LIFESTYLE · TRAVELLING

Merindukan Indonesia Timur

Halo, semuanya! Gimana weekend kamu September ini? Sudah bisa adaptasi ya untuk membedakan Mana weekend Dan Mana weekdays? Hahahaha .. secara kalo WFH Kan ya gitu … Well, well, mau nanya dong! Selama di rumah aja, pernah gak mengisi waktu kosong dengan membuka video atau foto lama saat liburan tahun-tahun Lalu? Saya… Sering! Hahaha .. 

Sejak 2016, melancong ke Indonesia Timur sudah menjadi kebiasaan. Tentulah wajar kalau saya rindu sekali kembali ke Sana karena tahun 2020 ini betul-betul tidak memungkinkan.

Daerah Indonesia Timur Yang Sudah Saya Datangi

1.  Bali

Pertama datang ke Bali saat study trip SMP itu kira-kira tahun 1997 ya, udah lama banget! Naik bus waktu itu Ada 5 bus. Lalu SMA ke Sana lagi, Naik bus lagi sampai tahun 2005 pas band maggung di Lombok, mampir ke Bali, Naik bus lagi.

Sesudahnya baru Naik pesawat karena mostly saya berangkat dari Jakarta. Awal ke Bali, interestnya cuma ke tempat wisata Dan belanja. Tapi sejak 2016 mulai berubah, saya lebih senang menikmati liburan Dan Alam, tidak lagi diburu-buru musti ke banyak tempat.

Area yang Paling saya Suka adalah Ubud. Karena pada dasarnya saya kurang suka dengan keramaian. Kalau sudah puas sama Ubud Dan Bali, baru saya mau pindah ke Legian hehehehe … Terakhir ke Bali November 2027, waktu Ada Ad Asia di Bali.

2. Kupang

Kupang adalah Kota kedua di Indonesia Timur yang saya datangi, untuk transit. Hahaha yeah right .. di tahun 2016 saya transit untuk ke Ngada. Jadi belum banyak menjelajah.

Paling banter cuma transit di hotel semalam,Lalu besoknya terbang lagi ke Jakarta hihihi.. semoga next time Bisa extend sehari semalam ya. Soalnya flight ke Jakarta itu pagi sa

3. Ngada

Menginjakkan kaki pertama Kali di Ngada pada Juni 2016. Excited banget, sampai beli cariier seharga 2,5jt  Karena mau make sure saya Bisa nyaman saat bawa banyak barang.  24kg digendong sendirian!! Priceless moment!

Saya ke Ngada dalam rangka menjalin kolaborasi dengan perajin lokal, ikut Serta sebagai Fashion Designer pilihan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dalam program IKKON 2016.

Meski berakhir di Oktober 2016, namun akhirnya dapat sponsor untuk melanjutkan project di Ngada dari Maret – June 2017. Jadi Bisa lebih banyak explore ke kampung adat 

Kampung Adat Bena

4. Labuan Bajo

Selama ini gak pernah mimpi ke Labuan Bajo, Gak pernah berani lebih tepatnya, karena mikirin seremnya sama daerah timur. Tapi semua berubah saat 2016 ke Ngada, langsung “oke! Mau ke Labuan Bajo!”

Bolak balik ke Ngada sampai seeing transit Labuan Bajo sejak Juni 2016, baru Bisa kesampaian mampir di Mei 2017  lama yaaaa prosesnya..

Itupun cuma Bisa mampir 2 malam, setelah business trip ke Ngada, kami paksakan mampir! Dan Hari ke-3 kami harus sudah berada di  Jogja.

Menikmati sunset di bukit Sylvia, dinner di Plataran, Dan esoknya island hopping. Seneng banget! Paling tidak, saya sudah tidak penasaran lagi dengan Labuan Bajo 

Sunset di Bukit Sylvia
Island Hopping di subuh Hari

5. Mamasa

Saya mengunjungi Mamasa di Maret 2018 sebagai project awal bersama TorajaMelo. Saya Bertugas untuk display pameran tenun dan untuk fashion show. Senang sekali hasilnya sangat memuaskan Dan membuat saya jadi mengenal para penenun Mamasa dengan lebih dalam.

Perjalanan ke Mamasa ditempuh cukup panjang. Malam Hari saya terbang dari Yogyakarta ke Makassar, lalu transit semalam di hotel bandara. Paginya saya dijemput rombongan Dan kami menempuh perjalanan 12 jam menuju Mamasa dengan Mobil. Seru!

Mampir untuk makan Siang di Polewali,. Lalu melanjutkan perjalanan ke Mamasa sambil menikmati perjalanan.

Yang saya ingat sekali dari Mamsa adalah saat mengunjungi makam tua, kampung adat yang masih memiliki jenazah yang belum dimakamkan, Dan menikmati Mandi air panas.

Baru sekali saya ke Mamasa, semoga Ada kesempatan ke Sana lagi.

6. Toraja

Sama dengan Mamasa, saya mendapat kesempatan untuk beberapa Kali mengunjungi Toraja karena TorajaMelo. Business Trip yang sangat menyenangkan karena saya bertemu banyak budaya yang berbeda sekali dari yang selama ini saya jalani sejak kecil.

Melihat tongkonan Dan mengikuti proses menenun menjadi salah satu kenangan berharga buat saya pribadi.

7. Larantuka

Menanti sunset selepas pelatihan di PEKKA center Larantuka
Mengunjungi Salah satu Kapel di Larantuka

8. Lembata

Berada di tengah pameran tenun di Lembata

9. Adonara

Adonara adalah sebuah Pulau yang selalu dipertanyakan beberapa orang di circle saya, “dimana itu?” . Sedih rasanya, Pulau seindah itu dengan Kain tenun yang sangat indah ternyata belum banyak dikenal.

Perjalanan ke Adonara sangat menyenangkan. Dari Jakarta, Naik pesawat ke Kupang, Lalu sambung ke Larantuka. Dari Larantuka, Naik kapal ke Adonara ..

Saya suka sekali dengan pelabuhannya. Bisa melihat luas ke sepanjang pulau. Seperti yang terlihat di foto di Atas.

Jika suatu Hari kamu ke Adonara,please singgah ke pasar tradisional ya. Lalu kamu bisa ke pulai meko Dan menikmati Pulau pasir putih.

Wishlist trip ke Indonesia Timur

Ada banyak tempat yang belum saya samperin meski udah bolak balik ke timur. Karena saya pergi ke situ-situ Aja Kan hihihi ..

1. Lombok

Pengen banget akutu ke lombok. Tahun ini mustinya Oktober atau Desember ke Lombok, ikutan tur. Apalah daya.. kayaknya Aku better tunggu keadaan lebih kondusif Dan jalan sendiri. Gak kuatir lah Aku tinggal Ikuti Itinerary 4D 3N Lombok Aja biar liburan singkat lebih maksimal!

2.  Sumba

Sumba membuat saya penasaran setengah mati, hahaha, karena pesona alamnya yang indah sekali! Juga Kain tenunnya yang indah itu! Saya Juga excited sekali untuk melakukan perjalanan dengan Mobil Bak terbuka jika Ada kesempatan lagi seperti di NTT.

3. Papua

Pastinya untuk tahun 2020 ini saya hanya Bisa melakukan virtual trip dulu ya, kamu pun begitu Kan? Ada yang Bisa disyukuri dari kondisi saat ini. Saya pribadi jadi lebih sering di rumah Dan Bisa quality time dengan ibu.

Terima kasih sudah membaca sampai selesai. Jangan lupakan protokol kesehatan ya setiap hari, jangan kasih kendor pakai Masker Dan cuci tangan! Stay safe! Stay sane!

Salam,
Sofia Dewi

2 thoughts on “Merindukan Indonesia Timur

  1. Ayo lah ke Indonesia Timur!
    Ada Makassar yang udah terkenal dengan keindahan sunsetnya di Pantai Losari. Ada 12 pulau2 kecil yang siap dikunjungi dan juga kuliner Makassar yang terkenal lezat.
    Ditunggu lho!

  2. Pengen banget ke lombok pas anniversary nanti haha udh plan lho pas ada tiket murah, tapi, yasudahlah.. sabar dl aja kitaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *