BEAUTY · CLOZETTE INDONESIA · LIFESTYLE

Setahun Pakai Masker, Siapa Takut? Ini Rahasiaku Bisa #MaskneFree !

Hai! Sudah terbiasa dengan kebiasaan normal baru dong? Masih belum bisa adaptasi sama jerawat karena maskeran? Wah.. aku dulu Juga begitu, tapi sekarang udah #MaskneFree nih! Gimana caranya? Penasaran? Yuk! Ikutin ceritaku sampai selesai, ya!

Apa Itu Maskne (Mask-Acne)

Sejak pandemi, di seluruh dunia, masker penutup muka menjadi atribut yang wajib dikenakan saat beraktivitas khususnya di luar rumah, betul? Aku pribadi sebenarnya sudah terbiasa menggunakan masker karena biasa kemana-mana dengan motor atau kendaraan umum seperti bus atau kereta. Tapi ya frekuensinya tidak selama sekarang-sekarang ini, jadi tentu kulit wajahku pun dipaksa untuk beradaptasi. Nah, proses adaptasi inilah yang memberikan perubahan drastis di mukaku. Yaitu, datangnya jerawat, jerawat karena pemakaian masker inilah yang disebut Maskne.

Maskne atau mask acne merupakan jerawat yang terbentuk di area yang tertutup oleh masker, seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah. Sama seperti jerawat pada umumnya, tentu ya maskne dapat mengganggu penampilan dan bisa meninggalkan bekas jerawat yang menjengkelkan. Ini bisa membuat kita jadi kurang PD tentunya dan bisa bad mood deh..

Kamu Punya Masalah Dengan Maskne?

Aku pernah bermasalah sama Maskne saat awal-awal kuliah, aku naik motor jarak jauh, itu membuat mukaku keringetan dan tertutup sama masker yang kupakai di perjalanan. Itu hanya aku pakai 30-60 menit lho selama sehari. Jangan ditanya, bagaimana aku di awal pandemi, waduh.. kacau hihihihi.. jerawat di sekitar pipi dan dagu ada banyak banget!

Kamu punya masalah yang sama? Tenang, aku punya pengalaman yang bisa aku sharing untuk kamu! Karena sekarang, kulit muka aku sudah jauh membaik karena aku sudah Paham betul dengan berkomunikasi dengan diri sendiri khususnya kulit mukaku.

Aku memahami satu hal dari Maskne yang aku alami di beberapa bulan awal pandemi, yaitu aku sudah terbiasa dengan rutinitas sehari-hari lalu langsung aku paksakan masuk ke normal baru tanpa merubah rutinitas, dalam hal ini, make up full.

Apa hubungannya rutinitas make up pagi dengan Maskne? Jelas Ada dong. Kebayang gak sih, setiap pagi aku full make-up dengan step-by-step di masa normal sebelumnya, tentu akan jadi berat banget buat kulit muka karena jadi semakin susah bernafas, belum lagi kalau keringat mulai muncul.

Bayangkan, dalam kegiatan sehari-hari di Masa normal dulu saja, Kita sudah punya minyak, debu, bakteri Dan kulit mati di kulit muka yang Bisa menutup pori-pori. Lalu di kebiasaan normal baru ditambah masker muka, yang justru menutup muka Dan memperbanyak penutup pori lagi, aduh, akhirnya Aku menyadari “Ini dia yang membuat aku jerawatan”.

Setiap sesudah mandi sebelum tidur, aku lebih berlama-lama di depan cermin, mengamati kulit mukaku di setiap inchi-nya. Sedih banget kan kulit bersih dan sehatku jadi penuh bekas jerawat akibat Maskne. Dan sungguh aku minta maaf sama kulit, Karena sudah mengabaikan kondisinya. Lalu, aku harus cari solusi!

Solusi Untuk Kulit Muka Maskne Free

Ini beberapa rutinitas yang aku lakukan sebagai wujud menghargai kulitku biar bersih dan sehat kembali:

1. Bersihkan Muka Secara Teratur

Wajib hukumnya membersihkan muka minimal 2x sehari, di pagi dan malam hari, paling tidak ya saat kita mandi.

Di pagi hari, kita perlu membersihkan kulit muka untuk menghilangkan toxins dan sel kulit mati yang lepas di saat istirahat malam hari. Pastinya tidak banyak terlihat jelas dengan mata, tapi efeknya berasa, salah satunya dengan rasa segar dan kulit wajah yang glowing di pagi hari kan..

Di malam hari, kita perlu banget membersihkan kulit muka juga untuk menghilangkan kumpulan make up dan debu polisi di siang hari. Yakin sih kalo bersihin muka di malam hari berasa karena pasti di kapas terlihat jelas kotoran yang ditinggalkan.

Ada perlu tambahan satu kali lagi, yaitu setiap berkeringat berlebih atau sesudah menggunakan masker! Manfaatnya untuk apa? Untuk menghilangkan minyak berlebih, keringat dan bakteri sebelum mereka menyumbat pori-pori.

Gak mau kan, pori-pori kamu tersumbat, jadi berkomedo bahkan berjerawat? Ayo! Mulai sekarang disiplin membersihkan muka.

2. Tetap Gunakan SunScreen di Area Kulit Muka Yang Menggunakan Masker

Kita tidak boleh mengabaikan pemakaian sunscreen pada kulit kita. Karena paparan UV rays itu sangat berbahaya dan kuat sekali, bisa menembus masker, jadi kalau tidak pakai sunscreen di area yang kena masker justru sangat berbahaya ke kulit muka kita, lho..

Nah, kalau kamu khawatir pemakaian sunscreen bakalan bikin kulit jerawatan karena tertutup masker dan jadi semakin oily, kamu perlu memilih sunscreen yang sesuai untuk kondisi saat ini. Pilihlah sunscreen dengan filter UV tinggi, ada hypoallergenic, ada formula non-comedogenic dan tidak mengandung pewangi. Jadi akan ringan di kulit dan tidak semakin menyumbat pori.

Produk Skincare Yang Kupakai Selama Pandemi:

Seneng banget dapat kiriman dari Clozette Indonesia, dua produk Bioderma yang Aku butuhkan untuk sehari-hari!

Sudah 5 tahunan aku pakai produk Bioderma Sensibio H2O Micellar Water sebagai pembersih harianku, karena praktis membersihkan, melembabkan dan menutrisi kulitku di waktu bersamaan.

Dan sejak pandemi aku jadi kenalan sama Bioderma Photoderm Max Fluid SPF 100 sebagai  sunscreen harian aku untuk saat ada kegiatan di luar rumah, selama ke pasar, berolahraga atau aktivitas di luar ruangan lainnya.

Apa sih keunggulannya?

Bioderma Sensibio H2O Micellar Water

Micellar water satu ini, cocok banget untuk kulit normal dan sensitif. Dan yang paling penting, ini aman banget untuk area mata dan bibir, jadi sudah all in banget!

Bioderma Sensibio H2O Micellar Water ini menggunakan air bersih yang kualitasnya sama dengan air untuk medical injection lho! Jadi betul-betul air yang paling murni dan paling aman.

Suka banget sama segelnya Sensibio H2O, pastikan produk baru yang kamu terima tersegel tapi begini ya!
Mudah dibuka dengan tangan kosong, dan tetap rapi tanpa banyak sampah.
Se-pure itu Sensibio H2O ini, bening!

Yang kuingat banget, micellar water ini memiliki kunci manfaat yang bagus banget, di antaranya : 98% membersihkan make-up, 98% membersihkan partikel dan 78% membersihkan kotoran yang berat. Berasa sekali lho bersihnya di mukaku selama ini.

Bioderma Photoderm Max Fluid SPF 100 PA++++

Aku pernah menjalani masa-masa malas pakai sunscreen sebelum pandemi datang, dan sudah kapok banget! Karena bikin kulit jadi ada bintik-bintik hitam dan perih sekali kalau terlalu lama di bawah terik matahari.

Handy banget, dan pas masuk dalam tas. Next wajib dibawa traveling nih!

Setelah mengenal Photoderm MAX Fluid Bioderma ini, sudah berasa enak banget di kulit karena krimnya ringan, tidak pekat, Dan cepat meresap namun tidak kering.

Yang kusuka dari Photoderm MAX dan yang bakalan bikin aku stay untuk pakai terus : tidak membuat kulit oily dan tetap lembab, selain itu harganya terjangkau di kantong!

Dan yang bikin aku penasaran saat pertama kali coba adalah klaimnya yang menjanjikan proteksi maksimal pada bahaya UV rays terutama yang mengakibatkan sunburn, sun intolerance,etc dengan teknologi Biological Action Mechanism.

Aku biasa beli keduanya di SOCIOLLA karena selain lengkap dan dijamin original, Ada banyak banget promonya!

Nah, begitu ceritaku bersama Maskne yang udah gone karena disiplin bersihin muka dan rajin pakai sunscreen! Kalo kamu mau tahu lebih banyak tentang tips seputar perawatan kulit muka biar selalu bersih dan sehat, kamu bisa cek di @clozetteid @bioderma_indonesia ya! Lengkap infonya di sana.

BIODERMA #MaskneFree by #RespectYourSkin

Terima kasih sudah membaca sampai selesai, semoga tulisanku ini bermanfaat untuk semuanya ya. Sampai ketemu di blog post berikutnya! Sehat selalu, teman-teman ..

Stay Safe .. Stay Sane .. Stay right there! I’ll see you again soon!

Salam,

Sofia Dewi

3 thoughts on “Setahun Pakai Masker, Siapa Takut? Ini Rahasiaku Bisa #MaskneFree !

  1. Aku Juga pakai Sensibio udah mau 5. Taun, Adem Dan enak banget dipakai. Bahkan breakout berkurang Kak Dan jadi lebih cerah.. Itu pasti Karena sel kulit mati keangkat semua yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *