EDUKASI · LIFESTYLE

Serba-Serbi Perempuan Dalam Cerita Bergambar, Komik Perempuanmu

Hai, teman-teman! Gimana September-mu berjalan? Ingat ya, udah janji ceria lho di September 2020, karena bahagia itu adalah mindset! Betul? Nah, berbicara tentang mindset, apa sih yang ada dalam benak kamu ketika mendengar kata “perempuan”? 

Ibu? Kita sendiri? Istri? Adik perempuan? Kakak Perempuan? Boss Perempuan? Banyak ya .. ? Kenapa sih saya menyebut tentang perempuan? Karena mau share sesuatu yang penting untuk kalian semua terutama berkaitan sama perempuan!

Komik Perempuanmu, dari Perempuanmu, Indonesia

Di masa pandemi ini, saya sudah habis stok buku dan film. Rata-rata buku sudah habis dibaca bahkan sebagian sudah diulang. Film juga rata-rata sudah ditonton ulang. 

Nah, bulan lalu, saya gak sengaja ketemu update LINE today tentang sebuah komik yang bercerita tentang perempuan.

Namanya Komik Perempuammu . Ada di Line Webtoon Indonesia. Setelah subscription, Kita akan dapat notification Dan Bisa langsung baca. Dan tentunya untuk next episode Juga bakalan diinfokan dengan notifikasi jadi Kita tinggal klik Aja.

Saya kasih tahu ya, teman-teman, baru baca Prolog saja kalian pasti sudah suka! Kenapa ? Karena komik ini sangat ringan, bahkan tampilannya pun tidak seperti komik kebanyakan yang banyak gambar, tapi juga tidak semua tulisan (yaiyalah namanya aja komik! Masak tulisan semua?). Saya suka sekali dengan ilustrasinya dan desain grafisnya yang kekinian.

Komik Perempuanmu pertama rilis di bulan Februari 2020. Menyesal deh baru bisa baca di September. Haha … ke mana saja saya selama ini! Padahal gak keluar rumah lho wehehehehehe..

Art yang dibuat sama apitnobaka ini memang sangat simple tapi bisa menggambarkan emosi dari tokoh maupun atmosfer yang ditunjukkan dalam setiap ceritanya. 

Saya tidak Akan menceritakan semuanya ya, tentunya kardena saya tidak sepintar Zulfairy, Deanna El Sullivan, Haura, Liana Bahri, Tyas Widjati, Ary Nilandari, dan Apitnobaka yang bikin Komik Perempuanmu ini dong ya, hehehe.. Jadi saya bisikin aja ya yang paling saya suka dari cerita ini. Tentunya biar kalian penasaran dan baca sendirilah. Hihihi!

Yang berkesan untukku dari Komik Perempuanmu:

  1. Ceritanya bermacam-macam  dan jleb banget tapi disampaikan dengan sangat ringan dengan didukung ilustrasi yang simple namun bisa menggambarkan dengan sangat baik. Mulai dari cerita ibu muda, cerita perempuan yang gendut jerawatan, tentang perempuan difabel sejak kecil, tentang wanita karir yang telat menikah .. dan lainnya!
  2. Saya suka sekali color tone yang dipilih sama apitnobaka dalam art di komik perempuanmu, adem gitu tidak ada warna bold, jadi sangat nyaman di mata,
  3. Kembali bicara tentang ceritanya, ini beneran sehari-hari banget lho! Bahkan bisa mengaduk perasaan dari bahagia, kesel, sedih, gemes sampai hal konyol yang membuat terbahak-bahak.. (well, make sure kamu baca di tempat yang senyaman mungkin ya biar bisa masuk ke emosinya dengan bebas hihii),
  4. Mudah dibaca secara online dimana saja via webtoon, for free! 
  5. Kita diajak untuk tebak-tebak next episode dengan jeda 3 minggu per episode. Buat saya oke aja, pas lah, buat membuat rindu membuncah saat menanti next episode dan menanti tebakan kita bener atau tidak, hehehehe,
  6. Ada survei pembaca untuk mengulik pertisipasi dan perhatian pembaca setianya untuk meningkatkan kualitas komik itu sendiri, jadi bisa banget kasih kritik dan saran lho, yang membangun ya, jangan kasih kritik tanpa saran, cubit ntar!

Behind The Scene

Karena penasaran lebih lanjut ya, saya kan anaknya super kepo, plus saya pun suka sekali sama komik sejak SD dan otodidak belajar menggambar, tapi malah nyasar ke jurusan psikologi dan skill gambarnya dialihkan ke fashion design haha .. jadilah cita-cita terpendam muncul kembali dan pengen kenalan. So, saya ngobrol sedikit dengan tim Komik Perempuanmu dan ternyata memang ada benang merahnya banget.

Jadi, tujuan mereka menjalankan Komik Perempuanmu adalah untuk mengangkat pengalaman-pengalaman penting dan kolektif dari perempuan Indonesia dalam bentuk webkomik yang populer di jaman sekarang. Ini sebagai bentuk edukasi sekaligus perenungan bersama, untuk semua gender dan semua umur tentunya, sekaligus sebagai tempat sharing. 

Dan dari pembicaraan inilah saya juga tahu kalau Komik Perempuanmu ini terinspirasi dari kisah-kisah nyata yang dikirim ke tim. So, memang mereka membuka pintu lebar-lebar untuk mendengarkan kisah kalian semua, lho!

Episode-episode favorit saya :

#1 PROLOG

Episode pertama ini, ceritanya ditulis oleh Zulfairy Dan Apitbonaka.

Siapkan diri untuk dikocok emosinya ya teman-teman, hahaha prolog-nya memang juarak! Karena ini 100% yakin deh dialami semua perempuan di Indonesia. Baik kamu perempuan yang sudah menikah ataupun belum, yang masih muda maupun sudah dewasa, pasti mengalami!

APakah kamu merasa kehidupanmu pernah dibanding-bandingkan dengan orang lain di sekitarmu oleh orang tuamu? Apakah kamu sampai sat ini belum menikah dan menjadi topik hangat dalam keluarga ? APakah kamu seorang ibu rumah tangga yang merindukan masa-masa bisa bebas keluar rumah? Atau kamu sewaktu kecil pernah bercita-cita jadi ilustrator dan tanpa dirasa, saat ini kamu sudah mencapai cita-citamu itu ?

Prolog ini wajib dibaca karena akan menjadi bridging untuk kita pembaca membayangkan seperti apa isi dari Komik Perempuanmu ini dari episode pertama dan episode-episode berikutnya.

Penasaran? Bacalah … 

#2-4 Saya Tidak Cantik Dan Saya Tidak Peduli

Episode ini ditulis oleh Deanna El Sullivan, art by aptinobaka.

Episode 2-4 ini seru banget loh karena menceritakan tentang pengalaman dibully teman-teman saat di sekolah. Tetapi kekuatan mindset yang benar Bisa menyelesaikan ketidak percayaan diri itu.

Selama ini saya selalu berpikir, Kenapa kok anak remaja mudah sekali stress. Ternyata melalui episode 2-4 ini saya Bisa memahaminya. Bagi seseorang yang sudah dewasa seperti saya, bentuk fisik atau warna kulit sudah tidak menjadi masalah, tapi mungkin bagi anak usia puber atau masih usia SMA jadi masalah karena sedang mencari jati diri ya. Sangat wajar …

Episode ini bisa membuat kita bernostalgia di masa-masa SMA, sayapun memiliki teman yang dibully karena bentuk badannya dan karena jerawatan persis sama cerita ini. Dan akhirnya justru ingatan itu membuat saya kembali bisa bertanya kabar padanya. Well, selalu ada sisi tak terduga yang bisa diambil hikmahnya kan.

#5-6 Drama Mums!

Episode ini ditulis oleh Tyas Widjati dengan art by apitnobaka of course.

Saya yakin pasti teman-teman, para moms akan senyum-senyum sendiri saat membacanya. Karena episode ini akan berada seperti membaca kisah sendiri.

Buat saya, keberadaan seorang Ibu itu penting di rumah. Karena ada pengayom yang bisa mengajari banyak hal. selain itu bisa membereskan banyak hal, seperti membereskan rumah, membantu membuat PR, menemani nonton TV dan bermain, memasak, mencuci baju dan lainnya. Jadi sejak dulu, meski ibu saya seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja di kantor tapi saya sudah paham betul itu justru profesi yang sangat mulia.

#7-8 In Your Hands

In Your Hands ditulis oleh dengan ilustrasi by Apitnobaka.

Untuk episode ini saya tidak mengalami secara teknis ya, karena kisah difabel, tapi saya yakin tetap ada beberapa part yang kita alami bersama, dan yang saya rasakan adalah ada beberapa hal yang mengubah pola pikir saya sejak baca episode ini.

Tidak bisa dipungkiri, untuk teman-teman yang memiliki keterbatasan fisik tentulah merasa minder dan jadi segan untuk bergaul, atau bahkan tidak berani untuk memiliki cita-cita yang tinggi. Sebagaimana Lia, seorang difabel, yang ada dalam episode ini.

Lia lahir dalam kondisi fisik normal seperti bayi-bayi pada umumnya, namun pada usia 9 tahun ternyata dokter mengatakan bahwa Lia terpaksa harus menggunakan kursi roda karena menderita Tarsal Coalition. Ini adalah sebuah kelainan di tulang kaki yang membuat Lia merasa sakit setiap kali dia menggunakan kakinya untuk bertumpu.

Lia akhirnya berhenti sekolah dan mencoba menekuni craft, hal ini mengantarkan dia pada kesuksesan toko. Namun ternyata dunia persaingan memang tidak semudah itu, akhirnya Lia kalah saing. Dia mencoba bangkit dan akhirnya menyadari bahwa Tuhan masih memberikan tangan dan pikiran sehingga dia bisa sukses dengan banyak cara.

Takdir boleh kurang beruntung secara fisik, tapi kehidupan masih bisa diubah supaya nasib jadi lebih baik. Dengan cara semangat dan berusaha!

#9-10 Kepada Sang Pemilik Hati

Episode ini ditulis oleh Haura, art by apitnobaka.

Untuk kamu yang sering galau, sibuk dengan pikiran sendiri dan susah untuk menerima kondisi sekitar yang tidak sesuai ekspektasimu, yk coba baca kisah ini!

Adalah Ara, seorang anak gadis yang sejak SD sudah mudah jatuh cinta. Dan akan langsung kecewa dan patah hati jika dia bertepuk sebelah tangan. Lalu bagaimana caranya Ara bisa move on dan menjadi priabdi yang jauh lebih positif saat masuk SMA? Kamu harus baca episode menarik ini!

Episode Lainnya

Episode lainnya bukannya tidak favorit, tapi 5 tadi itu sangat JLEB di kalbu gitu, karena saya pribadi ada kemiripan story. Nanti kalau kalian sudah baca, kasih tahu ya, episode favorit kalian yang mana. 

Lalu yang paling menggelitik itu kalau sudah dibuat penasaran! Saya sih penasaran ya ini kok penulisnya ada banyak sedangkan artnya digarap 1 orang saja. 

Ternyata, Komik Perempuanmu memang membuka kesempatan kepada perempuan di seluruh Indonesia untuk mengirimkan kisahnya ke tim. 

Sebenarnya, ada bagusnya lho ini kisah dikirim ke mereka, selain kita bisa curhat, gak perlu kasih nama, tapi juga bisa share pengalaman yang kalau memang cocok untuk disiarkan bisa dibagikan ke semua pembaca! 

Bisa jadi banyak orang yang mengalami kisah yang sama, tapi angle dan penyampaian ceritanya kan bisa berbeda, mungkin apa yang kamu tulis lebih mengena gitu story nya? Who knows! 

Keep in Touch With Komik Perempuanmu

Nah, buat kalian yang penasaran untuk tahu lebih banyak tentang Komik Perempuanmu bisa cuz loh follow update terbarunya dari IG @komik.perempuanmu . Termasuk jika ingin tahu lebih lanjut bagaimana caranya mengirimkan kisah kalian, bisa langsung bertanya melalui instagram ya! Ini penampakan feednya! Cakep deh!

Lalu instagramnya isinya tentang apa? Kok ada 161 post itu?

Lha ini yang menarik! Meski ini akun sosial media sebuah komik, tapi isi feed-nya sangat beragam lho! Dan tentunya tentang lifestyle perempuan Indonesia. Kamu pasti suka deh lihat updatenya! Banyak tips, news, dan banyak lagi, selain tentang isi dari komik itu sendiri. Jadi langsung difollow saja kalau mau hidup kamu tambah bermakna dan berwarna, hehe, jangan lama-lama ya!

Dan untuk mengenal lebih detail secara keseluruhan, silakan cek linktree Komik Perempuanmu ya!

*****

Terima kasih, teman-teman, sudah membaca sampai selesai! Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua! 

Yasudah ya, saya pamit dulu! Mau baca #14 Komik Perempuanmu! Tentang film TILIK yang lagi happening itu lho! Dan next episode juga udah disiapin lho sama mereka! Wis lah, bahagia yang berfaedah deh ini kegiatan sore sehabis kerja, nungguin episode baru Komik Perempuanmu rilis! 

Jangan kasih kendor yaaa pakai masker dan jaga jaraknya, lho! Stay safe! Stay sane! Sampai ketemu di blogpost selanjutnya! 

Oh iya hampir lupa,

Saya kamu kasih lihat bagian ini .. di salah satu episode. Coba jawab ya nanti habis kalian baca Komik Perempuanmu, di episode mana part menggemaskan ini muncul?

Salam,

Sofia Dewi

12 thoughts on “Serba-Serbi Perempuan Dalam Cerita Bergambar, Komik Perempuanmu

  1. Beneran deh mbak. Aku juga demikian, baru baca prolognya auto suka. Berasa aku banget. Hahaha
    Selain itu banyak cerita yang ku suka juga, karena diangkat dari kisah nyata makanya relate banget sama kehidupan sehari2 ya

  2. saya senyum-senyum sendiri lihat gambarnya juga cantik dan lucu aja. terus pas baca suka gambar malah masuk ke psikologi, ah ternyata saya tidak sendiri ya, pengennya jurusan apa, ambilnya apa ehheeh. btw suka banget yang episode 2 “saya tidak cantik dan saya tidak peduli” bagus niy

  3. Luar biasa era digital ini ya!
    Semakin banyak saja wadah kreativitas termasuk buat kita, perempuan!
    Semoga semakin bisa mengikis stigma dan deskriminasi negatif perempuan di Indonesia

    … bahwa perempuan punya kesempatan yang sama untuk unjuk karya tanpa melupakan kodratnya!

  4. Aduh duh duh, keren banget sih kakakku ini. Penulis emang banyak yah tapi penulis komik nggak banyak karna nggak semudah yang dilihat dan dinikmati karyanya gitu yah kak. makin sukses kak yah. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *