HOBBY · JEPANG · TRAVELLING

Lakukan 13 Tips Ini, Biar Liburanmu Ke Jepang Berjalan Lancar

Liburan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu setiap orang, betul? Salah satu destinasi paling laris akhir-akhir ini adalah Negeri Matahari Terbit, yaitu Jepang.Kombinasi majunya teknologi yang bisa hidup berdampingan dengan pelestarian budaya membuat Jepang menjadi primadona pariwisata dunia, belum termasuk surga belanja yang menyebar di banyak tempat di setiap sudut Jepang.

Nah, kali ini aku mau update blog dengan info hal-hal yang harus disiapkan untuk liburan ke luar negeri, kali ini ke Jepang ya! Beberapa hal yang aku bahas ini tentunya berdasarkan pengalaman yang aku jalani bulan lalu … semoga bermanfaat buat kamu ya!

  1. PASPOR ELEKTRONIK
  2. TIKET PESAWAT PULANG PERGI
  3. TEMPAT TINGGAL DI JEPANG
  4. VISA
  5. UANG TUNAI MATA UANG YEN SECUKUPNYA
  6. JR PASS
  7. ITTINERARY PERJALANAN
  8. BAJU YANG SESUAI DENGAN CUACA
  9. KOPER RODA 4/8
  10. OBAT-OBATAN PRIBADI
  11. MAKANAN PENANGKAL HOMESICK
  12. UNLIMITED INTERNET
  13. ATM CHIP ATAU KARTU KREDIT

Banyak ya yang harus disiapkan ? hahahah enggak juga sih, ini sih masih checklist yang sederhana kok, akan lebih banyak lagi kalau kamu ntar mau belanja .. wekekekek ..

Tulisan ini panjang ya, pastikan kamu sedang dalam keadaan santai untuk membacanya .. ^_^

Yuk kita mulai ..

  1. PASPOR ELEKTRONIK

Kenapa aku sarankan untuk memiliki paspor elektronik ? Karena ini akan sangat mempermudah kamu untuk mencari visa Jepang nantinya. Persyaratannya cukup paspor elektronik, isi formulir visa, dan bayar uang Rp. 200.000 saja. Aku kemarin minta tolong jasa travel langganan.

Akhir-akhir ini memang pembuatan paspor elektronik punya slot yang sangat terbatas, tapi itu tidak berarti tidak mungkin kan. Jadi, bersabar saja.

Pembuatan paspor biasa memang kuotanya jauh lebih banyak, tapi, nanti persyaratan bikin visanya bisa banyak .. ada surat keterangan kerja, print rekening koran, surat pengantar dari bank, dan lain-lain.

Kamu juga bisa baca pengalamanku membuat paspor elektronik di sini. Saat itu aku diinfo kalau paspor elektronik baru akan jadi 1-2 bulan kemudian, tapi in the end bisa jadi minggu depan hihihi .. so .. gak ada salahnya dicoba. Asal jangan mepet-mepet waktu rencana terbangnya aja ya ..

2. TIKET PESAWAT PULANG PERGI

Ini menjadi salah satu penentu apakah kita akan liburan atau tidak. Kenapa? Karena biasanya kan hunting tiket murah, ya kan … hihihi .. jadi kalau dapat tiket murah pasti jadi berangkat 😀

Dan untuk booking tiket pesawat kamu akan perlu nomor paspor. Jadi pastikan kamu sudah membuat paspor ya ..

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapat tiket murah :

  1. Rajin pantengin portal travel langganan apakah sedang ada promo atau tidak >> ini pilihan paling gampang dilakukan
  2. Datang ke travel fair >> ini gak pernah aku lakukan karena aku bekerja di weekdays dan udah males sama antrinya 😀
  3. Kenalan sama pegawai biro travel dan minta tolong pantengin harga terendah untuk negara tujuan >> ini yang paling sering aku lakukan

FYI, harga tiket terendah untuk ke Jepang dari Indonesia berkisar antara 4,5-5,5 juta (untuk maskapai dengan 1x transit dan sudah include bagasi, INI MURAH BANGET). Untuk yang direct flight biasanya di 6-7 juta untuk harga promonya.

