BEAUTY · EVENT · LIFESTYLE

Jujur Dalam Membuat Konten, Menjadi Kunci Eksistensi

Hai, Halo! Siapa di sini yang senang membuat konten? Yang suka sama Suhay Salim Dan Zaskia Sungkar? Dan yang selalu rajin nonton YouTube? Nah! Kali ini, saya mau share sesuatu yang menarik dari event virtual yang saya Ikuti 3 Oktober 2020 kemarin, Wardah Beauty Fest 2020 dalam selebrasi 25 tahun! Stay tune sampai selesai ya! 

Seru banget Ngikutin sesi “Impactful & Engaging Content From The Creators”

Saya mau Tanya dong, siapa di sini yang pakai produk Wardah? Pasti semua pakai, ya Kan.. siapa sih yang gak kenal Wardah? Dan tidak terasa, sudah 25 tahun lho Wardah Beauty menemani Kita semua! Selain produknya yang berkualitas dengan harga terjangkau, dedikasinya untuk perempuan Indonesia membuat saya bangga menjadi customer produk skincare dan kosmetik halal ini!

Jujur, saya sudah sangat deg-degan gak bisa ke Jakarta dulu selama pandemi ini, tapi langsung dapat kabar dari akun Instagram @wardahbeauty kalau selebrasi 25 tahun ini akan Ada virtual event yaitu Wardah Beauty Fest 2020!!

Excited banget saya kepoin deh microweb 25 Tahun Wardah Beauty supaya Bisa tahu jadwal kegiatannya, Karena selain Ada talkshow, juga Ada hiburan musik Dan virtual bazaar yang kasih banyak diskon! Wardah Beauty memang selalu all out dalam selebrasi tahunannya! Seneng deh!

Jadwal acara di Hari pertama, saya ikutan talkshow di jam 16.00-17.00
Jadwal acara Hari kedua, excited banget sama women empower women!

Impactful & Engaging Content From The Creator

Sebagai content enthusiast, pastilah saya ingin belajar lebih mendalam tentang bagaimana membuat konten yang bagus dalam bentuk video untuk ditampilkan di YouTube! Karenanya saya excited banget untuk menimba ilmu bersama Ahlinya!

Saya nonton via aplikasi Vidio, Anka adalah pembawa acara favorit saya! Acara Virtual yang dia lead Bisa dibawa fun! Gak berasa virtualnya Karena selama event ini saya Bisa bertahan dari awal sampai akhir bahkan pengen nambah sesi hiyahahaha sayang sudah dikasih waktu 1 jam saja.

ZASKIA SUNGKAR (KIA)

Siapa yang gak tahu YouTube Channelnya The Sungkar Family? Duo sisters ini sangat kompak da boundingnya kuat sekali! Kia, panggilan akrab Zaskia Sungkar, menceritakan awal mula dua pasangan ini akhirnya memutuskan untuk membuat YouTube Channel untuk Bisa lebih dekat dengan para penggemar.

Anka & Kia

Kia, yang selain menjadi penyanyi Dan saat ini menggeluti dunia fashion Dan bisnis, menceritakan bahwa pada awalnya mereka ragu, tetapi pasangan selebritis Raffi Achmad Dan Nagita Slavina mengencourage untuk segera buat YouTube channel sebelum banyak yang buat Juga. Jadi biar gak ikut-ikutan gitu.. bener Juga, kata Kia diaminin 3 member lainnya.

Menurut Kia,selama 2 tahun The Sungkar Family membuat konten, Ada banyak sekali tujuan Dan manfaatnya. Apa saja, tu?
1. Bisa digunakan untuk berdakwah, sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang,
2. Bisa menjadi sumber informasi yang pertama Dan Paling benar seputar kehidupan The Sungkar Family, tidak Akan Ada lagi headline news yang judulnya dibuat spektakuler untuk menarik perhatian, “Isi video Dan judulnya benar Dan jujur adanya”, kata Kia.
3. Dapat menjadi diri sendiri, tidak harus akting di depan kamera, karena YouTube channel The Sungkar Family menceritakan kehidupan pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah, Juga Tengku Wisnu dan Shireen Sungkar,
4. Bisa bergantian membuat konten daily, antara 2 pasangan tersebut.

Pesan dari Kia untuk kita semua sangat saya Suka lho! Kia berpesan supaya Kita Bisa membuat konten yang baik Dan bertanggung jawab, tidak Hanya sekedar ingin viral. Dan yes, saya setuju sekali!

SUHAY SALIM

Narasumber kedua adalah Salah satu beauty vlogger dengan jutaan subscriber yang jadi idola Kita semua, Suhay Salim! Saya Suka sekali dengan gimana Cara Suhay untuk menyampaikan review sebuah produk Dan membawakannya dengan sangat lancar Dan natural!

Suhay menceritakan tentang bagaimana selama 8 Bulan di rumah aja tentu sangat bosan, dan itu mempengaruhi mood Dan motivasinya untuk bekerja. Lalu, apa yang selama ini dia lakukan untuk Bisa menjaga ritme kerja Dan disiplin dalam upload konten?

Suhay membagi cerita bagaimana Cara dia mengatasi kehabisan ide dalam membuat konten karena lack of motivation, so simple ternyata, yaitu :
1. Tanya ke followers, “kalian ingin aku membuat review tentang apa?”
2. Bekerjasama dengan brand yang akan launching produk baru

Jadi keduanya dapat menjadi sumber ide untuk Suhay Salim membuat konten YouTube bagi subscribernya. “2020 menjadi tahun collab untuk Aku”, kata Suhay.

AZZURA PONGAI

Di antara Kita mungkin banyak yang belum tahu siapa Azzura Pongai. Saya pun, tenang saja! Tapi saya excited untuk mengenal lebih jauh karena ini berkaitan dengan YouTube platform. Yup, Azzura Pongai adalah Country Manager, Strategic Partnership, YouTube Indonesia.

Ingin tahu lebih banyak peran Azzura Pongai di YouTube Indonesia?

Azzura mengatakan bahwa lingkup pekerjaannya adalah “Guiding Trough Content Creator”. Contohnya, guiding melalui best practices, mengamati analitiknya, memberikan workshop, Dan kegiatan lain yang mendukung.

Ada beberapa tips dari Azzura untuk guide Kita dalam membuat konten yang Aman dipublish, di antaranya:
1. Tanyakan pada diri sendiri, apa tujuan awal kamu ingin membuat YouTube Channel?
2. Buatlah konten yang positif,
3. Sebelum posting di YouTube, harus ditanyakan kembali pada diri sendiri, “apakah konten ini bermanfaat?”
4. Tempatkan diri pada posisi viewers,
5. Jadikan YouTube sebagai portfolio,

Apakah kamu merasa kurang percaya diri karena haters? Well, kata Azzura, haters itu selalu Ada. Kita tidak akan Bisa mengontrol bagaimana Cara mereka respon. Tetapi Kita Bisa mengontrol mental Kita untuk tetap kuat Dan terus berkarya.

Last but not least, Azzura berpesan kepada Kita semua untuk bijak dalam menikmati maupun membuat konten di YouTube. So guys, let’s do this!!

****

Thank you, teman-teman, sudah membaca tulisan saya sampai selesai! Semoga Bermanfaat ya!  Sampai ketemu di Event Wardah Beauty Fest selanjutnya! Semoga, next event Kita Bisa berjumpa langsung ya!

Stay safe! Jangan kasih kendor protokol kesehatan dalam keseharian!

Salam,
Sofia Dewi

4 thoughts on “Jujur Dalam Membuat Konten, Menjadi Kunci Eksistensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *