PERSONAL · QUOTE

Kondisikan Jiwa Dan Raga di Pandemi Covid-19, Mari Survive Bersama di Masa Sulit!

Halo, selamat pagi, teman-teman! Selamat Menyambut bulan Juli, ya! Juli Kali ini sangat berbeda dengan tahun lalu tentunya, dalam balutan pandemi, di tengah normal baru, semoga Kita selalu diberi kesehatan jiwa Raga ya! Nah, ngomong-ngomong tentang kesehatan jiwa, mentally, ternyata tidak sedikit yang terguncang kondisi ekonominya di Masa pandemi ini. Aku menjumpainya di beberapa WAG, banyak teman yang dia atau suami/istri kena potong gaji 30% bahkan PHK. Dan ternyata seluruh dunia pun mengalaninya. Apakah kamu termasuk Salah satunya?

Jangan patah semangat, teman-teman! Kita memang sedang dalam Masa sulit, tapi sebagai manusia Kita sangat spesial, lho, dibanding ciptaan Tuhan yang lain. Aku Juga akhirnya memutuskan untuk tidak bekerja sejak Mei 2020 dengan segala pertimbangan. Waktu itu Aku berpikir tidak akan ke Jakarta selama pandemi, jadi praktis sejak Februari – Juni, Aku di Jogja aja.

Aku terlihat tenang Dan happy-happy Aja ya? Memang  Aku pribadi lebih Suka mengajak teman-teman untuk semangat. Aku Akan share sebuah tips.. sebuah “mantra” .. supaya kamu semangat Dan punya ide untuk menggali lebih dalam tentang diri sendiri. Simak ya!

Kenali dirimu sendiri.

START from where you are!

Coba kenali dulu dirimu masing-masing. Dimana kamu berada sekarang. Tidak Ada yang salah dari memulai semuanya dari nol. Dan tidak Ada waktu yang tepat untuk menunggu Kita siap memulai, Kecuali saat seperti ini.

Aku ‘terkunci’ di Jogja, dengan lapangan pekerjaan yang Aku tidak menguasai networknya. Aku familiar dengan network Jogja itu tahun 2001-2012, sesudahnya, nol besar, hehe. Karena lebih banyak di Jakarta. Dan Aku selalu merasa, kalau di Jogja Aku berada di zona nyaman, jadi aku selalu ingin merantau.

Bagaimana Aku menjalani Februari – Juni 2020 ? Well, di awal pandemi, Aku diijinkan untuk full berada di Jogja hingga April 2020, tentunya rasanya gimana gitu ya semacam ‘magabut’ (macam gaji buta) meskipun tetap Ada pekerjaan yang Bisa dilakukan. Meski aku hanya menerima 50% gaji, dengan berada di Jogja, semua tidak masalah, Karena Aku tidak perlu membayar sewa tempat tinggal, jajan makanan, transport. Aku hanya perlu memikirkan internet, pulsa Dan asuransi.

Lalu bagaimana dengan Mei-Juni 2020 Setelah tidak bekerja? Aku sejak dulu memang tidak selesai di bekerja kantoran saja, di rumah, Ibuku Ada usaha kuliner. Jadi mulai Mei, Aku membantu ibu untuk usahanya ini. Lumayan, emping Bumbu Bawang Ibuku yang dijalani sejak tahun 1998 ini banyak dibeli reseller di Jogja.

Dan untuk katering, Karena ini musim nikahan, tapi tidak Ada pesta, jadi Aku membuat beberapa paket untuk Nasi box sebagai hantaran untuk dibagikan ke undangan yang tidak Bisa datang ke rumah. Dan itu Juga ramai. Karena Aku tidak boleh Hanya memikirkan diri sendiri, katering dapur Mbah Dukuh itu mengajak tetangga yang menganggur untuk bekerja, jadi jika kami dapat orderan, mereka Juga bisa makan. Karenanya Aku tidak boleh membiarkan ini sepi.

Yang kami jual di akun @dapurmbahdukuh antara lain : emping Bumbu Bawang (Rasa original, manis Dan manis pedas), Abon ayam, serundeng, kerupuk karak, ketan kolak apem untuk hajatan, Ayam kremes utuh, Nasi box akikah, tape ketan + emping, Nasi box, Nasi tumpeng, Dan makanan lainnya yang jadi menu masakan Indonesia.

@dapurmbahdukuh

Seperti Aku, kamupun pasti Bisa. Aku yakin, pasti bisa. Yang penting, kamu Bisa ‘berkaca’ untuk mengenali diri sendiri dengan jauh lebih baik. Memutar akal Dan mengamati sekitar : apa ya yang Bisa mendatangkan yang? Jangan malu! Jangan minder! Jangan takut! Tuhan itu pasti Akan Bantu kamu buka jalan.

Just USE what you have!

Apa yang kamu punya? Luangkan Hari untuk memikirkannya, yuk! Apa kamu punya Modal? Skill? Niat? Ide? Coba dicatat, buat list-nya. Pelan-pelan, pikirkan yang Ada di rumah atau lingkungan keluarga.

Sebagai contohnya, Aku lagi dulu ya, aku kemarin Habis beberes lemari Dan kontainer, ternyata Ada banyak baju, buku, mainan, yang Aku jarang pakai lagi. Aku pilihin sebagian yang Bisa kukasih ke tetangga/keponakan, sebagian lagi Aku preloved di Carousel . Kalau kamu tidak terbiasa menjual barang bekas pakai, kamu Bisa memulainya. Mana tahu Ada yang perlu. Aku menggunakan ekspedisi wahana untuk mengirimkan produknya Karena murah Dan cepat untuk area Pulau Jawa.

Memberikan barang bekas pakai ke sodara atau tetangga memang bagus banget, tapi sebagian Bisa kamu jual Juga. Aku menjual beberapa kosmetik Dan skincare Yang Aku baru pakai 10% Dan udah jarang pakai tapi tanggal kadaluwarsa nya masih jauh, Paling tidak 6 Bulan ya. Cobain deh.

Untuk yang terdekat, kamu Juga bisa beli bibit2 sayuran. Untuk kegiatan di rumah sekaligus untuk supply makanan di rumah. Yang mudah ditanam di rumah: bayam, kangkung, daun bawang, seledri. Cobain yah!

DO what you can!

Yes! Kerjakan apa yang kamu Bisa! Kamu Bisa masak? Buat makanan! Kamu Berbakat jualan? Jadi reseller!

Aku Ada beberapa contoh teman-teman yang Juga melakukan banyak Hal yang Bisa menghasilkan uang, coba simak ya siapa tahu kamu mau order, mau resell (coba kontak mereka) Dan siapa tahu jadi dapat ide!

Contoh pertama, teman baikku, Mbak Silvi dan Mas Dhanito yang baru menikah Desember Lalu. Suami istri ini kreatif banget , banyak menjalani bisnis event Dan dekor. Di tengah pandemi ini tentu saja keadaan sulit. Dengan Tabungan yang masih dimiliki, akhirnya mereka membuat bisnis kuliner online namanya malmilcemil . Tentulah Aku belum Cobain, Karena mereka tinggal di Bekasi Dan pergi ke Jakarta seminggu 2x untuk drop orderan. Rame lho! Aku lihat selalu sold out PO-nya. Seneng lihatnya!

Feed Instagram @malmilcemil !

Ada contoh kedua, Mas Adi, pemain viola yang Aku kenal di Jakarta sejak 2007 saat Aku masih di dunia label. Sejak pandemi, Akhir Februari, dia memutuskan untuk pulang ke Jogja Dan melepas kesempatan dapat job, lumayan lho sekali bekerja menggesek alat musik, fee nya Bisa setara UMR Jogja lah minimal, tapi dia lepas, menurutnya demi keamanan dia dan keluarga. Sama ama Aku. Lalu apa yang dia lakukan untuk menopang ekonomi? Dia Dan istrinya menjual frozen food di Adhitafrozenfood dijual di Jogja. Banyak banget yang dijual mulai dari kentang, sosis, scallop, makanan Jepang, bahkan kadang Ada buah Leci. Bakalan diantar langsung ke rumah dengan ongkos kirim yang lebih murah dari kurir online, jadi sekalian kasih tambahan rejeki Juga buat dia.

Ada juga nih contoh ketiga, Kania Dachlan, teman baikku yang kalian pasti Juga kenal. Blogger Dan model plus size cantik ini menjual cemilan seru di @gabisaberhenti . Setelah sukses awal tahun 2020 membuka butik Shopalogy di Purwakarta Dan sejak pandemi jadi lumayan sepi, tentu kehadiran cemilan Dan sambel yang dijual kania jadi lebih ramai diorder Karena Kita masih Suka jajan ya! Aku udah Cobain sambelnya Dan iyes itu sedap!

@gabisaberhenti
@shopalogy

Dan.. keempat, Aku mupeng setengah mati sama banyak terobosan warung makan kesayangan Kita semua @alkisah.rasa yang sekarang punya kopi botolan sampai 1 liter Dan lauk pauknya yang dikemas frozen . Huhuhu .. mau banget! Aku praktis sudah 4 Bulan lebih tidak ke Alkisah yang berlokasi di Jl Guru Moegni ini, hiks ! Buat kamu yang berdomisili di Jakarta, Bisa gofood ya!

Contoh kelima Juga suami istri yang menikah Februari Lalu, ini jadi event terakhir aku membuat baju wedding sebelum pandemic outbreak, Yoan Dan Mas Jati yang membuat bisnis kuliner @dariyoan . Aku mupeng banget sama salad buah, sambal, Dan nasi box nya! Buat kamu yang Ada di area Jakarta Bisa belanja atau kerjasama ama Yoan tuh!

@dariyoan

Yang ke-enam nih, Ada Vina Sagita, teman baikku yang lain, yang sudah lama punya akun jualan sabun buatan sendiri di @saboon.id ! Vina ini baik banget, lho, gak cuma jualan sabunnya, tapi Juga mengadakan workshop! Jadi kamu Bisa belajar membuat sabun Dan menjualnya lho! Ayo.. ini pas mau Ada workshop Juga langsung cek Instagramnya ya!

Yang ketujuh, favoritku! Agnes Dan Peter yang bikin Kopi Dan Tanaman . Mereka berpusat di sekitar Taman Rasuna, membuat cold brew coffee Dan sering berkolaborasi sama banyak usaha kuliner lainnya di Jakarta. Juga membuat bisnis tanaman yang laris banget di Masa pandemi ini. Kamu Bisa kepoin akunnya ya!

Ke-delapan Ada Leoni, temanku, kamu Juga pasti dah tahu ya, blogger Dan selebtwit asal Surabaya ini Juga sama kayak Aku Dan Mas Adi, melepas kesempatan di Jakarta sementara ini, Dan mencari uang dari rumah kami. Leoni membuat @secretbites.id Dan @secretfit.id yang Juga usaha kuliner. Langsung cuz ke IG nya ya! Aku mupeng, nanti kalo ke Surabaya akan cicipin Wis!

Ke-sembilan Ada teman baik sejak masih di label, Mas Julee ex istara Dan Suska yang membuat bisnis kuliner sambal rumahan yang maknyus! @mbokayu.id ini wuenak banget!

Sepuluh! Ada Dewi Ratna yang kukenal sejak masih Bantu Cakka Nuraga dulu banget, ya! Dengan banyak chariti-nya bikin Masker sampai bikin @dapurmagis

Aku seneng banget dikelilingi sama teman-teman yang membawa aura positif begini! Jadi semangat terus! Sering kalo ke Jakarta Aku kumpul-kumpul sama mereka. Dan berharap Bisa segera berdiskusi bareng lagi! Buatku, ketemu sama teman-teman hebat yang survive di Masa sulit itu seperti recharge!

Terima kasih sudah membaca sampai selesai ya, teman-teman. Semoga tulisan ini Bisa menginspirasi. Semoga kamu selalu sehat, semangat, Dan pasti Bisa survive! Karena Kita adalah orang-orang yang kuat Dan bersemangat!

Stay safe! Stay healthy! Selalu jaga jarak! Sampai jumpa di blogpost berikutnya!

Salam, Sofia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *