COLLABORATION · LIFESTYLE · TRAVELLING

[Travelling] Merayakan Idul Adha 1437 Di Bajawa – Ngada – Flores – NTT

 

Assalammu’alaikum! Hallo! Selamat Sore!

Macak HIjab Traveller di depan Masjid Agung Bajawa

Selamat Hari Raya Idul Adha untuk teman-teman muslimku. Bagaimana kegiatan hari ini? Long weekend yang pastinya menyenangkan ya… Hari Raya jatuh di hari senin, pastinya bagi yang merantau bisa pesan tiket mudik lebih lama karena ada libur 3 hari ya kan…

Lain halnya dengan saya, tahun ini saya mendapat kesempatan untuk merasakan Hari Raya Idul Adha di Pulau lain, tepatnya di Kota Bajawa Kabupaten Ngada Flores NTT. Yes! Masih berkaitan dengan program IKKON 2016 yang ada di postingan ini. Kali ini adalah Pelaksanaan III, kurun waktu tugas tanggal 7-24 September 2016. Tapi rencananya mau extend sampai 27 Agustus 2016 karena ada perpanjangan masa tugas. (PS : Untuk Mas Survey, Pelaksanaan I dan Pelaksanaan II akan dipost segera ya.. hihihihi.. ceritanya super menarik)

Idul Adha 1437 H jatuh pada hari Senin tanggal 12 Septeber 2016, ini adalah hari ke-6 saya berada di Ngada Flores dimana saya dan teman-teman sampai ke sini pada tanggal  7 September 2016. Kami tinggal di Kampung Adat Bela di Langa untuk minggu pertama kami di Ngada. Kampung yang indah karena dikelilingi oleh hutan bambu. Namun memiliki suhu yang luar biasa dingin dibandingkan Kampung adat Tololela dan Kampung adat Bena yang saya pernah tinggali.

Di Ngada, ada beberapa alternatif transport di antaranya Bus Kayu (ini adalah truk yang di bagian belakang diberi atap dan memiliki seat palang kayu), mobil kayu (pick up dengan seat palang kayu), ojek motor, rental mobil dan bemo (semacam angkot, mobil van kecil). Karena saya tinggal di Bela, untuk keperluan sholat Eid saya dan teman-teman ingin sholat di masjid besar Bajawa. Karenanya kami perlu naik bemo dari Bela sekitar 20 menit menuju masjid di Bajawa. Masjid dengan kubah warna emas ini terletak di pusat kota Bajawa, tidak jauh dari kantor Bappeda dan pasar.

Dari bela yang akan pergi ke Bajawa untuk sholat Eid awalnya ada 4 orang yaitu saya, Siti ChadijahYoga Prabowo dan Savira L Raswari. Kemudian kami masing-masing memasang alarm untuk membangunkan kami di pagi hari nanti. Alarm Yoga bunyi jam4 pagi, kalau kalian tahu, alarmnya berupa musik klasik yang cukup panjang , dimana alih-alih membangunkan itu malah jadi musik nina bobo hiihihi tapis aya tetap bangun. Masih mati lampu ternyata, sejak semalam, Lalu saya tidur lagi karena saya set alarm di jam5 pagi. Kebangun lagi beneran jam5 pagi langsung keluar untuk menyiapkan beberapa barang untuk dibawa ke bajawa.

Kami tidak membawa baju muslim karena untuk urusan pelaksanaan III ini lumayan lama dan kami masing-masing betul-betul menghemat ruang di carrier. Jadi hanya membawa kemeja, shawl (untuk kerudung) dan mukena lengkap dengan sajadah.

Dan tempo hari saya ke Kampung Adat Tololela mendapati  jalanan menuju ke atas sedang diperbaiki supaya lebih bagus. Sehingga tidak ada kendaraan yang bisa sampai ke atas. Jadi kami harus hiking.. Karenanya saya harus mengurangi beberapa muatan di antaranya shawl yang akan saya gunakan untuk workshop tie dye saat pameran akhir bulan nanti dititip ke Rumpun Bambu saja.

Sambil menunggu Siti dan Yoga siap sambil mengeluarkan tas-tas yang perlu dibawa. Savira enggak jadi ikutan ke Bajawa dikarenakan sedang dapet, jadi yasudah.. berangkat bertiga karena angkot jemputan sudah datang.

Kabar dari rekan saya yang tinggal di Bajawa (Tim DKV IKKON Ngada), Ika Crayon, sholat akan dimulai jam6.30. Dimana kami baru jalan jam 6.10 hahahaha aseliikkk gemes bin deg2an.. berarti nih.. gak akan sempat mampir ke Rumpun Bambu – Bajawa dulu, semua bawaan harus dibawa ke Masjd. It’s OK, let’s go! Angkot melaju kencang dan yes! Pakai musik hahahaha…

Kurang lebih 20 menit perjalanan kami sampai ke Masjid Bajawa. Langsung mengambil air wudlu dan naik ke lantai 2 khusus shaf perempuan.

Memasuki masjid pastinya kami sedikit diperhatikan karena memang nampak asing, wajar hehehhe. DI lantai 2 kami berbeda shaf dengan Ika. Alhamdulillaah .. Sholat berlangsung khusyuk. Diiringi tangisan anak kecil ehehehe sudah biasa. Khotbahnya juga sangat enak didengar, berisi tentang beberapa saran untuk kehidupan sehari-hari. Selesai khotbah, mama-mama dan anak-anak di lantai 2 menyalami kami dengan ramah “Selamat Selamat Selamat .. Selamat Idul Adha”

Suasana Di dalam Masjid Agung Bajawa

Sampai di halaman masjid, saya menemui beberapa kambing lokal yang sudah diberi nomor dan siap untuk qurban. Saya seneng banget lihat kambingnya karena stylish banget lho! Seperti kambing yang ini ni.. Punya Poni! hihiihii…

Kambing yang hairstyle nya kece (pic by Ika Crayon)
2 ekor kambing yang stylish : monochrome dan bulu panjang yang punya layer. Amazing! (pic by Ika Crayon)
Ki-ka: Siti – Sofia – Ika

Keluar wilayah masjid, kami langsung pulang. Beberapa kali foto bersama sambil menunggu jemputan. Lami dijemput bolak-balik dengan motor oleh fotografer kami, Mas Pri dari IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Ternyata tadi ada Pak Ayip dan Alfi juga, sudah diantar duluan pulang ke Rumpun Bambu. DI sana kami numpang mandi dan memasak untuk sarapan teman-teman di sana. Sebutan tim untuk saya adalah MAMI haha.. dan karena ada istilang MAMI LE MOGO di flores yang artinya “Setelah matang menjadi milik bersama” akhirnya jadilah panggilannya lebih panjang menjadi Mami Le Mogo xD

Kultur yang menarik. Berdekatan antara Masjid dan Gereja di Bajawa, Ibu Kota Ngada, dan keadaan baik-baik saja. Alhamdulllaah (pic by Ayip Budiman)

Sesudah kenyang dan segar, Saya dan teman-teman kembali ke Kampung Adat Bela. Kali ini rombongan bertambah 2 orang yaitu Alfian Usman (Videografer) dan Mas Pri. Naik angkot yang sudah saya catat nomorya tadi, tetangga Bapak lembaga desa Bela, Pak Domi. Namanya Pak Johny. Kalau kalian ke Bajawa, nanti email saya ajam saya share nomernya kalau perlu carter angkot.

Yah… kira-kira itulah pengalaman seru saya bersama teman-teman di sini. Penasaran sama cerita tentang Flores yah? Tunggu yah .. masih merangkai kata dan gambar niii… biar bisa makin seru hehehehe..

Have a good day, teman-teman.. Happy Long Weekend! Siap-siap untuk kembali beraktivitas esok hari yaaaa…

Cheers,
Sofia Dewi

Sofiadewi.co@gmail.com

4 thoughts on “[Travelling] Merayakan Idul Adha 1437 Di Bajawa – Ngada – Flores – NTT

Talk To Me

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s