Uncategorized

[Travelling] Penerbangan menuju Bajawa – Ngada – Flores – NTT dari Jakarta

Hello!

Terima kasih sudah mampir ke blog saya. Kali ini saya mau menjabarkan rute penerbangan yang saya tempuh dalam pelaksanaan IKKON 2016. Selama 4x perjalanan.. Yaitu dari Jakarta menuju Flores. Rute yang paling efektif lengkap dengan tips dan info transportasi dari bandara Soa ke Bajawa
Are you ready?

Let’s Go!! 
Bagaimana cara mencapai Soa dengan penerbangan paling pendek?



Penerbangan pilihan yang bisa dilakukan kalau kamu berangkat dari Jakarta memiliki effort yang cukup besar. Selain bangun super pagi (lebih ke dini hari tepatnya) .. kamu bahkan kemungkinan tidak perlu tidur supaya tidak ketinggalan pesawat. Tapi dijamin rute yang saya jabarkan ini adalah yang paling pas paling cocok dan palinh efektif untuk ditempuh (paling tidak hingga saat ini di tahun 2016). 
Penulisan ini tidak ditulis berdasarkan sponsor dari maskapai penerbangan tertentu ya. Tetapi karena ini adalah penerbangan panjang dengan melalui beberapa airport, jadi saya dan teman-teman harus menjalani connecting flight dari maskapai Lion Group. Supaya memudahkan saat transit dan saat pindah pesawat. Lebih aman – lebih nyaman – lebih praktis. 

Mengenai penundaan penerbangan / keterlambatan lama yang biasanya terjadi, jujur saya jarang sekali mengalaminya dari Juli hingga Oktober 2016. Tidak ada penundaan berarti.. biasanya antara 10-30 menit saja. 

Rute penerbangan yang saya tempuh adalah :

Batik Air – Soekarno Hatta (CGK) menuju El Tari Kupang (KOE) pada pukul 2.30am … 

Dalam penerbangan, pilihlah seat dekat jendela jika memungkinkan, supaya kamu bisa menikmati keindahan sunrise dari cabin. Gradasi langit antara gelap terang memberikan warna gold orange yang menakjubkan. Sangat sayang untuk dilewatkan pada cuaca cerah. 
Untuk bisa mendapatkan posisi duduk terbaik di dekat jendela jamgan lupa utuk web check in dulu ya di sini . 
Dalam penerbangan Batik Air yang berangkat dini hari, kamu harus menebalkan fokusmu. Karena airport juga masih sangat sepi.. Jadi jangan sampai skip beberapa hal terutama : gate, ruang tunggu dan barang bawaan cabin. 
Saat penerbangan, sekitar 30-60menit sesudah take off, akan dibagikan Meals. berupa : 1 kue, air minum dan makanan. Pilihan makanannya biasanya antara : mie goreng atau nasi lemak. 
Saya biasanya menghabiskan makanan besar dan minumannya. Tapi kue saya simpan dalam tas. untuk jaga-jaga sarapan di Kupang nanti.
Pesan saya : jangan tidur dulu. hehe karena akan bete sendiri kalo udah tidur.. 30 menit kemudian dibangunkan untuk makan. Selesai makan, tidur lagi, lalu dibangunkan karena alat makan akan diambil oleh pramugari hihihi. 
Jangan lupa! Untuk menyiapkan headset. Karena Batik Air menyediakan entertainment screen, jadi kamu bisa nonton film, serial tv atau mendengarkan musik. Kalaupun kamu gak bawa headset juga tidak apa-apa, bisa beli di pesawat seharga IDR 25.000 . 
Kurang lebih pukul 6.30 pagi, pesawat akan sampai di El Tari Kupang. Transit di Kupang sekitar 2.5jam, tidak perlu memindahkan bagasi, cukup lapor ke counter lion jika diperlukan. Menu sarapan biasanya belum tersedia karena masih terlalu pagi. Tapi kamu bisa beli makanan di sebuah minimart di dekat pintu keberangkatan. 

