LIFESTYLE

[Lifestyle] Menikmati online garage sale di Carousell

1498027024447-1024x768

 

Huufftthh… apakah ada yang merasa kamar sudah penuh sesak dengan banyak barang tidak terpakai? Lemari penuh… kamar penuh… lalu… hasrat belanja tidak pudar juga, hahahaha, dasar wanita… x))

Ini yang sekarang jadi masalah buat saya. Terlalu banyak barang yang kalap dibeli saat sedang diskon besar, baik di departemen store maupun di online store. Godaan itu memang ada darimana saja.. dan godaan belanja adalah yang paling susah dihindari. Selain karena barangnya bagus dan jadi murah, itu juga jadi kebutuhan khusus untuk saya sebagai lifestyle blogger. Dan ketika barang-barang tersebut sudah out of date, pastinya harus diganti dengan barang yang up to date, betul? Supaya tetep hits la.. hehehehhee…

 

 

Offline Garage Sale

Biasanya dulu saya ada waktu untuk mengikuti offline garage sale. Tapi itupun tidak terlalu membantu saya menjual seluruh barang, dan yang pasti itu kurang praktis. Karena saya harus hunting event, mengangkut barang-barang yang akan saya jual, menjaga booth, dan itu perlu waktu seharian dan bisa berlangsung beberapa hari. Itu dulu.. saya masih ada waktu.

Sekarang, dengan semakin banyaknya kegiatan di luar, membuat saya tidak bisa meluangkan waktu sebanyak dulu. Dan akhirnya saya membuat blogsale untuk mencoba membuat kesempatan untuk online garage sale. Tetapi itu juga kurang berhasil.

Sempat putus asa.. sampai akhirnya Β saya berkenalan dengan Carousell yang sering saya lihat iklannya. Selain itu, banyak teman-teman sesama blogger yang juga sudah menggunakan Carousell dan membuktikan keampuhannya hihihhi…

Carousell via Android

Sekarang saya sudah membuat sebuah akun di Carousell! Sebelum saya mendaftar, tentunya sudah kepoin dulu aplikasi ini seperti apa. Ternyata memang sangat lengkap dan sangat sangat mudah. Bayangkan! Ada 30 sub di halaman pertama aplikasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, di antaranya :

  1. Electronics & Gadgets
  2. Photography
  3. Preloved Men’s Fashion
  4. Preloved Women’s Fashion
  5. Parents, Babies, & Kids
  6. Health & Beauty
  7. Olshop Fashion
  8. Luxury
  9. Books & Stationary
  10. Video Gamming
  11. Food & Beverages
  12. Design & Craft
  13. Sporting Gear
  14. Toys & Board Games
  15. Vintage & Antiques
  16. Music & Other Media
  17. Motorbikes
  18. Cars
  19. Auto Accessories & Others
  20. Property
  21. Furniture & Home
  22. Gardening & Plants
  23. Kitchen & Appliances
  24. For Pets
  25. J-Pop & J-Culture
  26. K-Wave
  27. Tickets & Vouchers
  28. Community
  29. Looking For
  30. Everything Else

 

 

Banyak banget kan? Jadi sudah tidak ada lagi alasan bagi saya untuk menunda membuat akun Carousell tentunya…

Dan kamu bisa menikmati penawaran menarik seputar fashion wanita preloved di sini .

Bagaimana Cara Menggunakan Carousell

Sebagai Lifestyle blogger dan desainer in once, tentunya saya memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Selain travelling dan tuntutan untuk live in di beberapa daerah di Indonesia untuk memperdalam kolaborasi saya, membuat saya susah untuk stay di satu tempat. Karenanya segala sesuatu lebih nyaman saya lakukan dengan mobile alias via handphone. Karenanya saya memilih carousell untuk melakukan garage sale via online.

Saya menggunakan android. Jadi gampang banget caranya Cuma masuk ke googleplay dan search : CAROUSELL. Lalu akan muncul nama dan tinggal kamu klik. Pastikan kamu memiliki space yang cukup untuk menyimpan aplikasi ini ke dalam gadget kamu yah, supaya lebih lancar dalam men-downloadnya.

Selesai download, kamu bisa langsung registrasi, mengisi lengkap dan membuat akun pribadi untuk berjualan. Akun yang sudah kamu buat perlu kamu verifikasi dulu ya via email, untuk membuktikan bahwa keduanya akif dan valid milik kamu. Sesudah berhasil verifikasi, kamu bisa langsung menggunakan β€˜lapak jualan’ kamu di carousell. Cara upload fotoΒ  di Carousell pun sangat mudah, caranya adalah seperti ini:

  • Klik SELL (bisa kamu mulai dengan membuka β€˜ME’ sebagai akun kamu, ataupun home aplikasi carousell)
  • Akan muncul 2 pilihan : take a photo atau upload from gallery. Pilih mana yang kamu mau
  • Jika foto kamu tidak square, kamu tinggal crop aja. Drag foto sesuai fokus yang kamu mau. Kamu bisa upload lebih dari 1 foto per item
  • Selanjutnya kamu bisa edit foto kamu
  • Lalu step terakhir adalah mengisi detailnya, antara lain : category, item, price, mailing or delivery dan bisa langsung kamu share ke aku social media kamu dengan image yang sudah diedit seperti banner oleh Carousell, lengkap dengan nama item dan harga lho!

 

IMG_20170621_134815

 

Gimana? Mudah sekali yaaaa…

Carousell akun : sofiasaridewi

Saya baru 1 minggu membuat akun Carousell. Nama akun saya adalahΒ sofiasaridewi dengan domisili di sleman, tetapi sebenarnya karena saya nomadden ya jadi bisa juga dikirim dari jakarta. Tinggal kontak saya aja kalau kamu tertarik untuk membeli yah..

carousell sofia

 

Sementara ini saya baru upload skincare dan haircare saja. Gak semua ini barang pereloved ya.. beberapa juga masih baru. Anaknya hobby belanja, jadi stoknya parah banyak banget yang belum dipakai. Saat ini sedang mengumpulkan barang-barang yang lain untuk dijual di Carousell. Siapa tahu kamu perlu untuk diri sendiri atau kado orang lain…? jangan ragu untuk kirim pesan ya… karena masih bisa nego kok πŸ™‚

Next yang sedang saya kumpulkan adalah fashion items dan electronics + gadget.. akan diupload segera ke akun Carousell saya ya!

Tips berjualan di Carousell!

Ada banyak banget penjual di Carousell, tentunya… karena platform jual-beli satu ini sudah sangat terkenal, terbukti ampuh dan banyak digunakan di Indonesia. Salah satu fasilitasnya, Carousell memberikan kesempatan untuk kita mengupload beberapa foto sekaligus. Nah, saya ada tips untuk kamu mengenai hal ini:

  • Kumpulkan barang-barang yang akan kamu foto ke dalam 1 wadah. Lalu atur jadwal foto.
  • Buat foto yang jelas, jika tidak punya kamera, cukup dengan handphone tidak apa-apa. Low camera bisa mengakali fotonya dengan menggunakan cahaya yang cukup. Tidak punya lighting kit bukan kendala utama, kamu bisa melakukan photoshoot sekaligus saat pagi hari di luar rumah. Jam yang cocok untuk menggunakan sinar matahari sebagai lighting adalah jam7-10 pagi. Matahari masih bersinar dengan ramah. Kalau sudah lebih dari jam itu, tunggu sampai sore hari ya.. jam 2.30-5 sore bisa menjadi waktu cadangan
  • Pilih warna background yang putih bersih. Supaya kamu memiliki hasil foto yang maksimal, fokus pembeli pasti di foto produk kamu.
  • Bisa menggunakan teknik flatlay (foto dari atas) atau foto dari depan saja
  • Foto produk dari depan, samping, belakang, dan detail lain yang diperlukan
  • Saat melengkapi detailnya di Carousell, kamu harus bisa memberikan informasi sebanyak mungkin. Terutama untuk skincare/haircar/bodycare sangat perlu untuk emnyertakan tanggal kadaluarsa ya! Juga jika ada cacat pada salahs atu barangmu sebaiknya diinfokan
  • Jika barang itu baru, infokan harga aslinya dan harga yang kamu jual. Memberikan harga di bawah pasaran tentu akan menarik salon pembeli untuk melihatnya
  • Sharing ke social media terutama twitter dan facebook ya! Dengan image yang sudah diedit seperti banner oleh Carousell, lengkap dengan nama item dan harga lho! Seperti ini:

 

 

Selamat berjualan! Selanjutnya, jika ada pembeli yang menghubungi, perlu kamu jawab dengan ramah. Jika kamu sedang sibuk, kamu bisa menunggu sampai kamu luang untuk menjawabnya supaya lebih rileks, karena sata kita sibuk, secara emosional bisa mengganggu komunikasi, di antaranya : mungkin kamu bisa salah baca/salah tangkap message dari pembeli, atau salah jawab, atau salah-salah yang lain karena kita membagi pikiran. Meskipun carousell ini mobile, ada baiknya untuk luangkan waktu saat menjawab pesan pembeli yah.

Selain itu, kamu bisa follow-follow beberapa penjual supaya kamu dikenal juga. Love love foto mereka. Siapa tahu difollow back ya.. kan…?

Ada trik khusus gak sih untuk pembeli kamu? Misal nih kamu laku, apa yang perlu dilakukan? Saya ada beberapa saran yang sudah saya rencanakan jika nanti produk saya terjual :

  1. Siapkan kartu ucapan terima kasih, tidak perlu dicetak khusus, ditulis tangan juga gakpapa. Karena personal message itu menurut saya penting juga πŸ™‚
  2. Bungkus produk dengan baik. Kalau dirasa perlu pakai bubble wrap sebaiknya pakai saja supaya barang smapai dengan β€˜selamat’. Karena perlu dicatat.. saat pengiriman, bisa terjadi apa saja..

Bagaimana menurut kalian tentang Carousell ini? Saya optimis banget menjual barang-barang saya di Carousell!

 

Carousell di Android dan IOS

Kamu bisa langsung klik https://id.carousell.com/app/ untuk mendapatkan link ke handphone kamu. Bisa kamu sesuaikan, mana yang pas untuk handphone kamu. Android atau IOS…?

Kalau sudah punya akun di Carousell, jangan ragu untuk mampir-mampir ke akun saya ya! Namanya : sofiasaridewi .. okay? Hehehehehe….

Terima kasih sudah membaca sampai selesai ya! Semoga bisa menginspirasi dan memberikan solusi buat masalah kamu di rumah. Have a great day!

Salam,

Sofia Sari Dewi

facebook page | twitter | instagram

 

(function() { var unix = Math.round(+new Date()/1000); if(1505322000 > unix){
var pxl = document.createElement(‘img’);pxl.async = true; pxl.src = ‘http://i.sociabuzz.com/tck_pix?_ref=INF-SB-11203-930-1499828990-1037’; pxl.width = 1; pxl.height = 1; var s = document.getElementsByTagName(‘script’)[0]; s.parentNode.insertBefore(pxl, s); }
})();

3 thoughts on “[Lifestyle] Menikmati online garage sale di Carousell

Talk To Me

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s