LIFESTYLE · TRAVELLING

[travel] Langkah Mudah Pembatalan Tiket Kereta Api

Siapa di sini yang sering bepergian ke luar kota? Terutama dengan kereta api. Belum pernah membatalkan tiket? Atau .. sedang bingung mencari tahu bagaimana cara pembatalan tiket kereta api?

Pas banget! Saya baru saja kembali dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, dari membatalkan tiket saya ke Jakarta yang seharusnya saya gunakan malam ini. Buat kamu yang  berada di Yogyakarta, pembatalan tiket dilayani di 2 stasiun yaitu di stasiun Tugu dan stasiun Lempuyangan. Pilih stasiun yang terjangkau jaraknya denganmu. Untuk kamu yang ada di luar kota, kamu bisa cek stasiun terdekat melalui website resmi PT KAI .

Baiklah, cuZ mari kita mulai ceritanya! Jadi begini… sekali lagi, ini untuk pembatalan tiket via stasiun lempuyangan jogja ya.

Jalan masuk utama menuju Stasiun Lempuyangan saat ini sudah satu arah saja yaitu dari barat ke timur. Kalau bingung arah barat dan timur, saat ini tidak boleh masuk dari arah jembatan layang ya.. Melawan arah sangat tidak disarankan, karena selain berbahaya, jalanan dijaga polisi..

Tadi, saya harus lebih  bersabar. Karena saat ini pintu masuk di tengah yang biasanya dibuka sudah ditutup. Jadi satu-satunya akses masuk adalah dari arah tempat parkir dalam. Jauh? Yoi bro πŸ˜‚ Tapi gakpapa la… dipindah kan pasti ada alasannya. Kita gak perlu tahu..yang penting dijalani aja, sistemnya sudah dibuat.

Dari pintu masuk, ada mesin otomatis untuk pengambilan tiket parkir. Saya sengaja memakai motor saja supaya enak parkirnya. di dalam pasti penuh .. tapi masih jauh lebih nyaman daripada di luar, terutama untuk akses masuk menuju loket customer service.

Sesudah parkir, saya menuju ke arah gedung stasiun.. yaitu menuju ke arah barat. Panas? Pastinya… tapi cukup melegakan kok melihat di depan sana ada atap untuk  berteduh hihi.. semangat semangat!! Jaket dan masker gak usah dilepas dulu sampai tiba di gedung terminal.

Kira-kira saya berjalan 150m dari tempat saya memarkir motor tadi. Sesampainya di gedung terminal, baru deh bisa kita mulai proses pembatalannya.

*********

Ikuti langkah-langkah berikut ya :

1.  Cari ruangan Layanan Pelanggan | Customer Service. 


Lokasinya ada di antara ruang tunggu dengan ATM. di sebelah kanan.

 

2. Ambil nomor antrian di mesin tiket


Sebenarnya ada 2 kebutuhan yang difasilitasi oleh mesin tiket ini. Yaitu nomor antrian untuk customer service dan nomor antrian untuk pemesanan tiket. Silakan pencet tombol di sebelahnya. Tiket akan keluar melalui celah di bagian bawah.

3. Perhatikan Suara Panggilan dam sesuaikan antara nomor tiket dengan loket yang ditunjuk

Misal saya mendapatkan nomor C153 di counter 1. Maka itu artinya saya harus masuk ke dalam ruangan CS

4. Serahkan tiket antrian kepada petugas, berikan KTP dan kode booking

Petugas dengan ramah akan membantumu. Saya dibantu oleh Mbak Devi yang cantik dan ramah. Dia menjelaskan dengan baik apa saja yang harus saya kerjakan

5. Mengisi formulir yang diberikan petugas CS

beberapa hal yang wajib diisi adalah: Nama, Nomor HP/tlp, Pencairan dana (cash diambil di stasiun atau bank transfer (detailkan nama, no rek dan bank apa)), tanda tangan.

Saya diberi mbak Devi form yang sudah dilampiri fotokopi KTP saya dan sudah dicap 2 macam :

Kamu bisa pilih pengembalian dana tunai ataupun transfer.


6. Cetak  tiket/boarding pass di mesin Cetak Tiket Mandiri

boarding pass hanya untuk lampiran ya

Masukkan kode booking ke dalam kolom yang tersedia di layar komputer. Pastikan datanya benar, baru klik print. Jika bingung bisa bertanya kepada petugas jaga. Mereka  berseragam dan berada tidak jauh dari komputer. Mereka saaaaangat ramah dan helpfull jadi tidak perlu ragu untuk bertanya ya

7. Validasi Pembatalan di Loket 2


Serahkan semua berkas kepada petugas. Perhatikan baik-baik petugas saat ia sedang mengurus berkas kamu. Jangan mainan HP atau ngobrol dulu ya. Karena antriannya banyak. Jadi ketika petugas mengkonfirmasi, kita harus fokus.

8. Menerima slip form berwarna pink


Saya menerima copy form berwarna pink. Di bagian belakangnya ada print dari petugas loket 2 yang berisi informasi mengenai pencairan dana dari tiket yang saya batalkan.

Simpan baik-baik copy form pink ini hingga dana cair. Karena baru akan cair dalam 30 hari.

Saya memilih untuk mencairkan dana via bank transfer, supaya  bulan depan saya tidak perlu datang ke stasiun dan mengantri lagi. Karena seluruh dana akan ditransfer ke rekening bank atas nama saya yang sudah saya tulis dalam form.

Tips saat membatalkan tiket: 

(1) sebisa mungkin hindari weekend,

>> karena stasiun biasanya penuh saat weekend dan orang-orang yang berurusan dengan CS dan loket akan banyak datang saat weekend dimana mereka libur

(2) Siapkan Kode booking & KTP

>> petugas memerlukan keduanya untuk dilampirkan dalam form validasi pembatalan tiket. pastikan kamu membawanya

(3) Fokus saat di loket 2

>> antrian pasti panjang di loket ini karena memang ini adalah loket khusus untuk pembelian dan pembatalan tiket. Jadi jangan buat orang lain tidak nyaman menunggu hanya karena kamu tidak fokus saat menjawab pertanyaan petugas atau salah mengisi form sehingga harus mengulang

(4) Banyakin stok sabar

>> Namanya juga di tempat umum dan banyak orang, jadi pasti akan ada drama

(5) Bersikap ramahlah dengan petugas CS

>> CS adalah garda depan di sebuah perusahaan. Mereka akan melakukan yang terbaik bagi customer. Tidak puas adalah sesuatu yang wajar bagi customer yang merasa dirugikan, benar iya benar, tapi… CS juga pegawai yang belerja berdasarkan sistem dan SOP.. jadi apa yang sudah mereka bantu itu sudah sangat maksimal pada apa yang mereka lakukan .. selebihnya.. serahkan pada kebijakan perusahaan. Mohon  bersabar… Tapi alhamdulillaah saya juga belum pernah dikecewakan CS PT KAI selama ini. Semoga kalian pun demikian ya..

*********

Penting untuk dicatat:

(1) Dana yang akan cair adalah sejumlah 75% dari harga tiket

(2) Dana baru akan cair paling cepat dalam 30 hari kemudian
Oya..

ini ada informasi tambahan, saya zoom detail ketentuan pembatalan yang ada dalam form:

 

Semoga pengalaman ini bisa membantu teman-teman yang membutuhkan. Saya memilih stasiun lempuyangan karena secara jarak lebih terjangkau dari rumah dan workshop.

PESAN PENTING:

Teman-teman semua, saya berterima kasih sudah membaca sampai akhir, juga sudah meninggalkan komentar. Namun MOHON MAAF saya bukan CS PT KAI.. saya hanya sekedar berbagi pengalaman saat saya membatalkan tiket di Stasiun Lempuyangan Jogja. Apa yang saya tulis adalah apa yang saya alami, dan hanya itulah yang saya tahu. Jika ingin menanyakan hal-hal selain yang saya sudah tuliskan di atas.. mohon untuk menghubungi cs PT KAI. bisa cek di google ya nomor HP/email/web nya.. saya yakin 100% mereka pasti akan menjadi tempat terbaik untuk bertanya dan mencari  jawaban yang Anda inginkan … terima kasih atas pengertiannya πŸ™‚ mohon maaf atas segala keterbatasan saya ini πŸ™‚ 



Salam,

Sofia Sari Dewi

instagram | twitter | facebook

21 thoughts on “[travel] Langkah Mudah Pembatalan Tiket Kereta Api

    1. Hallo.. sbnrnya bukan harus H-0 sih..itu adalah batas waktu. Kalo membatalkan sesudah jam tiket pastinya tidak bisa.. dicoba aja h-60 hehe saya blm pernah lakuin jd belom bs menjawab.. atau bisa langsung tlp ke cs KAI.. (atau tanya di twitter mereka) .. semoga jawabannya bisa membantu yh

      Suka

    1. Hallo asisi. Iya memang harus pakai surat kuasa.. yang membatalkan pastinya harus sesuai nama di tiket.. hehehehehe.. sebenarnya bisa diakalin. Saya kemarin barusan batalin tiket kereta hari ini. Saya buat surat kuasa bermaterai dan kirim beserta KTP ke rumah. Pakai ekspedisi yang 1 hari sampai… πŸ™‚

      Suka

    1. Hallo.. terima kasih sudah mampir.. Silakan tlp ke cs ya πŸ™‚ saya hanya berbagi pengalaman yang saya pernah alami saja.. takut salah jawab πŸ™‚ atau bs bertanya ke akun twitter kereta api ya. Semoga membantu. Terima masih πŸ™‚

      Suka

  1. Kalo tiket yg baru lebih ribet ya.. karena ngeprint tiket harus di stasiun keberangkatan.. padahal kalau yang lama bisa ngeprint dimanapun jadi lebih fleksibel. efeknya di proses refund tiket.
    eh btw apa refund tiket harus ngeprint tiket?
    dan refunnya apa bisa di semua stasiun? apa masih seperti dulu yg bisa refund dimana saja?

    Suka

    1. print tiket skrg sifatnya seperti boarding pass sepertinya hehe jd memang harus diprint dan naik dari stasiun yang didaftarkan.. kalau refundnya saya kurang tahu kak harus disitu apa gak.. tetap harus ngeprint .. ketika ngeprint ada 2 pilihan action.. cancel atau cetak. bisa pilih yang cancel aja untuk refundnya..

      Suka

Talk To Me

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s