Belilah susu dan roti sebagai pengganjal lapar sudah cukup. 
Penerbangan selanjutnya sekitar pukul 9.10 pagi dengan menggunakan Wings Air

Biasanya kalau pagi, ruang tunggu tidak terlalu penuh. Jadi bisa tiduran nyaman di kursi panjang, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga barang. Usahakan hanya membawa 1 ransel saja saat berangkat, sisanya masuk bagasi saja. Selain praktis juga untuk meminimalisir kehilangan tas karena skip. Skip di pagi hari sangat wajar karena kita semua pasti mengantuk. 
Ada banyak penerbangan yang berdekatan pada jam9 pagi itu, jadi pastikan kamu betul-betul memperhatikan pengumuman. Dan penerbangan dengan wings air ini biasanya dipanggil dengan penerbangan ke Labuan Bajo, bukan Soa Bajawa. Jadi harus jeli ya…. 
Penerbangan ke soabajawa dari el tarikupang kurang lebih ditempuh dalam waktu 60 menit dengan pesawat ATR. Penerbangan yang terbang tidak terlalu tinggi ini memanjakanmu dengan pemandangan kepulauan yang luar biasa, tidak melulu laut yang bisa dilihat. Meskipun goncangannya juga akan berasa banget, tapi inshaAllah aman. 
Bandara SOA tidak terlalu besar, bahkan menurut saya, ini bandara paling kecil dan sederhana yang pernah saya masuki. Mungkin yang mirip dengan ini adalah airport di Malang sekitar tahun 2010 ketika saya sering bolak balik ke Malang bersama sherina untuk show
Ada keuntungan juga dari bandara yang kecil. Di antaranya : serba cepat. Ruang tunggu yanh dekat dengan halaman/parkir airport, bahkan untuk menuju gate untuk turun/naik pesawat juga tidak perlu berjalan jauh karena hanya melewati 1 ruangan saja. Jadi jauh lebih efisien bukan…? 
Bagaimana dengan kendaraan menuju Bajawa dari Soa?

Jangan Khawatir.. Ada banyak sekali mobil travel yang menjadi langganan masyarakat Bajawa. Per kepala dihitung IDR 60.000 saja, tinggal duduk manis sudah diantar sampai tujuan di Bajawa. Mobilnya biasanya berupa avanzakijang innovaAPV
Jarak tempuh airport SOA menuju Bajawa kurang lebih sekitar 45-60 menit. Pemandangan sekitar tentu juga tidak kalah indah.. perbukitan.. pepohonan… bukit pasir yang menunjukkan gradasi antara warna hijau pepohonan/rerumputan dengan warna abu-abu kehitaman dari pasir.. dipadu dengan langit biru bersih dan awan putih. Saya jarang tidur dalam perjalanan darat ini karena ingin menikmati pemandangan. 
Kalau beruntung, kamu bisa melihat sapi dan kuda di pinggir jalan tanpa dijaga. Tapi tenang.. mereka tidak berbahaya karena diikat. Yang bikin deg-degan biasanya anjing-anjing peliharaan. Kadang ada yang tiduran di aspal atau ada juga yang tiba-tiba lari ke tengah jalan hihihi bikin kaget aja. Apalagi mobil travel ini biasanya melaju kencang (kami sering menyebutnya gak punya rem hihi) dan yang menjadi keunikan adalah driver sering banget membunyikan klakson keras-keras. Tetapi bukan mau ajak ribut ya.. kebiasaannya memang begini. Biasanya saling sapa antara mobil 1 dan yang lain. 
Dan jangan kuatir kalo AC mobil mati. Karena justru biasanya saya tidak request AC nya karena jendela dibuka saja anginnya sudah dingin sekali sekalipun cuaca sedang terik. Angin Cepoi-Cepoi, bro 😝lebih asik dan alami.. 
Cukup jelas kan rute dan penjabaran yang selama ini saya tempuh dari Jakarta ke NgadaFlores? Kalau ada yang kurang jelas, bisa bertanya via komen di bawah atau kontak saja di sophietobelly@gmail.com .. 
Terima kasih banyak
Cheers,
Sofia Dewi

3 thoughts on “[Travelling] Penerbangan menuju Bajawa – Ngada – Flores – NTT dari Jakarta

    1. aaaamiiinn.. ayok bareng yuk!! (((cari sponsor dulu haha))) enak binggo… bobo nyenyak.. betenya cuman .. musti check in jam1 pagi… boarding jam2 pagi… duduk dan mulai tertidur.. dibangunin jam3 pagi disuruh makan 😭diajeng kan mau bobo yaaa biar bs menyongsong sunrise yang amazing

      Suka

Talk To Me

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s