Lalu bagaimana dengan budget flight yang harus beli bagasi terpisah ? Aku sangat tidak menyarankan ini, lho ya .. kenapa ?

Ini beberapa alasan utama kena aku gak mau beli tiket budget air :

  1. Harus transit 1x dan lama
  2. Bagasi akan kena 2x dan akan jadi mahal
  3. Belum termasuk meals
  4. Booking Fee-nya cukup besar tergantung negara tujuan
  5. Kalau dihitung-hitung pasti jadi jauh lebih mahal

Kamu bisa coba bandingkan sendiri harganya, siapa tahu budget air juga lebih murah karena super deal promo ..

3. TEMPAT TINGGAL DI JEPANG

Untuk tempat tinggal yang jadi favorit aku adalah booking dari airbnb ..

Ini beberapa alasan kenapa aku suka menginap di airbnb:

  1. Harganya terjangkau
  2. Tempatnya luas dan bisa pilih yang ada dapurnya (biar hemat sarapan dan dinner bisa masak sendiri)
  3. Lokasi bisa sangat dekat dengan pintu stasiun
  4. Desainnya lucu-lucu dan instagramable

Lebih lengkap tentang ini kamu bisa baca di sini , ada tips untuk kamu dapat potongan harga USD 36 untuk menginap selama 2 hari.

Kamu juga bs mencoba menginap di hotel-hotel maupun hostel. Jaringan hotel yang ada dimana-mana di Jepang adalah APA hotel, harganya beragam tergantung lokasinya, start from Rp. 600.000 . Kamu juga bisa cobain hotel kapsul ..

Mana yang lebih nyaman buat kamu ?

4. VISA

Untuk masuk ke Jepang, kita harus memiliki visa turis. Nah, seperti yang sudah aku sebutkan tadi, sebaiknya kamu sudah punya visa elektronik, karena itu akan sangat mempermudah proses pengajuan visa kamu.

Ini beberapa keuntungan kamu apply visa dengan paspor elektronik :

  1. Persyaratan jauh lebih mudah
  2. Harga terjangkau
  3. Waktu berlaku lebih panjang dan bisa multiple entry

Disebutnya : Visa Waiver Registration

Visa mungil ini akan ditempel di paspor dan memiliki ijin tinggal maksimal 15 hari dalam sekali visit dan berlaku selama 3 tahun!

WOW banget kaaan … jadi bisa kamu pakai beberapa kali kunjungan selama 3 tahun ke depan!

Proses pembuatan visa memakan waktu 7-14 hari tergantung antrian. Jadi pastikan waktu kamu cukup untuk proses pembuatannya ya ..

5. UANG TUNAI MATA UANG YEN SECUKUPNYA

Kenapa aku bilang bawa secukupnya aja ? Karena sebaiknya uang cash ini hanya dipakai untuk jajan di pinggir jalan sama untuk beli kereta lokal. Untuk urusan belanja di toko atau makan di restoran, kamu bisa pakai kartu kredit ataupun kartu ATM (karena ATM Sekarang sudah pakai chip jadi bisa dipakai di luar negeri)

Lalu bagaimana patokan bawa cashnya ?

Aku kemarin bawa 40.000 yen atau sekitar 5.025.000 rupiah untuk perjalanan selama 10 hari.

6. ATM CHIP ATAU KARTU KREDIT

Salah satu atau dua-duanya sebaiknya dibawa, karena ini sangat praktis dan membantu kamu untuk berbelanja di sana.

Menurutku lebih menguntungkan pakai kartu karena kalau cash itu kalau sisa malah jadi rugi banyak karena nilai tukar yen gak terlalu besar.

Sebagai contoh .. 1 yen itu hanya 125 rupiah saja .. jadi kalau kamu sisa 50.000 yen misalnya, maka saat kamu tukar kamu bisa rugi sampai 500.000 .. soalnya kan nilai jual mata uanga sing bisa turun jadi 110 rupiah saja per 1 yen. Dan kalau kamu habiskan uang sakumu, bisa jadi too much ..

Rate nilai tukar bank juga biasanya lebih fix .. daripada harus menanggung naik turunnya jual beli mata uang asing saat kepulangan kita ke Indonesia ..

Kecuali ..

Kalau kamu memang sudah menyiapkan anggaran sejumlah uang saku cash kamu untuk kamu habiskan di Jepang ..

Well,in the end ..

The choice is yours!

7. JR PASS

Sering dengar tentang JR pass kan ? Ini kepanjangannya Japan Rail Pass . Dengan punya kartu ini, kamu bisa bebas biaya naik kereta (bahkan shinkansen yang per tiketnya jutaan itu) asal dalam masa berlaku yang tertera di kartu.

Dengan inilah kamu akan lebih hemat dalam transportasi. Karena transportasi di Jepang lumayan mahal .. terutama untuk antar kota .

Dan kalau kamu mau lebih hemat lagi dalam transportasi selama liburan di Jepang, berikut ini beberapa tips untuk kamu :

  1. Pilih tempat tinggal yang berada di dekat stasiun JR, supaya kamu gak harus naik kereta api lokal lagi, karena itu akan menambah biaya perjalanan.
  2. Beli JR pass di traveloka saat promo. Sekarang ada harga promo khusus pemegang paspor Indonesia, lho! Mungkin karena saking banyaknya orang Indonesia yang piknik ke Jepang hihihihi .. sebagai contoh : untuk harga JR Pass ordinary selama 7 hari itu harusnya 3,9 juta, tapi kalau lagi promo bisa Cuma bayar 3,4-3,5 juta aja. Lumayan kaaan ..
  3. Pilih waktu kunjungan dan itinerary yang disesuaikan dengan masa berlaku JR pass supaya bisa lebih maksimal

Kalau kamu membeli JR pass di aplikasi seperti Klook dan semacamnya, pastikan kamu sudah mendownload attachment sejak di  masih di Indonesia ya, karena kemarin ada beberapa kejadian dari teman yang gagal download di Jepang dan bikin ribet proses aktivasinya ..

8. ITINERARY PERJALANAN

Nama lainnya adalah jadwal perjalanan. Bikin plan ini paling seru deh soalnya jadi kebayang kita mau ngapain aja dan kemana aja.

Pastikan kamu gak terlalu sering pindah-pindah tempat menginap karena bawa-bawa koper itu akan sangat sangat sangat melelahkan.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membuat ittinerary :

  1. Sesuaikan jarak 1 sama lain, bagus kalau bisa ke 3-4 tempat sekaligus, jika tidak, jangan dipaksakan, karena itu akan sangat melelahkan. Belum lagi membaca peta dan mencari keretanya bisa bikin kita nyasar kalau salah masuk peron atau kereta.
  2. Sesuaikan waktu makan dan restoran halal khususnya yang kamu pengen datangi. Karena restoran halal biasanya punya lokasi agak jauh .. dan itu bisa mengakibatkan kamu telat makan dan malah sakit
  3. Jangan Cuma datang untuk explore tempat wisata, luangkan waktu untuk jalan menikmati kanan kiri supaya dapat feelsnya orang lokal Jepang.

9. UNLIMITED INTERNET

It’s a must! Soalnya ini sangat berguna untuk cek jalur kereta, google maps, lokasi tujuan dan berkomunikasi dengan orang rumah hahaha .. oh juga untuk eksis di socia media ..

Ada banyak pilihan untuk kamu mendapatkan unlimited internet, makesure aja kalau itu beneran unlimited ya, di antaranya :

  • Ada banyak paket pilihan dari provider Indonesia

Untuk perjalanan ke Jepang selama 3,7 atau 14 hari. Tinggal pastikan aja kamu matikan roamingnya dan jangan angat telepon GSM ya .. Kamu bisa lapor dulu ke provider kamu untuk bantuan lebih lanjut, waajib lapor ya ..

  • Kamu bisa sewa wifi portable untuk perjalanan kamu di luar negeri.

Untuk ke Jepang harga beragam, .. kalau lagi promo bisa Cuma 35K per hari, kalau enggak ya antara 50-70K per hari. Selain harus bayar harian, kamu harus bayar sejumlah uang untuk deposit, yang akan dikembalikan saat modem sudah kembali.

Keuntungan kamu pakai wifi portable bisa kamu pakai beberapa gadget sekaligus, jadi bisa patungan sama teman atau bisa sharen ke beberapa gadget kamu. Kan biasanya 1 orang bisa punya 2-3 HP kan wekekekke

  • Kamu bisa beli simcard untuk diaktifkan di luar negeri.

Sebenarnya harganya akan sama dengan si modem ini, tapi bedanya ini bentuknya simcard jadi bisa langsung dipasang di HP dan gak perlu kasih deposit.

10. PILIH MUSIM, CEK CUACA DAN FEELS LIKE CUACANYA

Kamu bisa  pilih musim yang mau kamu nikmati saat mengunjungi Jepang,

  • Spring

Ini best choice karena sakura mekar dimana-mana jadi cantik banget .. Suhunya pun oke, ada matahari tapi tidak terlalu panas karena masih ada sejuk angin juga.

Karena ini peak season, biasanya tiket dan hotel juga mahal ya …

  • Autumn

Ini juga jadi pilihan karena banyak daun warna warni menghiasi jalanan. Bagus untuk foto dan bagus dinikmati karena di Indonesia gak ada musim ini ..

Kamu juga bisa sesuaikan outfitnya dengan coat cantik yang tidak terlalu tebal … OOTD kamu pasti keren!

  • Winter

Ini juga jadi pilihan untuk kamu yang mau mainan salju dan merasakan suhu dingin di Jepang.Make sure aja kamu bawa baju yang tepat, badanmu fit dan penginapannya ada heater ya biar saat di kamar tidak kedinginan..

  • Summer

Konon musim panasnya Jepang tu panas banget haha mungkin karena namanya negeri matahari terbit ya ..

Jadi jarang banget ada yang liburan ke Jepang saat musim Panas..

Ini harus banget kamu lakukan. Coba download aplikasi :

Khususnya saat autumn dan winter,

Jangan Cuma cek berapa derajatnya saja ya, karena kalau ada banyak angin maka suhunya akan jauh lebih dingin di sana.

Mengecek cuaca akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan baju yang akan dibawa juga obat-obatan.

11. KOPER RODA 4/8

Intinya, kamu harus bawa koper yang mudah bergerak. Koper roda 4 atau 8 bisa memudahkan kamu mendorong, bukan menariknya. Pastikan rodanya bekerja dengan baik saat beban kopermu dalam kondisi maksimal, karena di Jepang kamu akan banyak berjalan kaki, baik di bandara, di jalanan menuju stasiun kereta, di peron kereta, dan saat mencari hotelnya. So.. kalau gak nyaman malah akan ribet sendiri. Kalau perlu, beli koper baru hihihii ..

12. OBAT-OBATAN, SINCARE, KOSMETIK DAN ALAT MANDI

Ini sangat penting, karena tidak ada yang mau sakitnya kambuh di saat liburan.

Aku alergi dingin, jadi kemarin sudah parno bawa tolak angin, minyak angin dan obat flu hahahah tapi alhamdulillaah sampai Jepang tidak ada satupun penyakitku kambuh wekekeke . mungkin karena aku excited dan happy ya haha ..

Untuk alat mandi, sebenarnya di sana juga sudah disiapkan, tapi just in case kamu perlu mandi di bandara ya bawa aja tapi yang kemasan kecil ya ..

Untuk skincare dan kosmetik juga sebisa mungkin yang ringkes aja, soalnya kalau bawa kebanyakan nanti malah bikin berat koper, guys ..

13. MAKANAN PENANGKAL HOMESICK

Hahaha ini sih optional, kalau aku harus banget bawa indomie, kering kentang, abon, keripik tempe, saos pedas dan kecap, kalau aku pergi di atas 6 hari. Karena aku pasti akan rindu banget sama rumah hahaha ..

WOW panjang yaaaa, hihihiih

Makasih sudah membaca sampai akhir,

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu siapkan sebelum kamu liburan ke Jepang! Kamu bisa menyesuaikan dengan dirimu sendiri, kalau mau menambahka hal lainnya ya boleh tapi kalau bisa jangan dikurangi ya ..

Selamat liburan!

Feel free untuk komen jika ada yang mau kamu tanyakan ya ..

Sampai ketemu di postingan berikutnya!

Salam,

Sofia

One thought on “Lakukan 13 Tips Ini, Biar Liburanmu Ke Jepang Berjalan Lancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *