BEAUTY · EDUKASI · HEALTH · LIFESTYLE

Ayo! Kita sama-sama jadi “Agent Of Change” Stop Pemakaian Kosmetik Bermerkuri!

Halo, teman-teman! Apa kabar kalian hari ini? Sudah memasuki weekend, WFHnya sudah beres semua ya? Saya ingin mengajak teman-teman untuk membahas sesuatu yang serius kali ini. Yaitu tentang anggapan salah yang sudah lama beredar di masyarakat bahwa “putih itu cantik” dan betapa berbahayanya kosmetik bermerkuri.

Seperti yang sudah teman-teman baca di instagram post saya beberapa waktu lalu bahwa kosmetik bermerkuri itu sangat berbahaya, tidak hanya bagi kulit tetapi bagi tubuh secara keseluruhan, dan kerusakannya bisa permanen lho!

Sehubungan dengan Kosmetik bermerkuri, hari rabu tanggal 16 September 2020 kemarin saya mengikuti talkshow webinar CosmeTalk tentang “Stop Kosmetik Bermerkuri – Petaka Di Balik Putih dalam Sekejap” ! Tertarik banget untuk ikutan webinar ini karena langsung menghadirkan pakarnya yaitu Dr. Penny K Lukito, MCP selaku Kepala Badan POM RI , Dra Maya Agustina Andarini, Apt, M.Sc sebagai Deputi Bidang Pengwasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik. Juga para dokter, yaitu dr Anggind G Andromeda (dokter Grand Lich)  seorang youtuber dan pengamat kosmetik, dan dr. Listya Paramita, Sp.KK sebagai Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Selain itu ada Vidi Aldiano dan Dhini Aminarti.

Dan sesuai dengan janji saya di IG Story bahwa saya akan sharing apa yang saya tangkap dalam Cosmetalk lalu kepada teman-teman semuanya, karena saya betul-betul ingin mengajak masyarakat dari yang paling dekat dulu yaitu teman-teman yang membaca tulisan saya. Dan please.. nanti share juga ke teman-teman lainnya ya ..

Bahaya Kosmetik Bermerkuri

Sebelum bicara lebih dalam, ada baiknya saya tanya dulu ke teman-teman.. Sudah tahu apa itu merkuri ? Merkuri itu apa sih ?

Planet yang terdekat dengan matahari ? benar.. salah satu membernya sailor moon? Hmmmm .. ya deh benar deh .. tapi bukan itu maksudnya ya, teman-teman.. hihihi beberapa yang komen di instagram kemarin seperti itu pengen kucubit karena guemessh 😀

Jadi .. ada 5 hal yang penting yang perlu kita ketahui tentang Merkuri, yaitu :

  1. Cairan logam perak / air raksa / hydrargyrum (Hg),
  2. Satu-satunya logam dalam keadaan alami pada suhu kamar berwujud cair,
  3. Warnanya keperakan, tidak berbau, mengkilap dan menguap pada suhu 37 derajat celcius,
  4. Tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara,
  5. Ditemukan pada produk kosmetik dan perawatan kulit karena mampu memutihkan kulit penggunanya
Sumber : BPOM RI

Penyebab kelima inilah yang akan kita bahas lebih dalam ya. Karena sudah jadi rahasia umum yang diwariskan turun temurun padahal pemahamannya salah kaprah! Anggapan masyarakat selama ini bahwa putih itu cantik dan menarik. Apakah karena pendapat tentang kesempurnaan fisik itu betul-betul sudah membutakan logika ya ?

Kenapa Masyarakat Memegang Teguh Prinsip yang Salah, yaitu “Putih Itu Cantik”?

Sampai saat ini saya sangat penasaran sebenarnya apa sebab pastinya masyarakat Asia khususnya Indonesia sangat mendambakan kulit putih? Dan berkaitan dengan ini saya memang melakukan beberapa wawancara ringan ketika saya melakukan perjalanan ke beberapa daerah di Indonesia sepanjang tahun 2016-2019. Dan inilah beberapa hal yang saya rangkum dari wawancara tersebut:

  • Sejak jaman penjajahan sudah ada pemikiran bahwa bangsa yang dihargai di dunia adalah bangsa kulit putih

>> benar juga ya, kita dijajah Belanda dan Jepang, memanglah keduanya kulitnya putih dan halus, sedangkan pribumi rata-rata sawo matang cenderung gelap.

  • Efek dari terlalu banyak menonton iklan maupun film di layar kaca, karena sejak dulu artis itu semua putih dan cantik dan ganteng.

>> ini juga benar juga ya setelah dipikir-pikir, selalu berkulit putih, berambut lurus, berhidung mancung, tentulah itu membuat minder masyarakat dan jadi termotivasi untuk jadi putih,

  • Produk kecantikan yang beredar terutama kosmetik yang harganya terjangkau kurang mengakomodir warna kulit kebanyakan perempuan Indonesia

>> nah kalau ini betul sekali, karena saya sendiri merasakan saya sudah mendapatkan shade warna yang ada di pasaran lokal. Kulit saya tidak terlalu hitam, apalagi teman-teman yang saya wawancarai ini. sedih lho kalau melihat ada acara pernikahan di daerah dan make-up pengantin perempuannya seperti topeng L Padahal, saat bare face saya melihat mereka cantik sekali seperti anak bangsa.

Sedih pastinya mendengar jawaban-jawaban itu. Karenanya di beberapa trip ke NTT di tahun 2018 saya mengajak beberapa teman-teman untuk turut mengedukasi ringan sambil kami jalan-jalan. Kami mengenalkan beberapa cara untuk membuat produk perawatan tradisional seperti masker dan lulur. Tentu sekali lagi harus ditegaskan juga ke mereka kalau itu bukan untuk memutihkan tetapi untuk mencerahkan kulit karena bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dengan baik.

Pengertian Kosmetik

Teman-teman, selama ini apa yang kalian ketahui tentang kosmetik? Well .. jujur saya sempat menganggap kosmetik itu produk untuk make up. Berbeda dengan skincare. Hhihihi tapi ternyata salah. Menurut penjelasan dari Ibu Deputi, Ibu Maya, definisi Kosmetik adalah bahan/sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia dan berguna untuk : membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, memperbaiki bau badan, melindungi, dan/atau memelihara tubuh pada kondisi yang baik. Jadi, perlu diingat kalau kosmetik itu bukan obat dan tidak untuk mengobati ya.

Masih dari presentasi Ibu Maya, beliau memberikan kabar baik bagi kita semua sehubungan dengan larangan kosmetik bermerkuri di Indonesia. Berdasarkan pada penelitian yang sudah dilakukan, paparan Merkuri pada kulit manusia dapat menyebabkan gangguan yang fatal bagi tubuh. Karenanya mulai sejak dikeluarkannya Peraturan Badan POM No.23 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik, maka penambahan merkuri pada kosmetik sudah dilarang. Alhamdulillaah .. lega sekali kan dengan kabar ini ? Terima kasih Badan POM RI!

Bahaya Merkuri Bagi Manusia

Tahu gak, teman-teman … faktanya, berdasarkan dari laporan Bloomberg yang diterbitkan pada tanggal 28 Agustus 2018, membeberkan pasar Merkuri meraup keuntungan sekitar USD 20 Miliar (setara 283 trilyun rupiah). Kebayang gak teman-teman itu nol nya ada berapa ya Tuhan. Dan itu dihasilkan dalam waktu 1 tahun dengan breakdown kontribusi terbesar dari industri kecantikan.

Berdasarkan dari pernyataan Ibu Deputi Ibu Maya tadi, Dokter Grand pun menambahkan bahwa per tahun 2019, peredaran merkuri di pasaran akan sangat dibatasi, karena sudah ada peraturan tadi. Sehingga masyarakat sudah bisa merasa tenang karena mulai sekarang untuk membeli merkuri harus menggunakan izin khusus. Yes! Dan ijin khususnya itu tidak akan mudah.

Bicara tentang bahaya merkuri pada kulit, setidaknya ada 6, lho!

  1. Menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf, pencernaan dan ginjal,
  2. Menimbukan iritasi pada kulit,
  3. Membuat kulit semakin pucat dan menimbulkan flek,
  4. Menyebabkan bekurangnya fungsi otak,
  5. Memperlambat pertumbuhan janin, dan
  6. Menyebabkan kanker kulit.

Seram banget kan ? Dengan kelebihan yang Cuma sedikit Dan sebentar “putih secara instant supaya dapat pujian atau ‘naik derajat’” apakah sepadan dengan akibat buruk secara permanen yang ditimbulkan ? BIG NO!!

MITOS ATAU FAKTA?

Kalian pasti sudah mendengar tentang Cara mengetahui apakah suatu kosmetik itu mengandung Merkuri atau tidak adalah dengan menggosokkan suatu Logam? Coba baca ini:

Bagaimana jika sudah terlanjur memakai produk kosmetik bermerkuri?

Dalam CosmeTalk Lalu, Ada video testimoni dari teman-teman yang sudah pernah menggunakan produk kosmetik bermerkuri. Alasannya semua sama supaya cepat putih Dan jadi cantik. Jika kamu Juga sedang mengalaninya, saat ini Juga kamu harus stop pemakaian dan segera hancurkan.

Ada beberapa tanda-tanda yang muncul ketika seseorang terkena merkuri yang disampaikan oleh dokter Mita di webinar Lalu, yuk coba dicek ya:

Sumber : presentasi CosmeTalk

Jadi sebenarnya non spesifik, jika tiba-tiba kulit prudging yaitu menjadi kering, Kasar, mengelupas, ada kemerahan pada kulit juga terasa seperti terbakar, gatal, panas ,dan sensitif terhadap sinar matahari, kamu harus segera cek ke dokter spesialis kulit supaya mendapat penanganan yang benar ya.

Karena begini lho .. seringkali seluruh yang dirasa kulit seperti disebutkan di atas dianggap sebagai “proses wajar” krim pemutih yang sedang bekerja sehingga tidak dirasakan sebagai gejala gangguan kesehatan kulit. Jika diabaikan ini bisa berakibat fatal.

Jika ini terjadi dalam jangka waktu yang lama bisa sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih kompleks. Lebih spesifik dijelaskan tentang gejala lokal (yaitu pada kulit) dan sistemik, saya jelaskan sebagai berikut ya :

  • gejala lokal (kulit) : kulit menjadi panas, merah dan gatal saat terkena sinar matahari, dermatitis, hipo/hiperpigmentasi, baboon syndrome, dan erytherma persisten.
  • sistemik : gangguan kerusakan ginjal, gangguan neuro-psikiatri, saluran pencernaan dan otak.

Tingkat keparahan gejala yang dialami seseorang juga tergantung beberapa hal, di antaranya :

  • konsentrasi merkuri
  • durasi penggunaan
  • frekuensi penggunaan
  • luas paparan
  • jenis produk yang digunakan
  • karakteristik kulit

untuk lebih jelasnya, biasa disimak di bawah ini :

Sumber : presentasi CosmeTalk
Sumber : presentasi CosmeTalk

Bagaimana kesan Dini Aminarti Dan Vidi Aldiano tentang Kosmetik Bermerkuri?

Kenal Dini Aminarti sejak dia baru menang kompetisi modeling tahun 90an. Kulit Dini memang sudah putih bersih dan sehat sejak awal, jadi sudah pasti tidak pakai produk abal-abal bermerkuri ini. Dini pun bercerita bahwa sampai sekarangpun dia sangat selektif memilih endorsement karena untuk dia menginfluence masyarakat itu ibadah jadi tidak boleh merekomendasikan produk yang salah. Dini hanya memilih produk yang sudah pasti lolos uji BPOM!

Vidi Aldiano menyatakan bahwa dia tidak pernah menilai seseorag dari warna kulit melainkan dari kepribadian. Jadi apapun warna kulit kamu selama kamu asik Dan nyambung diajak ngobrol pasti Vidi seneng temenan. Dia pun menyebutkan Tara Basro sebagai individu yang menarik karena dengan kulit eksotis sangat percaya diri Dan merawatnya dengan sehat.

Dini Aminarti dan Vidi Aldiano sangat mendukung kampanye BPOM untuk stop kosmetik bermerkuri, jadi kitapun harus ikutan support ya teman-teman! Demi masa depan yang lebih baik!

Upaya yang Bisa dilakukan untuk menangani Kosmetik Bermerkuri

Ibu Deputi Ibu Maya mengajak kita semua untuk membantu upaya penanyangan beredarnya kosmetik bermerkuri ini bersama-sama, karena masyarakat bisa memberikan kontribusi yang besar, tentu saja karena berhadapan langsung dengan pasarnya, yaitu sebagai target market. Berikut beberapa upaya yang bisa kita lakukan bersama-sama :

  1. Dilakukan dari hulu ke hilir

>> penanganan di pasar akan lebih efektif jika dilakukan juga penanganan di sektor hulu,

  • Pemutusan rantai penawaran dan permintaan

>> penawaran akan berkurang jika permintaan berkurang. Tentu jika tidak ada demand dari masyarakat, tidak akan ada produksi lagi, karena tidak ada yang beli,

  • Dilakukan secara sinergis

>> permasalahannya sangat kompleks, tentu tidak bisa dilakukan oleh 1 instansi saja. Dan kita sebagai masyarakat juga bisa membantu lho!

Agent Of Change : Stop Kosmetk Bermerkuri :

Ayo kita bersama-sama menjadi “Agent of Change” dan menyebarkan kabar baik tentang bahaya kosmetik bermerkuri ini! Kita juga bisa memberikan beberapa saran berikut supaya bisa terhindar dari kosmetik bermerkuri, mari cerdas memilih kosmetik!

  1. Selalu terapkan Cek KLIK (yaitu Kemasan, Label, Ijin Edar, tanggal Kadaluwarsa), jadi jika teman-teman menemukan sebuah produk kosmetik yang ingin dibeli namun kemasannya sangat minimalis tanpa ada keterangan dalam kemasan, tidak ada tanggal kadaluwarsa bahkan tidak ada ijin edar dari BPOM, please tolong abaikan ya!
  2. Jangan terobsesi dengan kulit putih, karena cantik itu tidak harus putih!
  3. Jangan mudah tergiur dengan iklan kosmetik yang menjanjikan efek instan, putih secara instan, terutama sekali pada penjualan online,
  4. Laporkan ke Badan POM jika mengetahui ada kegiatan produksi dan perdagangan kosmetik bermerkuri.

Renewal Ijin Edar Sebuah Produk

Ketika diberi kesempatan untuk bertanya, saya tentulah tunjuk jari dan menanyakan pertanyaan yang menggelitik selama cosmetalk berlangsung,

“Untuk Ibu Deputi, saya ingin bertanya tentang ijin edar bagi sebuah produk. Dokter Grand mengatakan bahwa banyak sekali mafia kosmetik yang bisa saja mendapatkan ijin edar pada awalnya, lalu demi hemat waktu dan biaya akhirnya menambahkan sebuah bahan sesudahnya, dan bisa saja diedarkan dengan nakal. Apakah ada batas waktu berlaku ijin edar yang diberikan oleh BPOM kepada sebuah brand? Apakah ada jangka waktu tertentu untuk melakukan test ulang? Terima kasih”

Ibu Deputi menjawab dengan mantap, “Masyarakat tidak perlu khawatir dengan hal itu karena BPOM akan selalu mengawasi produk dari brand yang sudah memiliki ijin edar. Dan tentu saja setiap 3 tahun sekali brand tersebut harus melakukan uji ulang”

Wuaahh lega sekali  tentunya mendengar pernyataan beliau! Jadi teman-teman, tenang saja, mafia kosmetik yang sneaky itu tidak akan bisa berbuat tidak baik dengan mudahnya!

Keep in touch with BPOM RI

Untuk mengenal lebih dalam tentang produk apa saja yang sudah sudah dibanned dari pasaran Dan untuk mengetahui update terbaru seputar Stop Kosmetik Bermerkuri, Mari Kita follow akun sosial media BPOM RI melalui Facebook BPOM Official , Instagram @bpom_ri , Dan YouTube Badan POM RI .

Kamu Juga bisa follow Instagram @missklik_queen sebagai akun Direktorat Pengawasan Kosmetik!

Pengaduan Kosmetik Bermerkuri

Bagaimana jika Kita mencurigai Dan menemukan produk kosmetik bermerkuri di pasaran ? Wah Kita harus laporkan ya! Ada beberapa jalur untuk melapor, yaitu:

  • Halo BPOM di nomor 1500533 (pulsa lokal)
  • Pesan singkat ke 081219999533
  • Email ke halobpom@pom.go.id

Kamupun Bisa download aplikasi BPOM Mobile untuk akses lebih mudah, yang untuk Android seperti ini:

Siapkan diri menjadi Agent Of Change

Betapa ngerinya kerusakan permanent yang diakibatkan dari konsumsi Merkuri pada kulit Dan tubuh, tentu harus dicegah bersama-sama. Mari Kita siapkan diri untuk menjadi Agent Of Change stop kosmetik bermerkuri!

Gimana, teman-teman ? Sudah cukup melek ya dengan bahaya merkuri dalam kosmetik ini? Jangan sampai kita dekat-dekat ya! Dan segera laporkan ke pusat pengaduan BPOM jika kalian melihat ada produk yang mencurigakan supaya segera bisa ditindak lanjuti.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Sampai jumpa di blogpost selanjutnya yah!

Salam,

Sofia

3 thoughts on “Ayo! Kita sama-sama jadi “Agent Of Change” Stop Pemakaian Kosmetik Bermerkuri!

  1. Kaya diskusi kita ya kak, sebuah PR panjang untuk bikin orang-orang paham kalau merkuri itu bahaya dan cantik ga mesti putih. Untuk complexion produk juga mentok di kulit sawo matang yah. But, sekarang produk lokal udah gerak sih menurutku walau perlahan dan brand2 skincare juga. kalo dulu didominasi dengan pesan “memutihkan” kkalau sekarang uda banyak yang bilang mencerahkan sesuai skin tone. Semoga itu bikin orang2 makin aware kalau ga perlulah jadi putih untuk cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *