Uncategorized

[Korea Fever] [Comic Review] GOONG vs PRINCESS HOURS

Hai! Kamu pecinta Komik? Suka baca komik? Pasti kamu enggak asing sama GOONG yah.. Meski dulu kebanyakan kita bacanya manga ya.. tapi GOONG meski komik korea tapi juga enggak kalah seru lho… 
Atau..


(pic source : fanpop.com)(drakor: Princess Hours)

kamu enggak suka komik. Atau belum pernah baca komik, tapi kamu lebih suka drakor alias drama korea? well.. kamu pasti tahu dong drakor PRINCESS HOURS ? Nah! Itu diadaptasi dari komik GOONG ini guys.. 

Saya akan kasih sedikit review untuk komik ini. Sedikit curhat ya.. agak kecewa melihat drakor-nya. Karena ekspektasi yang terlalu tinggi karena saya duluan ngebaca komiknya.. Ada terlalu banyak adaptasi yang sebenarnya melenceng jauh dari cerita aslinya hehe tapi ide ceritanya sih so far sama. Ide awalnya ya.. Pada perkembangannya benar-benar diadaptasi dengan kondisi riilnya karena memang kondisi negara , sejarah dan birokrasi antar negara yang bisa dimaklumi, pasti susah untuk mewujudkan.. 🙏

GOONG


Ceritanya.. Sampai cerita ini ditulis, korea itu bentuk negaranya seperti Inggris. Berbeda dengan kondisi asli saat ini. Jadi, keluarga kerajaan masih diakui sebagai penguasa pemerintahan.. namun untuk menjalankan roda pemerintahan dibantu oleh Parlemen bersama Perdana Menteri. 

Nah, Berawal dari perjanjian rahasia antara seorang raja yang pernah memerintah Korea (dahulu kala di generasi sebelum raja yang sekarang) dengan orang biasa yaitu sahabat sang raja, karena raja merasa banyak berhutang budi pada sahabatnya itu, untuk membalasnya, beliau mau menjodohkan cucu sahabatnya itu dengan cucunya yaitu putra mahkota kerajaan. Raja memberikan sebuah cincin kepada sahabatnya sebagai tanda perjanjian, sebuah cincin yang lain beliau simpan sendiri. 

Belasan tahun berlalu, sang Raja meninggal dan digantikan oleh anaknya. Dan pada saat Putra Mahkota beranjak dewasa berusia 16 tahun, akhirnya perjodohan itu direalisasikan. 

Putra Mahkota diturunkan ke sebuah SMA lokal tempat calon istrinya sekolah. Dan ternyata mereka sempat terlibat konflik kecil. Sampai akhirnya keduanya diberitahu oleh kedua orang tua masing-masing bahwa mereka akan menikah. 

Pernikahan pun berlangsung meriah sesuai adat korea, dan Putri tinggal di istana. Sebutlah Putra Mahkota ini Lee Shin. dan Putri Mahkota ini adalah Shin Chae Kyong. Meski sudah menikah dan tinggal satu istana, namun mereka masih berpisah kamar dikarenakan usianya yang masih sangat muda. 

Jadi istana Korea itu sangat luas. Dan terdiri dari beberapa bagian istana lagi. Tempat tinggal raja-ratu terpisah dengan para pangeran, ibu suri juga para putri. 

Pada perkembangannya Chae Kyong kaget dengan perubahan hidupnya yang semula bebas menjadi terkekang, baik itu mengenai tata krama maupun pergaulan. Dia tidak bisa berjumpa kawan-kawan maupun keluarganya sesuka hati. 

Chae Kyong berkenalan dengan Pangeran sepupu dari Shin yang baru kembali dari pengasingannya di Inggris. Lee Yul namanya. Mereka teman sekelas, Shin beda kelas. 

Beberapa waktu sesudah menikah, Raja dan Ratu mengijinkan Shin dan Chae Kyong menginap beberapa waktu di rumah keluarga Char Kyong. Karena sesuai adat Korea, beberapa waktu sesudah menikah, menantu harus tinggal di rumah mertua. Dan di sana Shin belajar menjadi warga biasa di rumah yang sempit di tengah pemukiman. Dengan kebiasaan hidup yang saaaangat berbeda dari apa yang dia alami sejak kecil di istana. 

Beberapa waktu kemudian, pengantin baru ini kembali ke istana. Dan tak lama dari itu, mamanya Lee Yul juga kembali ke Korea. Dan diangkat menjadi Ibu Suri. Sejak saat itu, kehidupan internal istana menjadi penuh intrik. 

Banyak konflik di dalam cerita di komik ini. Tapi itulah yang membuat seru. Saya persingkat penjelasannya ya..

Awal konflik utamanya adalah.. Raja lama memiliki 2 putra, yaitu A dan B. Putra Mahkota tentunya si Kakak yaitu A. Pangeran satu lagi jadi pangeran biasa yaitu B. 

Putra Mahkota A adalah papanya Lee Yul. Dan Pangeran B adalah papanya Lee Shin. Pada perjalanannya, Papanya Lee Yul meninggal karena sakit sebelum diangkat menjadi raja. Dan sejak saat itu Pangeran B diangkat jadi Putra Mahkota dan sekarang menjadi Raja. 

Bagaimana nasib Lee Yul dan Ibunya? Mereka berdua menjalani hidup di luar negeri selama belasan tahun. Dan akhirnya saat ini kembali. 

Konfliknya hanya itu saja? tentu tidak! hihi.. 

Masih ingat kan janji raja dan sahabatnya yang menyebabkan Lee Shin dan Shin Char Kyong harus menikah? Nah! Pada saat perjanjian itu diucapkan.. yang menjadi Putra Mahkota adalah Lee Yul. Namun saat perjanjian mengenai perjodohan itu mau dieksekusi, yang jadi Putra Mahkota sudah berubah menjadi Lee Shin. Lee Shin dan Shin Chae Kyong yang menikah tanpa cinta, akhirnya terlibat cinta segitiga dengan Lee Yul. dan di perjalanan cerita sampai jilid 27 nanti, Yul ingin Chae Kyong menjadi miliknya hingga menghalalkan segala cara termasuk menggulingkan Lee Shin dari posisi Putra Mahkota.

Serem plus seru yah?

Sudah? belom! hihihi.. 

Yang lebih seru. Ternyata.. dulunya.. Mamanya Lee Yul adalah kekasih papanya Lee Shin. Tapi setelah diajak ke istana, Putra Mahkota A naksir dan melamarnya. Mamanya Lee Yul yang punya ambisi besar menjadi ratu akhirnya meninggalkan Pangeran B dan menikah dengan kakaknya. WOW!! 😱

Ketika patah hati, pangeran B bertemu dengan mamanya Lee Shin kemudian menikah. Namun ketika Lee Yul dan Mamanya kembali ke kerajaan Korea, tentu saja konfliknya jadi memanas. Karena kedua wanita ini ingin anaknya masing-masing menjadi raja. 

Konflik bertambah seru ketika Lew Shin ternyata punya pacar sebelum menikah dengan Shin Chae Kyong, namanya Hyo Rin dan bersekolah di sekolah yang sama dengan mereka berdua. Pada perjalanan cerita ini tentu banyak konflik ya sudah kebayang. Dan klimaksnya adalah ketika akhirnya Lee Shin dan Shin Chae Kyong saling mencintai, Lee Yul bersekongkol dengan Hyo Rin untuk memisahkan mereka berdua. 

trakala trilili makin seru sekali!! 

GOONG vs PRINCESS HOURS:

1. pertukaran pangeran

GOONG: Lee Shin melakukan pertukaran pangeran kerajaan dengan Pangeran William dari Inggris 

PRINCESS HOURS: Lee Shin melakukan pertukaran pangeran kerajaan dengan kerajaan Myanmar

2. Perceraian

GOONG : Lee Shin dan Shin Chae Kyong bercerai

PRINCESS HOURS: Lee Shin dan Shin Chae Kyong hanya dipisahkan untuk kuliah, tidak bercerai

3. perasaan suka Lee Yul pada Shin Chae Kyong

GOONG : disampaikan hanya pada internal kerajaan dan akhirnya memperburuk keadaan dengan banyak ancaman pada ratu dan menyebabkan Shin Chae Kyong terpaksa menggugat cerai Lee Shin

PRINCESS HOURS : disampaikan ke publik dan membuat Shin Chae Kyong harus dipisahkan dari Lee Shin untuk kuliah di luar negeri sampai keadaan menjadi tenang

5. Tempat tinggal keluarga kerajaan

GOONG : istana Gyeong Bok dengan latar bangunan asli korea jaman dahulu meski perabotannya  modern

PRINCESS HOURS: sebuah rumah besar yang indah dengan bangunan seperti puri. Bukan istana tradisional korea. 

Bisa sangat dimengerti bahwa mewujudkan cerita komik yang penuh imajinasi maksimal dan sulit diwujudkan terutama jika menyangkut sebuah negara dan sejarah. Jadi.. mengikuti Princess Hours yang menghidupkan tokoh cerita GOONG adalah suatu kesenangan tersendiri. 

GOONG Koleksi Pribadi Dijual

Kamu tertarik untuk mengoleksi komik GOONG? Saya bermaksud untuk mengurangi koleksi pribadi saya di rumah jadi beberapa seri akan dijual. 

kondisinya masih 99% bagus. Dan sudah disampul plastik. Tapi untuk keperluan foto, sampulnya dilepas ya.. supaya tidak memantulkan cahaya. 


(Kondisi real dari koleksi pribadi komik GOONG jilid 1-27 + 1 bonus the side story. total 28 buku)

Boleh langsung kirimkan email ke : sofiadewi.co@gmail.com yah! 

Sampai ketemu di next post! Masih baaaaanyak serial komik yang akan direview untuk dilepas 🙂 
Terima kasih banyak sudah mampir yah.. Have a good day 😘

Cheers,
Sofia Sari Dewi

7 thoughts on “[Korea Fever] [Comic Review] GOONG vs PRINCESS HOURS

Talk To Me

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s