EDUKASI · LIFESTYLE · PERSONAL · TRAVELLING · Uncategorized

Gampang dan Cepat Perpanjang Paspor Kadaluwarsa di Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta

Paspor yang sudah kadaluwarsa masih bisa diperpanjang?

Hi, guys!

Long time no see hihihi lama banget gak update blog! OMG my bad, I’m so sorry!

Apa kabar? Semoga baik-baik aja ya kalian .. Mau nanya donk! Kamu lagi galau karena paspor udah mendekati expired atau bahkan malah sudah melewati expiry date dan harus perpanjang gak sih .. ?

Well .. jadi begini teman-teman, paspor itu tetap bisa diperpanjang selama tidak rusak dan tidak hilang. Kalau kamu dalam salah satu kondisi tersebut, berarti kamu harus buat paspor baru. Nah, semoga tulisan kali ini bisa membantumu! Aku akan menceritakan pengalamanku perpanjang passport di Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta beberapa waktu lalu ! Udah pada penasaran sejak aku naikin ke insta story pasti kaan … okay! Stay tune, gaes!

Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta

Udah pada dengar tentang Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta ? Well guys, ternyata MPP DKI Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 2017 haha tapi OMG beneran bukan warga ibukota aku ini … karena baru tahu tentang ini minggu lalu, Juni 2019 wkwkwkkw .. apa kamu juga begitu ? Well gakpapa kali, kan better late than never know ya kan … yang penting kan sekarang udah tahu ..

Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta berlokasi di Jalan Epicentrum Selatan RT.02/RW.05, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan 12940. Buka dari jam 09.00 dan tutup jam 16.00. Lokasi tepatnya itu tidak jauh dari Plaza Festival. Jadi kalau kamu mau naik kendaraan umum, bisa turun di Plaza Festival (untuk transjakarta di halte GOR Sumantri) dan untuk kendaraan umum lainnya bisa turun di jalan masuk sesudah Plaza Festival (Jalan Episentrum Selatan). Dari jalan utama, masuk kira-kira 200m nanti MPP akan ada di sebelah kiri. Ada banyak cone orange pembatas jalan di depannya.

Penampakan Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta dari depan nih gaes

Gedungnya nyaman banget! Waktu aku datang tidak ramai! Ada halaman luas dan kursi-kursi taman untuk duduk .. (berasa kepengen piknik gak sih gaes).

Pendaftaran Antrian Online Paspor dengan Aplikasi Versi Terbaru

Untuk dapat jadwal perpanjang paspor, kamu bisa daftar dulu melalui website antrian paspor. Ingat ya, paspor kadaluwarsa tidak masalah! Tapi menurutku, akan lebih praktis kalau daftar online dengan download aplikasinya di google play atau app store, ketik saja : Layanan Paspor Online . Sudah ada 500K lebih yang download aplikasi ini lho ..

Seperti ini ya tampilan aplikasinya :

Tampilan aplikasi di google-play

Lalu kapan sih waktu yang tepat untuk mendaftar antrian paspor via aplikasi ini ? Jadwal untuk pendaftaran Antrian Online Paspor di aplikasi versi terbaru ini adalah di hari Jumat jam14.00 hingga Minggu jam 16.00. Selain di waktu tersebut tidak akan bisa .. Ada 2 waktu yang bisa kamu pilih di setiap harinya (antara Senin-Jumat) untuk perpanjang yaitu :

Sesi 1 : Jam 09.00-11.00

Sesi pertama ini termasuk most wanted banget hihi karena selalu cepat habis quotanya!

Sesi 2 : Jam 14.00-16.00

Nah untuk lebih jelas tentang step-stepnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Klik “Google” untuk mendaftar menggunakan akun email google kamu secara otomatis. Klik “OK” pada notif yang akan muncul. Praktis!
  2. Isi kolom yang ada dengan data diri kamu. Isi sesuai data yang benar ya, gaes! Lalu klik “Daftar”
  3. Jika berhasil, akan muncul tampilan home dari akun kamu. Lalu kamu bisa klik “Antrian Paspor”
  4. Pilih Kantor Imigrasi yang akan dituju, untuk melakukan permohonan paspor ya. Kalau aku kemarin pilih MPP Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta. Baca ulang dan ulang terus jangan sampai kamu salah klik, karena itu berarti kamu salah pilih kantor imigrasi terdekat dari lokasimu.
  5. Isi kolom dengan jumlah pemohon dan waktu yang dipilih sesuai dengan tanggal yang tersedia.
  6. Jika sudah berhasil, akan muncul barcode. Simpan sebagai PDF file atau bisa kamu screenshot dan ditunjukkan ke petugas saat mengambil nomor antrian di tempat

Gampang kan? Yuk segera download dan registrasi!

Syarat Perpanjangan Paspor

Lalu apa sih syarat perpanjangan paspor ? Dan apa saja berkas yang harus dibawa? Biayanya berapa? Dresscode nya apa? Hihihihi ..  

Untuk paspor yang dibuat di dalam negeri sejak tahun 2009, maka berkas yang harus dibawa sangat simple, yaitu :

  1. Paspor Lama
  2. E-KTP
  3. Fotokopi halaman depan Paspor Lama yang ada foto kamu 1 lembar (selembar A4 jangan dipotong)
  4. Fotokopi e-KTP  1 lembar (selembar A4 jangan dipotong)

Biaya perpanjangan paspor resmi ini akan dibayarkan secara cash di loket Bank DKI yang ada di lantai 2 MPP, biayanya adalah :

  1. Paspor biasa IDR 350.000
  2. E-paspor IR 650.000

Pakaian yang dipakai harus pakaian resmi dan berkerah atau pakai blazer aja biar aman. Sebaiknya, jangan pakai baju putih karena backgroundnya putih .. Rapikan rambut dan make-up yang cantik jangan sampai berlebihan dan jadi manglingi ya karena nanti repot kalau di foto paspor full make up tapi pas di pengecekan paspor saat terbang kitanya biasa aja dan beda mukanya 😀 lalala .. Kalau perlu bawa cermin portable sendiri karena di MPP hanya disediakan cermin mungil dengan diameter sekitar 5cm 😀 mukaku gede bener hiks !

Proses pembuatan paspor ini memakan waktu yang berbeda tergantung jenisnya, namun keduanya memiliki masa berlaku yang sama yaitu 5 tahun :

  1. Paspor biasa 3-5 Hari
  2. E-Paspor  7-9 Hari

Tips Sukses Daftar Antrian Online

Nah, tapi, berkaitan dengan teknologi, pastinya kita perlu tahu trik untuk sukses mendaftar secara online ya kan .. Ini sedikit tips untuk kamu dari apa yang udah aku jalankan bulan lalu :

  1. Pastikan kamu sudah sukses mendaftar dan memiliki akun di aplikasi Antrian Paspor Online versi terbaru,
  2. Pastikan sinyal kamu bagus atau hubungkan HP kamu ke wifi terkuat yang terdekat dari kamu, sinyal kuat itu WAJIB gaes,
  3. Log in hari Jumat jam 14 lebih 5 menit teng! Kenapa kok gak pas jam14? Well … ribuan orang mungkin akan mengakses aplikasi di jam 14 teng gaes, kebayang gimana ramainya kan, kemarin aku coba jam 14 teng dan eror hihihihi so please kasih jeda waktu dulu yah .. 
  4. Ikuti 6 step di atas, kudu sabar di bagian pemilihan lokasi ya, karena kemarin aku perlu log in ulang sampai 3x sampai akhirnya muncul lah lokasi yang aku mau yaitu MPP Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta,
  5. Pilih tanggal yang ada, cek baik-baik quota yang tersisa di setiap tanggalnya,
  6. Pilih waktu yang cocok sama kamu, kalau ternyata waktu yang cocok sama kamu udah gak ada semua ya terpaksa kamu harus pilih kuota waktu yang ada gaes .. atau .. masuk ke kantor imigrasi yang lain ..
  7. Setelah berhasil dapat nomor antrian, langsung screenshot ya!

Tips Perpanjang Paspor Di Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta

MPP itu lokasinya sangat strategis! Mungkin tujuannya emang untuk me dekati area kantor ya? Jadi kebayang kan gimana strugglingnya saat mendaftar?

Tentang lokasi kenapa pilih MPP. Ya karena strategis dan dekat. Apalagi dari aku tinggal di area Epicentrum, tinggal ngesot ya kan 😀 tapi karena aku dapat jadwal jam 14 ya panas gaes .. jadi manja pesan go-car yang ternyata lagi promo disc 10K per trip jadi PP aku Cuma habis 6rb 😀 ulala … Alhamdulillaah ..

Meski jadwalku jam14, niat awalnya sih aku mau datang lebih awal yaitu jam 13.15, eh ternyata pas sampai lobby dan nunjukin bukti pendaftaran online ke petugas, langsung dikasih nomor antrian. Waw .. cepat ugak! Langsung dipersilakan naik ke lantai 3 .. Nah ngomong-ngomong tentang naik ke lantai 3, tetap ada beberapa kendala gaes untu proses perpindahan lantai jadi, berikut tips untuk kamu yang akan perpanjang paspor di MPP ya! Biar cepat dan terkendali!

  1. Siapkan berkasnya dan pastikan sudah lengkap : paspor lama, e-KTP, fotokopi paspor lama dan fotokopi e-KTP, dan bawa cash sesuai jumlah biaya paspor yang kamu inginkan,
  2. Datang seawal mungkin, aku datang 45 menit sebelumnya, langsung masuk ke pintu kaca. Persis sebelah kanan ada petugas dan mesin registrasi,
  3. Tunjukkan bukti pendaftaran online kamu untuk perpanjang paspor, petugas akan membantumu untuk mengambilkan nomor antrian,
  4. Langsung menuju lantai 3 melalui lift. Kalau liftnya full, kamu bisa menuju tangga darurat dan naik manual saja ke lantai 3,
  5. Penting : jangan naik melalui tangga gedung ke lantai 2, karena antrian lift di lantai 2 lebih amazing daripada di lantai 1. Saran : langsung naik tangga darurat dari lantai 1 ke lantai 3,
  6. Setelah sampai lantai 3 langsung masuk, menyapa reception, dan kursi antrian ada di sebelah kanan,
  7. Duduk jangan terlalu jauh dari loket ya, supaya bisa kelihatan kalau kosong, ingat-ingat nomor antrianmu,
  8. Jangan mainan HP saat menunggu giliran, karena bisa membuat kamu gak denger ketika dipanggil kalau terlalu fokus di HP gaes.
Begitu masuk lobby, langsung kelihatan di kanan ada mesin pencetak tiket ini.. Tunjukkan bukti pendaftaranmu dan petugas akan membantu mencetak tiketmu.
Hahaha nomor 3054 berasa panjaaaaang penantian ..

Kesel Tapi Lucu

Ada cerita kesel yang sekarang kalau diceritakan malah jadi lucu gaes 😀 Jadi begini .. aku sotoy banget dah! Saat datang dan meminta nomor antrian, aku langsung menuju toilet yang sebenarnya sudah menuju lift, kulihat antrian panjang ya .. jadi berpikir daripada aku lama nunggu lift mendingan aku naik tangga. Kembalilah aku ke tangga gedung yang di depan tadi, eh ternyata itu Cuma sampai lantai 2 aja, gaes! Hihihi .. jadilah aku kudu diam di depan lift … Lama lama lama ..setiap kebuka liftnya selalu full .. akhirnya “OK aku mau tanya dimana itu letak tangga darurat” dan semua petugas loket di lantai 2 sibuk gaes wuwuwuwuwuu nunggu dulu deh sampai ada petugas yang mau ke toilet aku cegat “Mbak, tangga darurat ada di sebelah mana ya soalnya liftnya lama” lalu ditunjukkanlah ..

Memang gak ada tulisan tangga ke kanan gaes, tapi posisinya adalah begitu kamu mengarah ke lift kamu langsung belok kanan saja .. mentok, lalu ke kiri, mentok, lalu lihat kanan ada pintu, nah masuklah kau ke situ kelihatan deh tangganya 😀 bingung ? Aku gambarin deh denahnya, seperti ini ya :

Hahahaha biarkanlah aku saja yang sotoy ya .. kalian jangan 😀

Pas aku perpanjang kemarin, pas banget sampai di depan loket pas nomorku last call dan udah diganti nomor berikutnya. Oh so sad .. L Lalu aku dadah-dadahin petugasnya dengan nunjukin nomor antrianku dan langsung lega karena dia bilang : Setelah ini ya . yeay .. gak harus jadi belakangan .. yes!

Ini penampakan Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta

Ada beberapa motor yang diparkir di depan MPP, tapi tidak yakin apakah itu tersedia untuk umum?
Pintu kaca menuju lobby dan mesin pencetak tiket antrian .. Ada tempat tunggu yang nyaman.
Ketika aku berinisiatif naik ke lantai 2 karena antrian lift panjang
Itu tangga utama, namun hanya sampai lantai 2
Ruang pelayanan di lantai 2 yang luas, nyaman dan dingin
Menunggu lift di lantai 2 yang lama banget dan selalu full. Jalan menuju ke tangga darurat ada di sesudah lift sebelah kiri itu.

Proses Perpanjangan Paspor

Waktu aku sampai di lantai 3, kebetulan Cuma ada 2 orang yang hadir, maklumlah belum juga jam14.00 kan, dan bagus banget karena ternyata sudah bisa mulai bahkan sebelum jam jadwalnya.

  1. Pengumpulan Berkas dan Pemilihan Jenis Paspor

Setelah diminta tunggu 1 orang, aku langsung dipanggil dan dimintai berkasnya. Setelah dicek, memang sudah ada namaku di kertas yang dipegang petugas.

Loket layanan imigrasi online paspor RI. Petugasnya sangat ramah.

“Ibu mau jenis paspor yang mana?”

Yang e-passport ya, Pak

“Tapi ibu tidak ada rencana pergi kemana-mana kan dalam 2 bulan ke depan? Karena sistem sedang eror jadi pembuatan e-passport jadi jauh lebih lama”

(Gubrak!) mmmm … enggak 7-9 hari ya Pak? Kita bisa dapat nomor paspornya dulu gak pak ? karena perginya sebenarnya masih November sih, Cuma harus beli tiketnya bulan ini ..

“Tidak bisa bu, apa mau yang biasa aja? Itu 2 minggu”

(waw!) Yang biasa pun 2 minggu ? Yasudah pak, tetap e-passport aja, tidak apa-apa siapa tahu besok sistem sudah beres.

“Baik bu, sudah mantap ya! Kami tidak akan bisa berbuat apa-apa kalau Ibu pengen ambil paspor-nya”

Siap pak!

“Baik silakan tunggu dipanggil untuk wawancara dan foto ya”

Akupun kembali duduk dan menunggu giliran. Sekitar 5 menit kemudian, sudah dipanggil.

Sepi dan nyaman menunggu panggilan wawancara, hihihi

2. Wawancara dan Foto

“Silakan duduk, Bu. Silakan rapikan rambut, bisa berkaca pada cermin ini”

Cerminnya nyaris gak keliatan gaes, kirain itu cermin hiasan yang menempel di meja hihi tapi tetap berguna kok, at least bisa lihat make-up gak belepotan 😀

“Siap ya, muka ditegakkan, lihat ke lensa. 1,2,3”

Cekrek

“Oke sekali lagi ya bu, 1,2,3”

Cekrek

Setelah sesi foto selesai, petugas meminta saya untuk scan sidik jari dan jempol semuanya kumplit. Lalu mulai menanyakan alamat tempat tinggal, kerja dimana dan keperluan membuat paspor untuk apa.

“Ibu memilih e-passport ya berarti lama gakpapa ya bu, bisa sebulan lebih lho”

Iyes saya sudah mantap!

“Baik, silakan dibawa lembaran ini ke Bank DKI di lantai 2 untuk membayar cash sebesar 650 ribu rupiah. Sudah bawa cash ya?”

Sudah. Baik. Untuk pemberitahuan sudah jadi paspor-nya bagaimana Bu?

“WA saja ke nomor ini, aktif nanya ya bu, supaya ketahuan statusnya”

Baik, makasih.

Lembar yang diberikan ke kita sesudah wawancara. Ini informasi untuk follow up.

3. Pembayaran Biaya Perpanjang di Bank DKI

Untuk ke lantai 2 dari lantai 3 ofcourse aku pilih lewat tangga hihihi lebih cepat, dan langsung dipanggil sama petugas dari Bank DKI, “Ibu, lewat sini ya silakan”

Bank DKI di lantai 2 persis sebelah tangga utama.
Security akan membantu mengambil nomor antrian
Sabar menanti sampai no.12 dipanggil ke loket 1. Jangan lupa, harus cash ya gaes

Langsung dikasih nomor antrian, tak sampai 5 menit sudah dipanggil. Setelah bayar cash 650 ribu rupiah dan diberikan tanda terima sudah bisa langsung pulang. Simpan baik-baik bukti pembayarannya karena itu akan dipakai untuk ambil paspornya nanti ya!

Selesai tahap perpanjangan. Sampai rumah langsung simpan nomor WAnya 081381710123 dengan nama : Gateway Servis Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Pengambilan Paspor di MPP DKI Jakarta

Tanggal 28 Juni 2018 aku mendaftar untuk memilih tanggal 1 Juli 2019 jam 14.00 sebagai jadwal perpanjangan paspor-ku, dan sesudahnya aku langsung pergi ke berau selama 5 hari. Balik dari Berau tanggal 7 Juli 2019 langsung coba WA ke no WA Kantor Imigrasi Jakarta Selatan dengan mengetik nomor pengajuan paspor, dan ternyata statusnya adalah seperti ini. hiks masih dala proses, but gakpapa soalnya yang pertama aku perlukan adalah no paspos yang baru untuk pesan tiket. Rejeki gak kemana gaes, harga tiketnya masih harga promo .. alhamdulillaah ..

Hari berikutnya kucoba iseng untuk mengirimkan WA yang sama. Dan .. masih dong dalam proses ahahah .. gakpapa lah, kan disuruh aktif ya . Dan akhirnya sore hari tahu-tahu dapat WA seperti ini dari Imigrasi .. ah .. asik!

Jadilah pagi-pagi jam9 pergi ke MPP untuk ambil. Tak lupa membawa bukti pembayarannya.

  1. Langsung menuju ke lantai 3 dan bilang ke reception kalau mau ambil paspor,
  2. Langsung ke loket untuk mengumpulkan bukti pembayaran,
  3. Menunggu dipanggil,
  4. Menerima paspor >> mengisi buku serah terima paspor.

Seru deh! Karena ternyata date of issuednya adalah tanggal 4 Juli! Berarti prosesnya memang cepat! Bayangkan .. pengajuan tanggal 1 .. tanggal 4 issued eheheheh .. dan tanggal 8 Juli sudah dipanggil untuk ambil ke MPP ..

Begitu sampai lantai 3 langsung masuk ke ruangan dan lihat ke kanan ada loket pengambilan paspor. serahkan bukti pembayaran dan kartu identitas.

Lalu kenapa petugas bilang sebulan lebih? Well .. better bilang lama kan daripada bilang sesuai jadwal tapi ternyata telat? So .. yang penting happy ending!

Dan paspor lama kita pun diberikan. Kalau terakhir perpanjang 5 tahun lalu, paspornya diambil .. dan hanya diberikan paspor yang baru ..

Tangan kanan : paspor elektronik (e-passport) , tangan kiri : paspor biasa (paspor saya yang lama)

Apakah syaratnya sama untuk KTP luar Jakarta?

Well actually.. E-KTP aku adalah Yogyakarta. Dan kemarin hanya ditanya : domisili dimana? Kerja dimana?

Tidak ada harus bawa surat keterangab apa-apa. Tapi jika kamu ragu bisa juga minta surat keterangan kerja dari kantor yah..

Gimana ?

Gampang dan cepat kan ? Yuk cuz! Siap-siap perpanjang paspor kamu di MPP DKI Jakarta! Bisa juga kamu ganti e-passport di sana ..

Tambahan info tentang MPP

Toiletnya bersih banget! Ada di lantai 1, dari ruang tunggu lurus aja, ada pintu menuju lift, lalu belok kiri..

Semoga tulisan ini berguna ..

Jangan lupa follow akun socmed aku ya gaes! Karena di sanalah update terbaru setiapsetiap info dariku lebih cepat diakses! Ada : Instagram , Facebook , dan Twitter

Makasih sudah baca sampai akhir! Sampai ketemu di blog post selanjutnya ya! Have a good day, gaes!

Salam,
Sofia

6 thoughts on “Gampang dan Cepat Perpanjang Paspor Kadaluwarsa di Mal Pelayanan Publik (MPP) DKI Jakarta

  1. Wah! Praktis banget ya perpanjang paspor jaman sekarang! punyaku habis bulan januari, udah perlu perpanjang supaya aman liburan.. thanks infonya! Kebetulan MPP deket dari rumah hihihi..

    1. Iyaaa banget! Jangan lupa download dulu aplikasi dan registrasi ya biar pas jumat siang mau daftar antrian udah aman! Makasih udah mampir yaa… Good luck!

  2. Waks! Kemana aja kamu ceu! Gak pernah update! Sekalinya up blog post ee eeehhh yang kutunggu tunggu! Haha ..

    Berarti enak banget sekarang ya tinggal bawa e-KTP sama paspor lama. Aku udh mau expired 2 bulan lagi! Kudu cuzzz nih daftar online

    E-passport 650K lumayan juga yaaa. Tapi worth it la ya karena sangat memudahkan saat cari visa!

    Meluncur download aplikasi antrian paspor online! Makaciiii infonyaaa

    Luv

  3. Sumpeee de ceu, kumplit bener! Haha tapi kalo aku jadi kamu juga pasti pilih lewat tangga pun ya yang keliatan si, a.k.a tangga utama jd bakalan sama sama kezel tapi lucuk..

    Harganya ok juga btw, kalo pake calo juga sama kayak kalo bikin e-passport dan cm dpt yg biasa.

    Ah thanks God sudah dibuat sistem yang lebih praktis

    1. Hahahha thanks! Sekedar berbagi pengalaman kan dan semoga bermanfaat! Seneng kan sekarang makjn dimudahkan …?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *