EDUKASI · TRAVELLING

Virtual Study Trip Ke Bali

Memasuki bulan November, keponakan Makin gencar nih menanyakan tentang Pulau Bali. Maklum, sudah kelas 2 SMP jadi memang waktunya ikutan Study Trip Ke Bali. Tetapi Kan sedang pandemi ya, Mana Bisa berangkat. Well … Sedih banget dong dia pasti .. sebagai tantenya, akhirnya Saya punya ide.. Kenapa Kita gak bikin virtual study trip Aja sih?

STUDY TRIP

Flashback ke 2 dekade lalu, Waktu SMP, memang membuncah rasanya bahagia banget gitu, Bisa jalan-jalan ke Bali Naik bus bersama teman-teman satu angkatan. Di Sana tinggal di hotel sederhana tapi suasananya hangat.

Sekarang waktunya keponakan saya yang besar kepengen banget ke Bali karena beberapa Bulan Lalu batal ke sana. Selama pandemi Kan dilarang untuk melakukan kegiatan yang ramai peserta, apalagi sampai pergi ke luar Kota.

VIRTUAL STUDY TRIP

Kakak saya, sudah mulai kewalahan, karena Meyra, keponakan saya, jadi drop motivasi belajarnya. Wah, ribet ya haha ..

Tantenya gak boleh kehabisan akal dong! Saya Tanya ke Meyra, “Masih simpan jadwal dari sekolahan untuk ke Bali? Tujuannya ke Mana saja?”

Syukurlah dia masih simpan. Biasanya Kan dari trip itu nantinya siswa diminta untuk membuat report dalam bentuk makalah. Nah, biar seru, mau Saya ajak Juga Meyra membuat report.. anggap saja sebagai diary kan.. ?

RENCANA VIRTUAL STUDY TRIP

Virtual Study Trip ini akan diadakan di akhir minggu depan, Meyra Akan mengundang 3 teman dekat untuk bergabung di Rumah. Dan nantinya mereka ber-4 Akan mengerjakan makalahnya bersama.

Karena waktunya Hanya sehari, jadi saya membuat jadwalnya 8 jam saja. Mau kemana saja?

(1) Tanah Lot

Pura Tanah Lot (Bahasa Bali: ᬧᬸᬭᬢᬦᬄᬮᭀᬢ᭄) merupakan salah satu Pura yang sangat disucikan di Bali. Sering dengar Kan? Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Pura satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya lagi terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Nah, Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut, konon Ada ularnya di bawah.

Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam. Selain itu, kalau air pasang, pura akan nampak mengapung. Namun, kedua kondisi spesial itu jarang sekali Bisa dinikmati para murid yang menjalani study trip Karena biasanya pergi ke Tanah Lot di siang Hari.

Gambar milik The Jakarta Post

(2) Pantai Kuta

(3) Istana Tampak Siring & Pura Tirta Empuk

Istana Tampaksiring adalah sebuah istana kepresidenan yang terletak di desa Tampak Siring Gianyar Bali, istana ini dibangun setelah Indonesia merdeka ya.

Sedangkan Tirta Empul adalah nama sebuah pura di Tampak Siring yang banyak dikunjungi para wisatawan, baik dari mancanegara maupun wisatawan domestik. Di dalam kawasan Pura Tirta Empul terdapat mata air dan juga digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu, untuk permandian dan memohon tirta suci.

Sumber : Pinterest

(4) Bedugul

Bedugul adalah kawasan pariwisata yang memiliki daya tarik utama pada panorama alam, seperti panorama danau dan kesejukan udara daerah pegunungan. Di kawasan pariwisata Bedugul terdapat tiga danau besar yaitu:

  1. Danau Beratan atau sering ditulis danau Bratan.
  2. Danau Buyan.
  3. Danau Tamblingan.

(5) Kintamani

Meyra penasaran sama tempat ini gara-gara judul lagunya Shaggy Dog yang sering diputar ayahnya, Anjing Kintamani, hehehehe ..

Yang menjadi daya tarik utama dari kawasan objek wisata Kintamani yang membuat wisatawan tertarik mengunjungi ada tiga, yaitu;

  • Pemandangan Gunung Batur dan pemandangan Danau Batur yang dapat dilihat dari desa Penelokan.
  • Pemandian air panas alami yang terdapat di desa Toya Bungkah.
  • Iklim sejuk dan udara segar daerah pegunungan.

Yang saya ingat banget pas di Kintamani adalah menikmati hidangan makan siang sambil melihat keindahan pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Restoran di Kintamani, sebagian besar menyediakan makanan bertipe buffet, jadi anda dapat menikmati hidangan makanan sepuasnya. Trus saking dinginnya, pas pesan teh manis panas gak langsung diminum, baru diletakkan di meja sebentar sudah dingin hihihi.

Sumber : Native Indonesia

(6) Sanur

Banyak orang yang tidak tahu bahwa kawasan tempat wisata Sanur memiliki banyak nama pantai, namun secara umum disebut pantai Sanur. biar gampang mungkin ya?

Semua pantai di Sanur menawarkan pantai pasir putih. Setiap area pantai di Sanur memiliki peruntukan berbeda. Ada yang cocok untuk tempat berenang anak, ada untuk lokasi penyebrangan fast boat dan ada yang digunakan untuk aktivitas water sports.

(7) Ubud

Akhir-akhir ini kalau ke Bali, Saya lebih Suka menikmati Ubud. Sebagai kawasan pariwisata Ubud memiliki daya tarik yang berbeda dengan kawasan Badung. Jika Badung daya tarik utama ada pada pantai, sebaliknya kawasan Ubud daya tarik utama terdapat pada seni, budaya, alam pedesaan, serta aktivitas wisata.

Walaupun setiap wilayah di Bali memiliki banyak seni, namun bagi wisatawan kawasan ini adalah pusat dari seni serta budaya Bali. Hasil seni yang terkenal seperti seni tari, seni lukis, seni patung dan seni ukir. Untuk wisata budaya, banyak terdapat pura Hindu dengan arsitektur yang unik. Dan Ada Juga sebuah museum yang sangat terkenal yang sudah pernah Saya datangi, yaitu Blanco Renaissance Museum.

Untuk wisata alam, daya tarik utama Ubud terdapat pada hutan hujan tropis yang dihuni kera ekor panjang, serta areal sawah terasering. The best spot untuk foto nih! Bahkan Ada jalur trekkingnya lho! Wisata petualangan juga menjadi daya tarik yang membuat wisatawan tertarik liburan ke kawasan ini. Aktivitas wisata petulangan seperti rafting disungai Ayung, naik ATV di area pedesaan, serta naik gajah di desa Taro. Seru banget nih! Kalaupun Meyra Dan kawan-kawan tidak Bisa mencoba langsung tapi Masih Bisa Saya ajak untuk lihat foto Dan videonya Kan.

Kok jaraknya jauh-jauh sih jarak 1 sama lain? Gakpapa dong hihihi soalnya Kan virtual, Bisa sampai dengan cepat, iya Kan .. hihihi.. biar puas agak banyakan..

Ngomong-ngomong tentang Bali, Bisa cek Juga nih Objek Wisata di Bali biar Makin afdol jalan-jalannya yah!

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di blog post selanjutnya! Stay safe! Stay sane!

Salam, Sofia Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *