tempat rekomen untuk beli oleh-oleh dengan harga miring ?

    Disukai oleh 1 orang

    1. hallo mbak indri.. makasih udah mampir…

      dr KLIA2 nak bus dl sampe KL sentral aja.. abis itu naik monorail ke Hang Tuah station. 4 stasiun kira2.. sekitar RM1.60 .
      lalu pindah Ampang Line train to PWTC station(6 stops away). RM1.70 kira2. atau naik shuttle bus Star Wira dr KLIA.. saya gak tau itu ada di KLIA 2 ato enggak. kira2 RM25 udh sampe daerah PWTC.. itu yg saya temukan di google.

      oleh2 saya biasanya ke pasar seni. untuk rute ke pasar seni bisa cek posttingan saya ttg bus GO KL ya mbK..

      semoga membantu yah. safe trip amd have fun 💙

      Suka

  6. Haii mba sofi..minta line or wa nya boleh kah? April aku mau k KL..first trip klrga kecil aku dngn anak aku 1.5thn…barangkali bs discuss utk bantu bikin ittinerary selama disna hehehe…thx mbaa

    Disukai oleh 1 orang

    1. hallo mba vta…. makasih sudah mampir. silakan email saya ya.. tp sebelumnya bisa juga baca komen2 lain dan blog post saya yang lain ttg KL mba… banyak juga tmn2 yg diskusi di situ dengan kondisi yang sama… mungkin bisa dibaca dulu… aku lg slow response ini… karena sinyal sedang amburadul bgt..

      Suka

  7. hallo mbak.. udah aku email ya no wa ku mbk.. minta infonya kalau flight pulang dari KLIA2 jam 8 pagi, mending inep dibndara aj atau dhotel ya ? saya tkut ga ada bus pagi2 gt.. kalau inep dihotel bagusan di BB ato di daerah KL sentral aja biar dekat kebandara? mohon rekomendasi nya mbak.. makasi byk.

    Disukai oleh 1 orang

    1. hallo Lily.. emailnya belum masuk ni.. kalo flight jam8 pastinya susah transportnya ya better nginep di capsul hotel by container aja.. costly sbnrnya tp better bgt karena jam6 udh harus check in. atau… kamu dr KL naik bus terakhir aja trus di airport bisa nunggu di restoran sampe pagi. sbnrnya banyak kursi2 juga d sana dkt ruang informasi di tmpt bus berhenti trus nanti jam4an bs mandi di capsule bayarnya lebih murah.. capsule ga jauh dr tmptt bus..

      Suka

      1. penerbangan berikutnya jam1 malam berarti harus di airport jam11. jam10 udh harus jalan. masih bisa naik sky bus dr KL sentral sekitr RM12 atau naik KLIA transit dr KL sentral juga sekitaar RM30 ya..

        Suka

  8. Hai mbak sofie cantik… saya pengen ke KL tapi rencana dari Singapore (dari Batam) trus naik bus ke KL.. saya baca post diatas ada rencana imlek ini ke KL ya? ada rekomendasi gak untuk transportasi dari Sg-KL ?

    Terim kasih

    Disukai oleh 1 orang

    1. Hallo selamat pagi! Wah belum pernah ni naik bus dari SG ke KL. cuma pernah diinfo tmn kalo harga tiketnya SGD 50. dan katanya juga kalo via darat agak ribet imigrasinya… jd saya gak pernah via darat. antrian dan pemeriksaaannya lebih enak via airport. gimana kalo cek tiket AA SG-KL? saya pernah dpt gak sampe SGD50 … mohon maaf tidak bisa banyak membantu ya..

      Suka

      1. Selamat siang,,,,, terima kasih loh dah di balas pertanyaan saya ini… ternyata malah lebih murah via udara ya di banding darat…. rencana bulan ini lah mau nyoba ke Sg ama KL

        Disukai oleh 1 orang

  9. Mba sofi… ikutan pengen tanya… 😁 kl menginap di gold3 aq pesan kamar yg deluxe . Berempat , saya,suami dan 2 anak, 7 & 4 thn, kira2 diperbolehkan ga ya menginap dalam 1 kamar tanpa pake extra bed, karena saya liat di agoda, anak diatas 2 sd 11 th, hrs pake extra bed. Mohon info nya ya mba, kl emang hrs pake extra bed, mending sekalian stay di hotel yg lbh bagus . Mohon info nya ya, mana tau pas ini lagi disana, bisa sekalian tanya2. Hehehe ..

    Disukai oleh 1 orang

    1. hallo mba mira… wah saya belom pernah booking untuk ramean di sana. dan skrg gold tree dah rebranding jd gold3.. dan upgrade harga juga… mgkn better ke wolo aja mba harganya 600an dan masih di jantung BB street.. atau picollo yg sebrangnya gold 3..

      Suka

  10. hai mba sofia,,insyallah aq dan suami mau ke KL selama 5 hari..kalo menurut mba sofia di KL selama 5 hari ngebosenin gak ya?apa aja wisata yang bagus dikunjungi dsna ya?

    Disukai oleh 1 orang

    1. Siang mas achmad.. sudah dibalas yah emailnya kemarin.. maaf baru buka blog hehehe.. gimana sudah dapat travelnya..? Saya gak bs ninggalin kerjaan kalo bukan di weekend..dan nanti bs bengkak budgetnya.. maaf yahh..

      Suka

  11. Mba,, kalau misalkan ke Melaka itu seharian memungkinkan ga sih?? maksudnya berangkat pagi, baliknya sore gitu? kira kira dari K sentral butuh waktu berapa lama di perjalanan?? Klo boleh minta kontaknya dong Mba,,,, jadi bisa tanya tanya langsung 🙂

    Suka

    1. hallo… kalo berangkat pagi balik sore, mungkin sampai KL nanti malam ya. dr KL sentral saya belom pernah saya biasanya dari BTS kira-kira 2.5 jam. tips saya begitu sampai melaka sentral langsung beli tiket bus pulang misal jam6 sore dr melaka sentral jadi bisa aman .. soalnya tiket bus bisa habis. berangkatnya jam6 pagi teng karena kereta pertama jalan jam segitu langsung menuju BTS. kontak ada di detail profile ya … semoga membantu, terima kasih

      Suka

Talk To Me

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s