EDUKASI · HEALTH · LIFESTYLE

Selalu Sedia Insto Dry Eyes, Ku Tak Takut Lagi Mata Kering!

Yakin matamu tidak pernah mengalami kekeringan?

Siapa yang tak percaya mata bisa jadi kering? Memang pasti tidak masuk akal sih, kita kan selalu otomatis berkedip ketika mata kering, ya kan? Mata juga punya yang namanya air mata, jadi mana mungkin sih jadi kering? Hehehe, aku pun tadinya merasa begitu, tapi lambat laun aku mulai paham kalau mata bisa jadi kering karena aktifitas sehari-hari yang kita jalani! Yuk simak ceritaku tentang mata keringku dan bagaimana aku berkenalan dengan insto dry eyes!

Mata Kering atau Iritasi sih ?

Sebelum kita bicara tentang mata kering, apakah kamu sudah tahu bedanya mata kering dengan iritasi? Kita pasti lebih familiar dengan mata yang terkena iritasi daripada mengalami kekeringan ya kan ? Coba simak tentang perbedaan iritasi mata dan mata kering yang kubaca di Website Insto!

Iritasi mata

Konjungtivitas karena iritasi sering disebut dengan pink eye, gejalanya sangat mirip dengan mata kering lho, tapikalau iritasi itu ada rasa gatal disertai dengan sensasi terbakar di mata dengan gejala mata berair. Gejala ini biasanya terjadi setelah mata kita kemasukan benda asing sebagai reaksi dari sistem kekebalan tubuh.  Reaksi imun inilah yang membuat antibodi, dan melepaskan zat histamin dan senyawa lainnya yang menyebabkan mata menjadi gatal, merah dan berair.

Penyebab yang paling sering terjadi sehari-hari antara lain penggunaan lensa kontak yang kurang bersih, paparan kosmetik (kontak dermatokonjungtivitis), alergi mata musiman (saat kemarau dimana jamur dan serbuk sari tumbuhan berterbangan di udara), dan alergi mata berkelanjutan (dapat terjadi sepanjang tahun). Penyebab alami lainnya bisa juga karena mata kemasukan debu, tungau, parfum, rokok, polusi udara, air klorin, dan obat-obatan tertentu. Pasti kamu sering mengalaminya kan…?

Penyebab mana yang paling sering kamu temui?

Mata kering

Mata kering (dry eye) merupakan kondisi dimana air mata tidak dapat memberi pelumasan yang memadai untuk mata. Kelenjar air mata tidak dapat menghasilkan cukup air mata, sehingga tidak dapat menepis debu atau benda asing yang masuk ke dalam mata. Akibatnya, kamu merasa tidak nyaman, mata terasa sepet, perih, dan merah. 

Mata kering itu kira-kira rasanya mata seperti berpasir,ada  gatal juga  ataupun seperti terbakar. Rasanya ada sesuatu di mata dan membuat penglihatan sedikit kabur, tapi seperti tidak ada apa-apa jika dilihat di cermin. Itulah gejala mata kering yang terjadi saat mata tidak menghasilkan cukup air mata. Mata rasanya sepet dan lelah!

Kebiasaan Sehari-Hari yang Membuat Mataku Jadi Kering

Ada beberapa hal di kehidupan sehari-hari yang sering aku lakukan dan ternyata memberikan efek kurang baik untuk mata. Kebiasaan ini sebagian besar sulit untuk dihindari, karena meninggalkan salah satunya bisa berarti membuatku jadi tidak maksimal bekerja setiap harinya. Ini nih yang sering aku lakukan yang ternyata memberi efek kurang baik untuk kesehatan mataku:

1.Kebiasaan Naik Motor Setiap Hari

Baik di Jakarta maupun Jogja sudah sangat macet, karenanya aku lebih senang naik motor daripada mobil. Masker sih selalu pakai ya, tapi meskipun sudah pakai kacamata dan penutup helm, pasti angin dan debu tetap masuk .. Dan itu membuat mata jadi terasa sepet! Mata sepet ini ternyata termasuk ke dalam gejala dehidrasi lho! Padahal kondisi seperti itu kan otomatis mengeluarkan air mata, tapi ternyata tetap mengalami kekeringan, lho! Apa kamu juga mengalaminya?

2. Seharian berada di ruangan ber-AC

Hidup di daerah tropis, di Jakarta pula, pasti identik dengan ruangan ber-AC, ya kan? Baik di rumah, di kantor ataupun di area publik, sebagian besar semua sudah menggunakan AC. Dimanjakan dengan udara sejuk dalam ruangan sebenarnya tanpa disadari juga membuat kulit kering, apalagi mata. Dan lama-lama mata jadi merah dan berair, terasa banget mata perih!

3.Seharian berada di depan laptop/komputer/handphone

Baik saat bekerja siang hari di kantor maupun saat lanjut malam hari di rumah mengejar deadline tulisan, pastinya tak akan bisa jauh-jauh dari komputer/laptop dan handphone. Layar monitor yang terang benderang memberikan efek pedas di mata dan lama-lama menjadi sepet dan kering. Biasanya mata pegel aku rasakan banget di sore hari menjelang selesai jam kerja.

4.Mengeringkan rambut dengan hairdryer

Tidak bisa dipungkiri, cuci rambut di pagi hari lebih sering dilakukan daripada malam hari tentunya. Dan dengan adanya hairdryer, semua jadi lebih mudah karena rambut akan lebih cepat kering dan jadi ditata rapi dan awet! Tapi hal ini juga memberi efek yang lumayan ke mataku! Mata jadi perih dan kering terkenal udara panas yang keluar dari hairdryer.

Gak takut seharian sama laptop karena Insto Dre Eyes pun selalu di sini!

4 hal di atas adalah yang sangat sulit kuhindari setiap harinya … apa kalian juga mengalaminya ?

Solusi Salah Saat Mata Lelah

Hal yang paling cepat dilakukan sebagai salah satu tindakan reflek saat mata lelah adalah mengucek mata! Duh padahal itu bukannya memberi solusi tapi malah bikin mata jadi semakin merah dan berair, bahkan malah tambah perih! Mata perih ini akan berefek panjang jika terus memelihara kebiasaan buruk ini! Pasti memang awalnya susah untuk dilakukan, tapi itu tidak berarti tidak bisa! Ingat-ingat deh kalau mata itu penting jadi tidak boleh lecet sedikit pun! Karena dengan mengucek mata bisa menyebabkan sobeknya kelopak mata lho!

Resiko Mata Kering

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang berisiko mengalami mata kering, di antaranya:

  • Bertambahnya usia. Mata kering adalah bagian dari proses penuaan alami, rata-rata mereka yang berusia 50 tahun ke atas akan mengalami hal ini sebagai salah satu kemunduran kinerja kelenjar air mata,
  • Wanita lebih beresiko terkena mata kering daripada laki-laki, hal ini sebagai akibat dari perubahan hormon (diakibatkan oleh kehamilan dan penggunaan kontrasepsi.),
  • Konsumsi obat-obatan yang mengandung zat tertentu, seperti: antihistamin,dekongestan, obat tekanan darah, dan antidepresan dapat mempengaruhi produksi air mata.
  • Kondisi medis tertentu, antara lain rheumatoid arthritis, diabetes, dan masalah tiroid,
  • Kondisi lingkungan sekitar kita, seperti terkena paparan asap, angin serta iklim yang kering dapat meningkatkan penguapan air mata,
  • Kurang berkedip saat sedang bekerja di depan layar komputer bisa menyebabkan cepatnya penguapan air mata,
  • Faktor medis lain, seperti menjalani operasi Lasik. 

Lalu bagaimana cara mengatasi mata kering yang benar?

  1. Terapi mata kering tidaklah sudah, di antaranya adalah dengan pemberian air mata buatan, tujuannya untuk meningkatkan produksi air mata, dan mengobati radang kelopak mata atau permukaan mata yang berkontribusi pada mata kering. 
  2. Buat aku (dan mungkin kamu) yang menjalani 4 keseharian tadi, tentunya gak bisa dihindari, tetapi bisa dikurangi. Tetap istirahatkan mata dengan menjauh dari aktifitas dan memejamkan mata sejenak.
  3. Minum air putih yang cukup setiap hari usahakan 2Liter,
  4. Saat rasanya sudah terganggu banget, aku meluncur ke drug store beberapa bulan lalu dan disarankan untuk memakai Insto Dry Eyes. Baru denger sih kalau insto ternyata ada varian ini juga! Dan sesuai namanya, obat tetes mata ini memang dapat mengatasi gejala mata kering. Insto Dry Eyes, merupakan varian baru dari Insto yang memiliki bahan aktif untuk mengatasi mata kering yang sudah 3 bulan ini selalu ada di tas aku.
Selalu sedia Insto Dry Eyes di pouch dalam tas!

Gimana .. ?

Sudah mulai paham kan perbedaan iritasi mata dan mata kering ? Sekarang sudah tahu dong kalau mata pegel itu sebabnya apa ? Sudah tahu juga ya kalau mata perih sebaiknya bagaimana? Apa yang harus dilakukan saat  mata lelah mulai berasa? Dan sudah tahu juga bagaimana cara mengurangi mata sepet?

Teteskan Insto Dre Eyes untuk menyejukkan mata kering!
Siap berhadapan dengan kegiatan outdoor bareng Insto Dre Eyes!

Lebih lengkap tentang informasi seputar mata kering bisa kamu cek Di sini! Semoga tulisan ini bisa menginspirasi ya! Sampai ketemu di blog post selanjutnya!

Salam,
Sofia S Dewi

One thought on “Selalu Sedia Insto Dry Eyes, Ku Tak Takut Lagi Mata Kering!

  1. Sejak bulan lalu ngikut kamu beli insto dry eyes di k24 itu, udah repurchase 2x sampai sekarang wkwkwkwk . Berasa bedanya sih sekarang terutama kalo sore. Mata sepetnha berkurang tante!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *