LIFESTYLE · PERSONAL

9 Tips Anti Bosan Selama Harus Di Rumah Aja!

Hai hai! Udah bulan September Aja nih, masih pada sehat semua Kan? Harus dong! Selama kita patuh protokol kesehatan Dan sebisa mungkin tidak keluar rumah kalau tidak penting, insya Allah, Kita survive sampai pandemi ini berakhir. Ya Kan?

Meski sudah 7 bulan di rumah saja, tapi sekarang pasti sudah bisa beradaptasi dengan baik ya? Gak bosan lagi Kan? Kalau masih bingung, mungkin kamu Bisa coba Cara saya mengusir bosan. Bahkan Bisa sekaligus menambah pemasukan bulanan lho! Menarik Kan? Baca sampai Habis untuk tahu tips Dan triknya!

Perubahan Besar di Tahun 2020

Apapun jenis kepribadianmu, entah itu introvert atau ekstrovert, pasti dalam lubuk Hati paling dalam sebenarnya excited sama Hal baru Kan? Jadi, memungkinkan untuk mengadopsi beberapa trik saya untuk mencegah Rasa bosan datang di Masa pandemi ini.

FYI, kondisi saya tahun 2020 Juga kurang beruntung dalam segi financial, jadi untuk teman-teman yang saat ini jobless please jangan berkecil Hati, karena Sejak Mei sayapun off dari kantor. Sejak Maret sudah di Jogja, kantor di Jakarta, Dan memilih untuk off. Memenuhi permintaan Ibu untuk stay di samping beliau saja. Jadi untuk kondisi yang penuh kejutan ini, saya pun tetap harus semangat lho!

Nah, Lalu apa yang saya lakukan selama di rumah aja? Smple Aja kok meski jumlahnya Ada 9 , ini yang saya lakukan selama 7 bulan terakhir, Dan sampai sekarang Alhamdulillaah saya happy Dan sehat2.

(1) manage waktu antara pekerjaan Dan keluarga

Di Bulan Maret – April 2020, saya masih WFH jadi cukup sibuk, tapi dengan gaji berkurang saja tentulah lumayan kasih “PR” untuk shock therapy. Tapi ternyata itu Juga sebuah kesempatan untuk saya jadi Bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama Ibu, literally.

Pagi Hari, saya menemani Ibu ke Pasar. Jam 10.00 -19.00 kadang lebih, bekerja. Tapi di jam makan siang saya Bisa makan Siang dengan ibu. Lalu malamnya saya membantu ibu mempersiapkan pesanan emping ataupun katering esok pagi. Diulang setiap Hari sampai 2 bulan.

Dan kebersamaan itu membuat saya jadi Bisa memaksa diri untuk cepat menyesuaikan diri Dan membaca situasi. Selama 2 bulan itu saya Juga putar akal untuk membantu ibu mengurus usaha Katering Dan empingnya, Dapur Mbah Dukuh.

(2) Membantu Usaha Keluarga

Nah, sejak 1 Mei saya sudah tidak ngantor, jadi waktu saya 100% free. Dengan kebiasaan 2 bulan melihat dari dekat kegiatan ibu Dan staffnya, saya jadi Paham harus membantu seperti apa.

Selama pandemi tidak ada pesta pernikahan maupun kumpul-kumpul lainnya, jadilah memang selama bulan puasa sampai lebaran, Dapur Mbah Dukuh tentu dapat cancel-an order ya, memang sih DP tidak kembali, tapi, sayang Juga kalau sampai gagal.

Akhirnya saya menawarkan kepada customer untuk tetap memesan makanan dengan budget yang dikurangi, diganti dengan hantaran untuk dikirimkan ke rumah tamu undangan. Dan saat lebaran, Ada hantaran makanan Hari Raya. Dan mereka setuju, jadi Alhamdulillaah, kami Bisa menyelamatkan kelangsungan usaha di rumah dan staff pun senang.

Orderan katering untuk acara buka puasa, syawalan Dan pernikahan tidak 100% batal, hanya berkurang ordernya, dari acara prasmanan berubah jadi paket hantaran Salam box. Yes!

Salah satu yang saya hidupkan kembali adalah menu Hantaran Ayam Kremes Jogja untuk pernikahan. Praktis Dan tamu pun happy!

(3) Keep In Touch dengan Klien dan teman-teman

2 tahun terakhir saya jarang sekali aktif di event blogger gathering atau launching product, karena kesibukan pekerjaan saya kemarin memang luar biasa. Saya Bisa Ada reguler work trip setiap bulannya, sehingga tidak berani menerima jadwal, takut bentrok. Tapi, saya masih keep in touch dengan klien. Masih sering WA-an atau komen-komen di IG post. Banyak yang Bisa diobrolin kok selain tentang pekerjaan..

Saya kadang masih Bisa terima product review, tapi tidak Bisa kalau hadir ke event ya. Nah di Masa pandemi ini tentulah sedih Juga meski sudah tidak bekerja tapi tetap tidak Bisa ikutan event haha karena di Jogja. Tapi Alhamdulillaah, dari Mei – Agustus Ada beberapa virtual event Dan tawaran untuk product review, jadi Ada pemasukan. Dalam benak saya, Ada target untuk bayar internet pribadi Dan listrik di rumah, yup, saya tinggal terpisah di paviliun. Jadi bayar listrik sendiri. Kalau makan masih disuplai ibu karena sekalian dari katering.

(3) Buat Agenda Olahraga Ringan dengan Keluarga

Nah, ini simple sekali, setiap pagi Kan bangun sholat subuh ya, itu langsung keluar rumah untuk jalan kaki keliling kampung, lumayan Bisa dapat 1,5km 1 putaran. Sudah menghaluskan waktu sekitar 45 – 60 menit. Sambil menikmati udara pagi, sambil ngobrol dengan ibu, Dan Bisa bergerak & berkeringat.

(4) Agendakan Masak Bersama Keluarga

Kebetulan ibu seneng masak ya, iyalah Kan Ada katering, jadi kesempatan untuk saya mulai aktifin lagi blog Dan sosial media dengan menu masakan sederhana yang bisa dimasak di rumah.

Ada beberapa menu yang simple untuk dibuat, termasuk untuk meredam rindu jajan di luar, seperti menu Internet Indomie Telur Kornet. Duh sedap!

(5) Investasi Tanaman Hias

Di Rumah sejak kecil sudah suka bercocok tanam, mulai dari Sayur, buah, sampai tanaman Hias. Ibu sempat stop koleksi tanaman Hias saat Ada alm Mbah di rumah, karena beliau kurang suka Ada tanaman di dalam rumah.

Nah sekarang saat saya sudah di rumah, kami mulai lagi! Lalu apa hubungannya memelihara tanaman hias dengan Investasi?

Jadi gini, saya ceritakan Berdasarkan pengalaman pribadi ya! Saat berhenti bekerja, saya masih mendapatkan gaji full, jadi sebagian masih Bisa dibelikan tanaman. Saya Cari tanaman yang disukai banyak orang tapi mudah dirawat.

Lalu saya beli Monstera Adansonii, Monstera Deliciusa, Syngonium Variegata Dan Calathea Blure Marx. Saya beli di Bulan Mei Dan pada Bulan Juni saya sudah bisa mendapatkan kembali uang pembelian tanaman itu bahkan dapat untung. Kok bisa?

Saya beli Monstera yang sudah tinggi Dan rimbun, supaya Bisa dipropagasi. Dan Setelah dirawat selama 2 bulan Bisa siap untuk diadopsi. Begitu Juga dengan yang lain.

Khusus untuk Investasi Tanaman ini akan saya Bahas di blog post terpisah ya minggu depan! Ini Bisa jadi salah satu tips Dan trik untuk mendapatkan penghasilan plus konten untuk blog Dan sosial media! 

(6) Agendakan Video Call Bersama Teman-Teman dekat secara berkala

Nah, ini buat saya Juga penting , karena siraman rohani sahabat itu semacam supplemen untuk jiwa hahaha setuju ya?

Jadi saya Ada agenda video call bersama teman-teman dekat 3x seminggu. Tentulah dengan orang yang beda. Dan saya Luangkan waktunya 1-1,5jam. Anggap seperti sedang hangout. It works, lho! Karena Bisa membuat saya semangat Dan seperti melihat dunia luar karena kami Juga sesekali menyertakan keluarga sebentar yang menyapa dari belakang.

(7) Mengajak Teman Menjadi Reseller

Nah kalo ini kaitannya sama win-win solution hehe … Jadi, teman-teman dekat saya baik di Jogja maupun di luar Kota Juga banyak yang penghasilan ya berkurang sementara cicilan tetap harus dibayar. Jadilah Harus Ada penghasilan tambahan.

Mereka menjadi reseller untuk emping Dan katering Ibu, sehingga saya sibuk merekap orderan , transferan, packing Dan kirim ke ekspedisi. Ini sangat happening di Bulan Mei-Agustus lho!

Alhamdulillaah lho! Jadi both Ibu Dan Teman-teman saya dapat pemasukan! Perfecto!

(8) Jastip Groceries

Ada gitu jastip untuk belanja kebutuhan sehari-hari? Pastinya Ada karena tidak semua orang mau keluar rumah terutama bagi mereka yang berada di usia rentan tertular.

Jadi biasanya malam Hari ibu-ibu yang mau nitip belanja di Pasar Akan memberikan list ke saya Dan besok dibelanjakan. Uangnya akan dibayarkan saat saya mengantarkan belanjaan. Hasilnya lumayan sekali, Bisa untuk belanjain sayuran untuk rumah hehe.

Dan seminggu sekali saya Akan open jastip untuk beberapa barang yang hanya dijual di supermarket. Sambil keluar rumah Bisa Juga membelikan barang lain asalkan sejalan. Karena saya takut Juga keluar jauh-jauh Dan Tak ingin berlama-lama.

Tentunya saya tidak sendirian, saya Juga mengajak teman-teman sebaya di kampung Dan kami team up untuk Hal ini. Jadi, semua kebagian.. happy Kan?

(9) Virtual Trip

Yes! Ini bagian terfavorit! Di weekend khususnya, saya biasanya melakukan virtual trip baik sendirian menelusuri daerah jauh melalui laptop atau gandget lain.

Kadang Juga via Instagram Live, Ada banyak sekali teman-teman yang mengajak virtual trip dengan IG Live, contohnya Mbak Ery via Apa Kabar Makassar ! Berasa dibawa jalan-jalan ke Sana lho.

Jadi buat Kita yang Haus liburan tapi gak berani keluar rumah ini ya pas banget buat mengobati! For free jalan-jalan virtual tetap Bisa menikmati suasana lho! Cobain deh..

Gimana? Gampang Dan simple Aja Kan 7 tips Dan trik yang kulakukan selama 7 bulan ini?

Semoga Bisa kasih pencerahan buatmu ya teman-teman, aslinya sih ini semacam curcol .. curhat colongan 😆

Makasih udah baca sampai selesai! Sampai ketemu di blogpost selanjutnya ya! Next post ini seru lho!

Salam, Sofia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *